Bersih Seperti Baru, Ini 5 Cara Ampuh Bersihkan Talenan Plastik

Rabu, 22 Februari 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Bersih Seperti Baru, Ini 5 Cara Ampuh Bersihkan Talenan Plastik

Ilustrasi masak bersama keluarga. (Special)

Ladiestory.id - Talenan merupakan salah satu peralatan dapur yang berfungsi sebagai alas saat memotong bahan makanan seperti sayur maupun daging. Talenan umumnya terbuat dari kayu maupun plastik. Talenan plastik dianggap lebih simpel dan terlihat kekinian. Namun, jika tidak dirawat dan dibersihkan dengan benar, talenan plastik bisa jadi sarang kuman dan bakteri, lho. 

Oleh karena itu, setelah selesai menggunakan talenan plastik kamu bisa membersihkannya. Cara membersihkannya pun cukup mudah. Kamu bisa menggunakan beberapa bahan yang mudah ditemukan. Nah, berikut Ladiestory.id telah merangkum lima cara ampuh bersihkan talenan plastik agar tampak seperti baru. 

Air dan Sabun

Ilustrasi Sabun (Special)

Cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan talenan plastik adalah menggunakan air dan sabun. Caranya pun cukup mudah, pertama cuci talenan plastik hingga bersih di air yang mengalir. Kemudian, tuang beberapa tetes sabun cuci piring. Gosok talenan dengan menggunakan spons hingga bersih dan noda di talenan menghilang. Terakhir, bilas dengan air mengalir dan keringkan. Sabun cuci piring diyakini mampu membunuh kuman dan bakteri yang tertinggal di talenan. 

Air dan Garam

Air Garam (Special)

Jika talenan plastik bau amis, kamu bisa gunakan  air dan garam untuk membersihkannya. Pertama, basahi permukaan talenan plastik dengan air dan taburkan garam secara merata. Diamkan selama beberapa saat, kurang lebih 10 menit. Kemudian, gosok permukaan talenan dengan spons. Terakhir, bilas dengan air mengalir dan keringkan. Hindari menggunakan garam terlalu banyak karena dapat merusak permukaan talenan plastik. 

Air dan Cuka

Ilustrasi cuka putih. (Special)

Larutan air dan cuka juga terbukti efektif untuk membersihkan talenan plastik yang kotor. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan air dan cuka dalam satu wadah. Setelah itu, masukkan talenan plastik ke dalam wadah dan diamkan selama beberapa saat. Terakhir, bilas talenan dengan menggunakan air mengalir dan keringkan. 

Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan bau tidak sedap, noda, dan juga bakteri yang menempel pada talenan. Namun, sebaiknya cara ini tidak dilakukan terlalu sering karena pemakaian cuka yang berlebihan dapat merusak bagian permukaan talenan plastik.

Lemon

Ilustrasi lemon. (Spesial)

Kamu juga bisa menggunakan bahan alami seperti Lemon untuk membersihkan talenan plastik yang kotor. Potong Lemon menjadi dua bagian, dan gosokkan pada talenan plastik secara merata. Diamkan sekitar 5-10 menit.  Setelah itu, bilas dengan air bersih dan mengalir.

Lemon mengandung asam yang dapat membantu melarutkan lemak dan kotoran pada talenan. Sehingga, talenan plastik milikmu akan menjadi bersih dan seperti baru. Tak hanya itu, bau amis dan bau tak sedap pada talenan plastik juga akan hilang berkat aroma segar yang dimiliki lemon.

Baking Soda

Ilustrasi baking soda. (Special)

Selain sebagai bahan pembuatan kue, baking soda juga memiliki banyak manfaat termasuk membersihkan talenan plastik. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Pertama, taburkan baking soda secara merata di permukaan talenan plastik. Kemudian, diamkan selama beberapa menit dan gosok permukaan talenan menggunakan spons lembut. Terakhir, bilas talenan dengan menggunakan air bersih dan mengalir. Jangan lupa keringkan talenan sebelum digunakan kembali, ya. Baking soda dianggap cukup efektif untuk menghilangkan noda dan bau tidak sedap pada talenan plastik. 

Ladies, itulah lima cara sederhana namun ampuh untuk membersihkan talenan plastik dari kotoran, noda, maupun bau tidak sedap. Selain itu, kamu juga perlu memisahkan penggunaan talenan untuk sayuran maupun bahan makanan yang berbeda. Karena jika kamu menggunakan talenan yang sama, maka dapat merusak tekstur dan rasa makanan.