Bluebird X Le Minerale Lakukan Inisiatif Kurangi Sampah Plastik

Rabu, 22 Februari 2023 | 12:10:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Bluebird X Le Minerale Lakukan Inisiatif Kurangi Sampah Plastik

Kolaborasi Bluebird x Le Minerale. (ladiestory.id / Bulan Maghfira)

Ladiestory.id - Memperingati Hari Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari tiap tahunnya, PT Blue Bird Tbk berkolaborasi dengan Le Minerale melalui inisiatif pengurangan sampah plastik di wilayah kerja Bluebird.

Program kolaborasi ini merupakan wujud nyata dari kedua belah pihak untuk mempromosikan gaya hidup yang bertanggung jawab dan berkelanjutan demi mencegah sampah plastik yang tidak teratasi di Indonesia.

Program ini dilakukan dengan memberikan 4.500 botol minum (tumbler) kepada pengemudi Bluebird dari tujuh pool percontohan di wilayah Jadetabek. Tak hanya itu, di pool percobaan tersebut juga akan disediakan fasilitas galon air mineral untuk pengemudi dapat mengisi ulang tumbler miliknya.

Kolaborasi Bluebird x Le Minerale. (ladiestory.id / Bulan Maghfira)

 

Adrianto Djokosoetono selaku Wakil Direktur Utama PT Blue Bird Tbk menyatakan bahwa Bluebird telah mengukuhkan komitmennya dalam mendukung terciptanya kehidupan yang  berkelanjutan melalui visi keberlanjutan perseroan yang terangkum dalam tiga pilar keberlanjutan Bluebird, yakni BlueSky, BlueLife, dan BlueCorp.

Kolaborasi Bluebird dan Le Minerale ini termasuk dalam pilar BlueSky, yang difokuskan pada upaya perusahaan untuk menjalankan seluruh operasionalnya secara bertanggung jawab melalui pengembangan layanan transportasi berkelanjutan yang berwawasan lingkungan serta terus berkontribusi dalam perbaikan kualitas hidup dan lingkungan.

“Di Bluebird, kami sadar betul akan peran dari puluhan ribu karyawan dan pengemudi sebagai agen perubahan di masyarakat untuk dapat berkontribusi dalam perbaikan kualitas lingkungan hidup,” kata Adrianto Djokosoetono. 

“Melalui kemitraan strategis dengan berbagai pemangku kepentingan yang memiliki visi yang sama, Bluebird sejak tahun 2014, telah mulai berupaya menurunkan produksi sampah plastik di wilayah Bali. Bluebird Bali telah melakukan program substitusi dan pengelolaan sampah dalam wilayah operasional kami melalui pengurangan pemakaian 1,6 juta botol plastik per tahunnya,” sambungnya.

Kolaborasi Bluebird x Le Minerale. (ladiestory.id / Bulan Maghfira)

 

Sementara itu, Direktur Operasional Mayora, CM Sampouw mengatakan bahwa kerjasama Le Minerale dengan Bluebird ini merupakan bagian dari kampanye Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional Le Minerale yang merupakan inisiatif keberlanjutan perusahaan dalam mengajak masyarakat untuk beralih ke penggunaan kemasan yang lebih besar sesuai dengan Peraturan Menteri KLHK no 75 tahun 2019 mengenai size up, yang bertujuan untuk mengurangi timbulan sampah.

Sampouw mengatakan bahwa galon-galon yang telah dipakai di pool Bluebird kemudian akan ditarik kembali oleh Le Minerale dan masuk dalam rantai daur ulang.

“Karena galon Le Minerale berkode segitiga satu, atau dari bahan PET, yang paling mudah didaur ulang dan menjadi primadona di industri daur ulang itu sendiri,” ujar CM Sampouw.