Boy William Akui Operasi Hidung Demi Kesehatan, Ini Penjelasan Medis

Senin, 22 Januari 2024 | 14:27:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Boy William Akui Operasi Hidung Demi Kesehatan, Ini Penjelasan Medis

Boy William. (Instagram/boywilliam17)

Ladiestory.id - Artis Boy William belum lama ini berhasil menuai perhatian publik, lantaran ia mengakui bahwa dirinya menjalani operasi hidung atau rhinoplasty. Boy William menghabiskan uang sekitar Rp1,1 miliar untuk menjalani operasi tersebut.

Menurut pengakuannya, Boy William menjalani operasi hidung tersebut bukan semata-mata hanya untuk kepentingan estetika, melainkan demi meluruskan hidungnya yang bengkok. 

Sementara itu, publik pun sontak bertanya-tanya, apakah benar memperbaiki tulang hidung yang bengkok dapat memengaruhi kesehatan seperti yang dilakukan Boy William?

Praktisi Estetika, dr. Nataliani Mawardi. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

 

Praktisi Estetika NMW Clinic, dr. Nataliani Mawardi, Dipl. CIBTAC, mengungkapkan bahwa memang benar rhinoplasty juga dapat memengaruhi kualitas kesehatan, khususnya bagi sistem pernapasan.

“Karena kalau septumnya bengkok aliran oksigen ini akan jadi nggak lancar ya, saluran yang tadinya luas jadi menyempit. Jadi napas menjadi tidak sepenuhnya bersirkulasi dengan baik,” kata dr. Nataliani Mawardi di kawasan Jakarta Selatan belum lama ini.

Septum adalah tulang rawan yang membatasi lubang hidung kanan dan kiri. Bagian septum yang menyempit akan memungkinkan partikel debu dan kotoran yang terhirup oleh hidung bisa tersangkut dan mengendap.

Debu dan kotoran yang mengendap memungkinkan bakteri untuk berkembang biak, sebabnya seseorang dengan hidung yang bengkok akan lebih mudah terkena flu.

“Kalau sering terjadi stuck di septum, kumpulan debu, kotoran, dan bakteri akan mudah berkembang biak di rongga hidung, dan mudah terkena flu yang lama-lama bisa meradang dan menyebabkan sinus atau permasalahan pernapasan lainnya,” jelasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Boy William mengaku bahwa bentuk hidungnya bengkok. Hal itu memengaruhi sistem pernapasannya, hingga sang dokter pun menyarankan Boy William untuk menjalani operasi hidung.

“Karena bentuk hidung aku bengkok, jadi salah satu lubangnya lebih sempit dibandingkan yang lain. Semakin tua, maka jalur pernapasannya akan semakin tersumbat. Jadi rasanya seperti flu terus,” kata Boy William.

“Atas rekomendasi dokter, hidung aku dimancungin agar bentuk mukanya lebih proporsional,” sambungnya.

Setelah menjalankan operasi tersebut, Boy William mengatakan bahwa kini napasnya menjadi lebih lancar daripada sebelumnya. Ia pun mengaku menjadi tak mudah terkena flu.