Bukan Cuman Karena Gula, Stres Juga Dapat Picu Diabetes!

Senin, 22 Januari 2024 | 10:36:00

Atika Febriani

Penulis : Atika Febriani

Bukan Cuman Karena Gula, Stres Juga Dapat Picu Diabetes!

Ilustrasi stres. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ladiestory.id - Banyak pikiran hingga stres dapat menyebabkan berbagai macam masalah seperti kurang fokus, hipertensi hingga diabetes lho. Namun bagaimana bisa ketika sedang stres justru dapat menyebabkan penyakit gula?

Melansir dari Healthline Online, saat sedang stres tubuh akan melepaskan hormon yang menyebabkan kadar glukosa darah meningkat. Hal ini dapat menyebabkan gejala buruk pada orang yang sebelumnya belum pernah terkena diabetes maupun sudah.  

Jika kamu mengalami stres atau sedang merasa terancam, tubuh akan bereaksi seperti sedang melepaskan kortisol ke dalam aliran darah. Stres terus-menerus akibat masalah glukosa darah juga dapat membuat kamu lelah secara mental dan fisik. 

Ilustrasi cek diabetes. (Diabetes self management )

Bagaimana stres memengaruhi diabetes?

Stres dapat memengaruhi orang secara berbeda-beda, berbagai jenis stres yang kamu alami juga bisa berdampak pada respon fisik tubuh. Misalnya orang yang sebelumnya memang menderita diabetes akan mengalami peningkatan yang lebih bervariasi pada kadar glukosa. 

Saat sedang stres fisik, gula darah kamu juga akan meningkat. Hal ini dapat terjadi karena sakit atau cedera pada badan.

Stres sendiri dapat memperlambat pengobatan diabetes, bahkan memperburuk gejala tersebut. Banyak dari pengidap diabetes harus mengalami diabetes burnout karena stres yang sebelumnya mereka rasakan dan kembali terulang saat menjalani pengobatan. 

Hal ini membuat dukungan dari keluarga, kerabat terdekat sangat berharga untuk para pengidap diabetes. Tentu dengan bantuan tenaga kesehatan yang akan mengawasi kondisi para pengidap. 

Ilustrasi Yoga. (Freepik)

 

Berikut beberapa hal yang dapat membantumu mengurangi risiko diabetes.

Berolahraga secara teratur

Kamu dapat melakukan olahraga ringan seperti jogging di pagi atau sore hari. Pemilihan aktivitas yoga atau pilates juga bisa kamu lakukan selagi bermanfaat untuk tubuh agar tetap aktif dan membakar lemak. 

Kurangi asupan kafein

Konsumsi kafein secara berlebihan sangat tidak baik untuk pengidap diabetes. Sering kali kamu memilih kopi sebagai minuman penghilang stres, padahal kafein satu ini dapat menyebabkan diabetes.

Tenangkan diri dengan meditasi

Saat sedang merasa stres, kamu dapat melakukan meditasi di rumah atau mengikuti kelas yang biasanya diadakan oleh komunitas. Jika melakukan di rumah, kamu hanya cukup duduk menyilangkan kaki dan memejamkan mata. Hilangkan pikiran buruk yang menghantui kamu, dan relax menikmati keheningan suasana.

Hindari pemicu stres

Cara satu ini memang menjadi pilihan agar tidak terus menerus memikirkan banyaknya masalah yang membuat kamu stres. Kamu bisa menghindari sumber masalah tersebut untuk sementara waktu, seraya berfikir secara tenang mencari solusi terbaik.