Jangan Sembarangan, Begini 9 Cara Aman Melakukan Eksfoliasi Wajah

Selasa, 2 November 2021 | 09:15:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Jangan Sembarangan, Begini 9 Cara Aman Melakukan Eksfoliasi Wajah

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Eksfoliasi adalah salah satu cara untuk menghilangkan sel kulit mati pada wajah. Sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit akan menjadi sarang bagi debu, minyak, kotoran, dan bakteri penyebab jerawat. Eksfoliasi juga dapat membantu menghaluskan, melembutkan, mencerahkan kulit, serta mengecilkan pori-pori. 

Namun begitu, eksfoliasi wajah jangan dilakukan sembarangan, tapi harus dilakukan dengan cara-cara yang aman, terlebih buat kamu yang punya wajah berjerawat. Simak caranya di bawah ini.

Cara Aman Melakukan Eksfoliasi Wajah

Berikut cara aman dalam melakukan eksfoliasi wajah.

1. Ikat Rambut ke Belakang

Untuk kamu yang berponi dan berambut panjang, siapkan dulu ikat kepala atau ikat rambut untuk menyingkap rambut. Karena bila rambut kamu dibiarkan terurai menjuntai akan sangat mengganggu saat proses eksfoliasi berlangsung.

Tarik rambutmu ke belakang lalu  tahan menggunakan ikat kepala atau ikat rambut agar tidak menghalangi wajah.

2. Gunakan Waslap untuk Membuka Pori-pori Wajah

Selanjutnya gunakan waslap untuk membuka pori-pori wajah agar proses eksfoliasi berjalan lebih mudah. Caranya adalah dengan merendam atau basahi waslap dengan air panas, lalu peras hingga airnya hilang. Kemudian tutup wajahmu dengan waslap tersebut dan tahan selama 1-2 menit agar pori-pori terbuka.

3. Bersihkan Wajah dengan Produk Pembersih

eksfoliasi yang aman
Foto: Ladiestory.id

Setelah pori-pori terbuka selanjutnya bersihkan wajah dengan menggunakan produk pembersih wajah yang biasa kamu gunakan. Tapi ingat ya, jangan menggosok wajah terlalu keras agar tidak lecet. Cukup gosokan saja secara perlahan-lahan dengan gerakan memutar.

4. Lakukan Uji Alergi

Setiap kamu akan menggunakan produk perawatan kulit baru, sebaiknya kamu lakukan uji alergi terlebih dahulu agar kulit kamu lebih aman. Gunakan produk baru tersebut pada sebagian kecil wajah dan diamkan selama 5-10 menit.

Bila pada bagian itu terasa perih serta menimbulkan reaksi yang tidak biasa, segera bilas dan hentikan penggunaan produk.

5. Lakukan Eksfoliasi Wajah dengan Produk Khusus

eksfoliasi yang aman
Foto: Ladiestory.id

Tahap selanjutnya adalah mulai proses eksfoliasi. Produk eksfoliasi yang umum digunakan biasanya adalah scrub, masker tanah liat atau lumpur, dan toner eksfoliasi

Apapun produk yang kamu pilih, sebaiknya cermati dan ikuti petunjuk yang tertera di kemasan produk. Kamu juga bisa ikuti  ketentuan berikut ini:

  • Bila menggunakan produk berupa scrub, maka aplikasikan pasta pada wajah dengan gerakan memutar secara perlahan-lahan.
  • Bila kamu menggunakan masker lumpur atau tanah liat, maka aplikasikan dengan menggunakan kuas atau jari secara merata pada permukaan wajah.
  • Bila kamu menggunakan toner eksfoliasi, maka tuangkan toner pada kapas serta sapukan pada wajah.

6. Bilas Wajah dengan Air Hangat

Selanjutnya bilas dengan air hangat, ingat ya air hangat, bukan air panas. Jangan diukur berdasarkan ketahanan kulit, tapi pastikan suhunya memang benar-benar hangat.

Setelah mengaplikasikan produk pada wajah, kemudian bilas dengan air hangat. Lalu percikkan air dingin pada permukaan wajah supaya pori-pori menutup kembali perlahan. Pastikan wajah kamu sudah benar-benar dibilas dengan bersih.

7. Keringkan Wajah

Siapkan handuk bersih khusus untuk wajahmu, lalu tepuk-tepukkan secara perlahan hingga wajah kering. Jangan menggosokkan handuk ke wajah dan jangan gosok wajah dengan apapun untuk menghindari lecet sebab setelah eksfoliasi kulit jadi lebih sensitif.

8. Oleskan Pelembab dan Tabir Surya

eksfoliasi yang aman
Foto: Ladiestory.id

Setelah wajah kering, gunakan pelembap yang mengandung tabir surya dan tidak menimbulkan komedo. Kulit yang baru di eksfoliasi sangat rentan terhadap sinar matahari, oleh sebab itu kamu harus rajin menggunakan pelembab dan tabir surya.

Jangan pernah melewatkan menggunakan tabir surya meskipun tidak keluar rumah, sebab meskipun di rumah kamu juga masih terpapar sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan kandungan minimal SPF 15.

9. Lakukan Secara Rutin

Eksfoliasi tidak boleh dilakukan suka-suka, tapi harus terjadwal secara rutin agar hasil lebih maksimal dan mencegah risiko.

Ikuti ketentuan berikut:

  • Jika kulitmu kasar dan berminyak, eksfoliasi rutin setiap hari tidak menjadi masalah.
  • Untuk kulit sensitif dan kering, eksfoliasi cukup dilakukan 1-2 kali per minggu.
  • Jika kulit mengalami iritasi dan memerah, kurangi eksfoliasi dan konsultasikan pada dokter kulit.

Nah, Ladies itulah cara aman melakukan eksfoliasi wajah. Jadi, untuk hasil yang aman dan maksimal  jangan sembarangan ya lakukan eksfoliasi