Cara Atasi Stres Saat Macet dalam Perjalanan Mudik

Minggu, 1 Mei 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Cara Atasi Stres Saat Macet Dalam Perjalanan Mudik

Ilustrasi stres saat macet. (Special)

Ladiestory.id - Mudik adalah momen menyenangkan lantaran kita bisa kembali ke kampung halaman dan bertemu dengan saudara. Namun, yang membuat malas untuk mudik adalah perjalanan yang macet, terlebih mudik di hari raya.

Perjalanan yang macet akan membuat pemudik merasa emosi negatif. Tentunya rasa emosi akan membuat energi habis terbuang sia-sia. Oleh sebab itu, yuk ketahui cara mengatasi stres saat macet dalam perjalanan mudik. 

Dengarkan Musik Favorit

Ilustrasi mendengarkan musik. (Special)

Salah satu cara mencegah stres saat macet mudik adalah mendengarkan musik favorit. Lantaran pada dasarnya, mendengarkan musik dapat mencegah terjadinya stres karena dipicu oleh faktor apapun.

Dengan mendengarkan musik, maka suasana hati akan mudah terkontrol. Pikirkan pun ikut menjadi lebih tenang ketika mendengar musik. Hal tersebut sangat membantu apabila kita sedang berada dalam perjalanan mudik. Biasanya, saat terjebak macet dalam perjalanan seseorang pemudik akan cenderung stres, detak jantung, dan tekanan darah meningkat.

Dilansir berbagai sumber selain mendengarkan musik favorit, ada beberapa jenis musik lainnya yang bisa didengarkan, di antaranya smooth jazz, soft rock, dan siaran radio. Sehingga, sebelum melakukan perjalanan mudik, Kamu bisa menyiapkan playlist lagu untuk menemanimu.

Kendalikan Emosi

Ilustrasi mengendalikan emosi. (Special)

Pada dasarnya mengendalikan emosi merupakan hal yang sulit dilakukan, terutama bagi orang yang memang memiliki sifat emosional. Emosi pun akan memuncak jika kita sedang merasa lelah dan tidak sabar.

Nah, perjalanan mudik yang macet kerap kali membuat orang emosi. Meskipun menghilangkan perasaan negatif tidaklah mudah akibat situasi penuh tekanan karena macet, namun cobalah untuk tetap mengendalikan emosi.

Terutama di momen-momen tertentu seperti melihat pengemudi lain memotong jalur antrean atau berlaku tidak tertib di jalan. Sebaiknya, membiarkan saja dan hindari sewot, walaupun ada rasa yang tidak nyaman.

Daripada marah-marah, coba alihkan perhatian ke hal lain, misalkan dengan mengajak berbincang penumpang lain di kendaraan. Pasalnya jika sulit mengontrol emosi dan memilih marah-marah, stres justru semakin parah.

Lakukan Teknik Pernapasan

Ilustrasi melakukan teknik pernapasan. (Special)

Alih-alih marah, sebaiknya lakukan teknik pernapasan yang biasa dilakukan ketika emosi, yakni tarik dan embuskan napas secara mendalam. Tips ini kerap ampuh dijadikan salah satu cara mengatasi stres dalam kondisi apapun, termasuk saat mudik di tengah kemacetan.

Setidaknya, tarik napas dalam-dalam dalam tiga hitungan, lalu embuskan dalam empat hitungan. Meski terlihat sederhana, namun cara ini terbukti ampuh untuk menimbulkan efek relaksasi.

Mengobrol

Ilustrasi mengobrol. (Special)

Selain menghindari kantuk dan microsleep, mengobrol jadi salah satu cara untuk menghindari emosi saat macet dalam perjalanan mudik. Coba ajak bicara teman atau keluarga yang berada dalam satu kendaraan yang sama.

Kamu bisa mengajak orang lain untuk mengobrol saat terjebak di kondisi macet. Pasalnya, mengobrol dengan orang lain dapat membantu kita mengalihkan pikiran sejenak dari kemacetan yang terjadi. Di sisi lain, mengobrol dengan peserta mudik lain juga bisa mempererat hubungan antar teman maupun keluarga. 

Redam Kecemasan

Ilustrasi meredam kecemasan. (Special)

Saat perjalanan mudik lebaran, kita cenderung akan tergesa-gesa untuk sampai di tempat tujuan, terlebih jika ada waktu janjian dengan keluarga di rumah. Tentunya hal ini dapat menimbulkan rasa cemas yang bisa berlebihan.

Rasa cemas tersebut akan berujung pasa emosi yang tidak terkendali. Oleh sebab itu, Kamu perlu meredam rasa cemas tersebut dengan berbagai hal, seperti mengalihkan dengan mendengarkan musik atau mengobrol.

Kamu pun bisa melihat hal-hal lain yang menyenangkan dan bisa membuat tenang. Misalkan, melihat aktivitas pedagang musiman, pemandangan alam sekitar, membuat dokumentasi kendaraan tidak bergerak, mendengar suara klakson mobil, atau mengamati gerak kaki di pedal gas.

Mungkin hal tersebut terlihat sederhana dan tidak masuk akal. Namun, nyatanya cara tersebut ampuh meredam rasa cemas yang bisa berujung pada emosi yang terkendali.