Bukan Dari Belanda, Ini Fakta dan Makna Bunga Tulip di Berbagai Budaya

Minggu, 22 Oktober 2023 | 12:03:00

KD Mumpuni

Penulis : KD Mumpuni

Bukan Dari Belanda, Ini Fakta Dan Makna Bunga Tulip Di Berbagai Budaya

Ilustrasi Memeluk Bunga Tulip.(Canva)

Ladiestory.id - Kebanyakan orang mengenal bunga tulip berasal dari Belanda. Faktanya, bunga ini berasal dari pegunungan Pamir dan Tien Shan di Asia Tengah yang membentang dari selatan Rusia hingga dataran tinggi di Turki dan Iran Tulip merupakan nama genus untuk 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae. Tulip berasal dari Asia Tengah, tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan. Negeri Belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip.

Makna Bunga Tulip dalam Berbagai Budaya

Tulip (Tulipa) adalah genus tumbuhan berbunga dalam keluarga Liliaceae. Bunga tulip adalah tumbuhan asli Asia Tengah dan Timur Tengah. Mereka pertama kali ditemukan di wilayah-wilayah yang sekarang menjadi Turki dan Iran. Kemudian, mereka dibawa ke Eropa pada abad ke-16 oleh pedagang Belanda. Bunga tulip dengan cepat menjadi sangat populer di Belanda dan akhirnya menjadi simbol negara itu. Bahkan, periode yang dikenal sebagai "Tulip Mania" terjadi di Belanda pada abad ke-17, di mana harga bunga tulip mencapai tingkat yang mengagumkan.

1.Keindahan dan Cinta

Ilustrasi Bunga Tulip Pink.(Canva)

 

Bunga tulip adalah simbol kecantikan yang tak terbantahkan. Di banyak budaya, mereka sering dikaitkan dengan cinta dan romansa. Warna-warna yang berbeda dari bunga tulip memiliki makna yang berbeda-beda dalam konteks cinta. Misalnya, tulip merah sering dikaitkan dengan cinta yang mendalam dan penuh gairah, sementara tulip merah muda mencerminkan cinta yang lebih lembut dan penyayang.

2.Kemurnian dan Kesucian

Ilustrasi Bunga Tulip Putih.(Canva)

 

Bunga tulip putih sering dianggap sebagai simbol kemurnian, kesucian, dan kepolosan. Mereka sering digunakan dalam pernikahan dan upacara keagamaan sebagai tanda kesucian dan kebaikan.

3.Keberanian dan Keberhasilan

Ilustrasi Bunga Tulip Pink.(Canva)

 

Di beberapa budaya, bunga tulip merah juga diartikan sebagai simbol keberanian. Mereka dapat mewakili semangat dan tekad yang kuat dalam menghadapi tantangan. Selain itu, mereka juga sering dihubungkan dengan keberhasilan dan kejayaan.

4.Kebahagiaan dan Persahabatan

Ilustrasi Bunga Tulip Kuning.(Canva)

 

Bunga tulip kuning sering diasosiasikan dengan kebahagiaan, persahabatan, dan kegembiraan. Mereka adalah hadiah yang sempurna untuk teman-teman atau orang yang ingin Anda berikan semangat dan keceriaan.

5.Kemarahan dan Rasa Cemburu

Ilustrasi Bunga Tulip Ungu.(Canva)

 

Meskipun bunga tulip umumnya dianggap sebagai simbol cinta dan keindahan, tulip ungu atau lavender juga dapat memiliki konotasi kemarahan atau rasa cemburu dalam beberapa konteks.

Tulip tidak bisa hidup di alam terbuka wilayah tropis karena memerlukan suhu rendah di musim dingin untuk dapat tumbuh. Tulip dapat dipaksa untuk berbunga lebih cepat dari normal jika diletakkan di tempat yang suhunya diatur menjadi lebih tinggi. Tulip dapat ditanam dengan dua cara, menggunakan umbi atau biji. Tulip yang ditanam dari umbi membutuhkan waktu setahun untuk dapat menghasilkan bunga yang cukup besarnya, sedangkan tanaman yang ditanam dari biji membutuhkan waktu antara 5-7 tahun agar dapat berbunga.

Bunga yang telah selesai mekar harus dipotong untuk mendapatkan umbi. Menurut hasil penelitian yang berlaku hanya untuk bunga Tulip, jika sewaktu bunga belum mekar bagian bawah kuncup bunga ditusuk hingga tembus dengan jarum (misalnya jarum jahit), gas etilen akan diproduksi oleh bunga yang terluka sehingga masa mekar bunga menjadi lebih panjang. Perlakuan yang sama jika dilakukan terhadap bunga yang sudah mekar menyebabkan masa mekar malah menjadi lebih singkat.