5 Cara Asah Soft Skill Saat Kuliah, Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

Senin, 1 Agustus 2022 | 19:15:00

5 Cara Asah Soft Skill Saat Kuliah, Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

Ilustrasi mahasiswi. (Special)

Ladiestory.id - Soft Skill merupakan kemampuan seseorang yang diasah, seperti keterampilan sosial, komunikasi, hingga kecerdasan sosial. Dalam dunia kerja, penting untuk mengimbangi antara soft skill dan hard skill.

Untuk itu, soft skill perlu diasah sejak duduk di bangku sekolah maupun kuliah. Soft skill dinilai penting untuk menuju hidup yang lebih baik, dengan relasi yang luas demi bekal saat terjun di dunia kerja.

Lantas bagaimana cara mengasah soft skill? Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengasah soft skill-mu sejak di bangku kuliah!

Adaptasi

Ilustrsi pergaulan saat kuliah. (Special)

Melakukan adaptasi menjadi poin utama saat kamu menjadi seorang maba atau mahasiswa baru. Adaptasi merupakan suatu penyesuaian diri yang dilakukan terhadap lingkungan baru.

Saat kuliah, kamu akan bertemu teman baru dari berbagai daerah dengan sifat dan sikap yang tentunya berbeda. Tak hanya teman kelas, kamu juga dapat beradaptasi lewat kegiatan lain, seperti organisasi dan kepanitiaan di perkuliahan.

Dengan beradaptasi, kamu akan dapat lebih menjaring relasi yang luas, bukan hanya teman dekat saja, melainkan kakak tingkat yang bisa membimbing kamu selama berkuliah.

Interaksi dengan Orang lain

Ilustrasi berinteraksi saat kuliah. (Special)

Sama halnya dengan adaptasi, berinteraksi dapat meningkatkan soft skill komunikasi dengan orang lain atau orang yang baru kamu temui. Meskipun canggung, namun ini dapat dijadikan tantangan untuk berproses selama berkuliah.

Dengan adanya interaksi, kamu dapat dengan mudah mendapat informasi penting terkait kampus atau hal lain yang dapat kamu rasakan saat mengenal banyak orang.

Aktif Kegiatan Kampus

Ilustrasi aktif di kegiatan kampus. (Special)

Banyak kegiatan kampus yang bisa kamu ikuti sesuai dengan minatmu. Jika saat sekolah kamu terbiasa mengikuti OSIS, kamu bisa mengikuti kegiatan organisasi yang terdapat di kampus. Dengan ini, kamu dapat melatih kedisiplinan, keberanian dan mengembangkan berbagai kemampuan, termasuk public speaking.

Tak hanya dalam kampus saja, kamu bisa mengikuti volunteer atau magang secara online yang dapat kamu temui di website atau sosial media perusahaan.

Manajemen Waktu Kuliah

Ilustrasi mahasiswa. (Special)

Padatnya jadwal kegiatan di luar akademik, tak menjadi alasan untuk menjadikan waktu kuliah disepelekan. Dengan begitu, kamu bisa melatih mengatur waktu antara kuliah dengan kegiatan di luar.

Kembangkan Team Work

Ilustrasi team work di dunia kerja. (Special)

Saat menjadi mahasiswa baru, kamu mungkin merasa jika kuliah dengan sekolah jauh berbeda. Apalagi dalam proses belajar, kamu akan lebih sering dihadapkan dengan tugas berkelompok pada setiap semesternya.

Tujuannya adalah melatih kerja sama dengan tim sebelum terjun di dunia kerja. Dalam berkerja sama, para anggota harus memberikan kontribusi yang terbaik untuk dapat menyelesaikan suatu pekerjaan. Team work sangat penting dalam dunia kerja, oleh sebab itu saat kuliah kamu dapat melatih soft skill ini.

s