Bukan CGI, Butuh 30 Mobil Tangki Air untuk Adegan Banjir “Pengabdi Setan 2”

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:15:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Bukan Cgi, Butuh 30 Mobil Tangki Air Untuk Adegan Banjir “Pengabdi Setan 2”

Fakta di Balik Film "Pengabdi Setan 2". (Instagram.com/jokoanwar)

Ladiestory.id - Baru-baru ini, fakta menarik mengenai proses syuting dan produksi film horor “Pengabdi Setan 2: Communion” baru saja dibongkar oleh sang sutradara. Joko Anwar secara blak-blakan mengungkap jika salah satu adegan banjir di film tersebut bukanlah efek yang dibuat dengan bantuan teknologi komputer, melainkan air sungguhan. 

Hal tersebut dibagikannya dalam sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya pada Selasa (9/8/2022) kemarin. Membuat warganet terpukau, sang sutradara pun menyebut jika adegan banjir yang terjadi di rumah susun tersebut sampai membutuhkan pasokan sebanyak 150 ribu liter air atau setara dengan 30 mobil tangki air agar lokasi syuting benar-benar terendam.

Fakta di Balik Film "Pengabdi Setan 2". (Instagram.com/jokoanwar)

"Dibutuhkan 30 mobil tangki air atau sekitar 150,000 liter air untuk menciptakan adegan banjir di lantai 1 rusun Pengabdi Setan 2. (Betul. Airnya bukan CGI)," ungkap Joko Anwar.

Fakta di Balik Film "Pengabdi Setan 2". (Instagram.com/jokoanwar)

Tak hanya adegan banjir di dalam rumah susun. Namun, adegan banjir di luar bangunan pun turut digarap tanpa efek. Bahkan, sampai melibatkan tim SAR dalam prosesnya. Hal itu dilakukan, tak hanya untuk kesuksesan film, melainkan juga keselamatan dari para pemain dan kru yang bertugas.

Fakta di Balik Film "Pengabdi Setan 2". (Instagram.com/jokoanwar)

"Adegan banjir di luar bangunan adalah adegan yang sangat rumit karena membutuhkan koordinasi dan timing yang tepat antara equipment, pemain, safety (melibatkan tim SAR). Rakit khusus dibangun untuk adegan ini. (Betul. Adegan ini dilakukan di perairan asli),” ujarnya dalam unggahan lain.

Mengetahui fakta ini, warganet pun lantas takjub dengan kerja keras yang dilakukan kru dan juga para pemain. Tidak sedikit yang lantas memberikan pujian dan respon positif. Bahkan membandingkannya dengan film garapan Marvel yang kebanyakan menggunakan efek dalam produksinya.

“Marvel ketar ketir melihat ini, you are the best making film bang,” tulis akun @adhityaptrprtma.

“Totalitas dan sangat detail,” komen akun lainnya @fritzfriedrich.

“Berarti nih film ga kaleng2 ga make CGI kayak yang lain,” komentar akun @sahrulidin.