Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | BUNGA PEONY YANG INDAH DAN PUNYA MAKNA MENDALAM

Bunga Peony yang Indah dan Punya Makna Mendalam

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Rabu, 28 April 2021 | 04:12:50
Durasi baca: 3 menit, 28 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Bunga Peony yang Indah dan Punya Makna Mendalam

Mau memilih bunga peony sebagai bunga tangan untuk dipegang saat berjalan menuju altar di hari pernikahan? Keindahan bentuk dan warna bunga peony memang sudah merebut hati banyak orang. Satu tangkai bunga peony memiliki kelopak dalam jumlah yang cukup banyak, membuat bunga ini terlihat sama cantiknya saat masih kuncup dan setelah mekar sempurna.

Sedangkan warna bunga peony, memiliki variasi yang cukup beragam. Warna utama bunga ini adalah merah muda, tapi kamu juga akan menjumpai bunga peony dengan warna merah, putih, dan kuning. Setiap warna bunga peony memiliki makna tersendiri yang bisa jadi acuan saat ingin memilihnya untuk keperluan tertentu. Tapi, sebelum kita membahas makna di balik masing-masing warna bunga peony, yuk simak terlebih dahulu cerita mitos dibalik penamaan bunga peony itu sendiri.

Baca juga: 5 Festival Bunga di Australia ini Wajib Kamu Kunjungi Saat Musim Semi

Asal-usul Nama Peony

Bunga peony melambangkan beberapa makna yang telah dipercaya sejak lama, yaitu kasih sayang, kemakmuran, keberuntungan, dan rasa malu. Tentu saja ada cerita di balik makna-makna ini.

Salah satu cerita tentang bunga cantik ini muncul dari keyakinan bahwa nama Peony diambil dari salah satu dewa penyembuh Yunani yang bernama Paeon. Menurut legenda, Paeon adalah murid Aesculapius, sang dewa pengobatan. Satu kali, Paeon menggunakan akar Peony untuk menyembuhkan Pluto yang dikenal sebagai ’god of the underworld’ dalam mitologi Yunani. 

Dalam percobaan pertama, Paeon langsung sukses menyembuhkan Pluto dan hal ini membuat Aesculapius menjadi cemburu dengan bakatnya sehingga ingin membunuhnya. Untuk menyelamatkan Paeon dan sebagai bentuk belas kasihan, akhirnya Pluto mengubahnya jadi bunga Peony. Kenapa Peony? Selain karena telah dipakai untuk menyembuhkannya, Pluto tahu di masa depan orang akan mengagumi dan memuji bunga yang satu ini. Dari cerita mitos inilah bunga Peony mendapat makna welas asih atau kasih sayang.

Meski cerita ini adalah mitos, faktanya bunga Peony memang kerap dipakai untuk pengobatan dalam kehidupan nyata. Di abad pertengahan, akar dan biji Peony dipercaya dapat menyembuhkan lebih dari dua puluh penyakit termasuk epilepsi dan gigitan ular. Di Inggris, anak-anak memakai kalung akar peony untuk mencegah kejang dan meringankan sakit gigi.

Baca juga: Perlu Tahu, Bunga Peony adalah Simbol dari 4 Hal Ini


Jenis-jenis Bunga Peony

Ada cukup banyak jenis bunga peony, namun untuk membedakannya terdapat setidaknya lima klasifikasi atau kelompok.

  • Species: yaitu peony yang tumbuh di alam liar dan tidak atau belum didomestikasi
  • Lactiflora: kelompok spesies paeonia lactifora beserta kultivar dan persilangannya yang pertama kali didomestikasi sekitar seribu tahun lalu di Cina dan kemudian dibawa ke negara-negara barat
  • Hybrids: turunan dari satu atau lebih spesies herbaceous peony
  • Itoh: intersectional peony, hibrida hasil persilangan herbaceous peony dengan tree peony
  • Tree: mu dan (Chinese) atau moutan peony, memiliki batang yang berkayu sehingga dapat tumbuh lebih tegak dibandingan tipe herbaceous

Sedangkan menurut warnanya, peony juga memiliki makna yang berbeda-beda, seperti telah disebutkan sebelumnya. Peony putih, memiliki makna permintaan maaf, peony merah dipercaya melambangkan gairah, sedangkan warna kuning melambangkan lembaran baru dalam kehidupan. Nah kalau warna pink yang paling populer pada peony, secara sederhana melambangkan cinta dalam pernikahan.

Peony dalam Rupa Cincin

Kini, menghadirkan unsur bunga peony yang memiliki makna mendalam di momen istimewa bersama orang tersayang dapat kamu lakukan dengan cara yang berbeda.

Perhiasan wanita dalam bentuk cincin berlian yang memiliki desain sangat unik. Cincin berlian wanita ini dibuat mengikuti bentuk bunga peony lengkap dengan kelopaknya yang indah. Dengan bahan dasar emas putih yang dikombinasikan dengan sentuhan rose gold, membuatnya terlihat sangat sempurna untuk dijadikan diamond engagement ring atau cincin tunangan berlian, juga sebagai hadiah ulang tahun.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Seputar Bunga Peony yang Jadi Favorit Pengantin

Tersedia dalam pilihan ukuran berlian Frank Fire 0,3 dan 0,5 carat, membuat Peony Ring yang secara istimewa diciptakan untuk merayakan ulang tahun Frank & co. ke 25 tahun ini jadi pilihan cincin berlian wanita yang unik dan lain dari yang lain.

Jangan lupakan makna cinta dan kebahagiaan yang terkandung di dalamnya, menggunakan Peony Ring di jari manis sebagai diamond engagement ring atau cincin tunangan berlian tentu saja akan membuat hari bahagia jadi lebih berkesan.

Untuk yang sudah menikah, jangan khawatir. Peony Ring tetap dapat dipilih meskipun bukan untuk pertunangan, melainkan sebagai hadiah ulang tahun pernikahan atau wedding anniversary. Karena tidak ada kata terlambat mempersembahkan cincin cantik dengan makna cinta yang satu ini pada pasangan tersayang,

Jadi, kalau bisa menghadirkan unsur bunga peony yang punya makna begitu dalam lebih dari sekadar buket bunga, kenapa tidak? Tiap momen dengan orang tercinta tentu akan jadi makin istimewa dan terkenang dengan sempurna. Sesempurna keindahan bunga peony.

Baca juga: 5 Perawatan Rambut untuk Hijabers agar Tetap Sehat, Halus, dan Indah

cincin tunangan berlian cincin berlian wanita diamond engagement ring hadiah ulang tahun

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle