Tumit Kasar dan Pecah-pecah? Atasi dengan 5 Hal Ini

Kamis, 2 Juni 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Tumit Kasar Dan Pecah-Pecah? Atasi Dengan 5 Hal Ini

Ilustrasi tumit pecah-pecah. (Special)

Ladiestory.id - Merawat tubuh adalah hal biasa yang dilakukan oleh perempuan. Namun, sebagian besar perempuan hanya fokus pada perawatan wajah. Oleh sebab itu, banyak perempuan sering kali abai untuk merawat seluruh tubuh, termasuk kaki.

Kaki merupakan bagian tubuh yang juga perlu perhatian dan perawatan khusus. Jika kaki dirawat dengan baik, maka Kamu juga akan lebih percaya diri.

Pada bagian kaki terdapat tumit yang juga perlu perhatian ekstra. Pasalnya, jika tak dirawat dengan baik maka akan muncul masalah tumit menjadi kasar dan pecah-pecah. Kamu tentu akan merasa kurang percaya diri jika memiliki tumit yang kasar serta pecah-pecah.

Ladies, tak perlu khawatir ada berbagai cara untuk menghaluskan tumit yang kasar. Ladiestory.id telah merangkumnya untukmu.

Gunakan Pelembap

Ilustrasi gunakan pelembap. (Special).

Setelah mandi tubuh akan terasa segar. Hanya saja, kelembapan alami yang dimiliki oleh tubuh akan hilang. Oleh karena itu, disarankan setelah mandi menggunakan lotion yang dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit, termasuk lotion pelembap untuk bagian tumit.

Selain lotion, Kamu juga bisa menggunakan petroleum jelly untuk membantu melembapkan tumit. Petroleum jelly biasanya dimanfaatkan untuk melembapkan bibir, namun Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menghaluskan tumit. Oleskan secara merata pada area tumit secara rutin setelah mandi.

Lindungi dari Udara Dingin

Ilustrasi memakai kaus kaki. (Special)

Cuaca yang sangat dingin atau berada di ruangan ber-AC dalam waktu lama akan membuat kulit terasa kering. Termasuk juga bagian tumit.

Hal ini normal terjadi karena kelenjar minyak tidak mampu bekerja secara maksimal. Sehingga, tubuh kekurangan pelembap alami yang dapat menyebabkan kulit dan tumit menjadi kering.

Untuk menyiasati hal tersebut, Kamu bisa mengenakan kaos kaki untuk melindungi tumit. Kenakan kaus kaki selama Kamu berada dalam ruangan ber-AC atau di lingkungan dengan suhu dingin. Hal ini bertujuan agar kelembapan alami tetap terjaga dan tumit tidak kering serta pecah-pecah.

Eksfoliasi Tumit

Ilustrasi kaki sehat. (Special)

Bukan hanya wajah yang membutuhkan eksfoliasi, tumit juga membutuhkannya. Eksfoliasi tumit bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati.

Sel kulit mati yang terdapat pada tumit inilah yang menyebabkan tumit terasa kasar dan pecah-pecah. Agar tumit menjadi halus, lakukan eksfoliasi secara rutin. Gunakan scrub khusus yang banyak beredar di pasaran. Pijat dan gosok secara lembut tumit agar sel kulit mati terangkat.

Gunakan Masker Tumit

Ilustrasi alpukat. (Special)

Memakai masker untuk tumit juga perlu Kamu lakukan agar tumit terasa lebih halus. Selain menggunakan produk perawatan kimiawi, Kamu juga bisa menggunakan bahan alami. Salah satu bahan alami yang bisa Kamu manfaatkan untuk menghaluskan tumit adalah alpukat.

Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta membuat tumit terasa lebih lembap. Selain itu, kandungan vitamin A yang terdapat dalam alpukat juga bermanfaat untuk proses regenerasi sel kulit.

Membuat masker tumit dari buah alpukat sangat mudah untuk dilakukan. Pertama, haluskan alpukat kemudian oleskan secara merata pada tumit. Pijat dan gosok secara perlahan. Lalu diamkan beberapa saat dan bilas dengan menggunakan air bersih.

Perhatikan Pemakaian Sepatu

Ilustrasi alas kaki. (Special)

Memakai sepatu yang tepat tentu akan membuat nyaman penggunanya. Selain itu, dengan memakai sepatu yang tepat juga dapat menghindarkan Kamu dari risiko tumit kasar dan pecah-pecah. Salah memilih sepatu akan membuat tumit menjadi kasar.

Sepatu dengan bantalan yang keras dan tidak pas membuat tekanan menjadi lebih besar, sehingga akan membuat tumit menjadi kasar. Memakai heels terlalu sering juga memicu terjadinya tumit kasar. Jika memang dalam keseharian Kamu lebih sering menggunakan heels, maka Kamu perlu merawat tumit dengan lebih ekstra.

Selain memperhatikan pemakaian alas kaki yang tepat, Kamu juga perlu memperhatikan kebersihan alas kaki yang kamu kenakan. Ganti dan cucilah alas kaki maupun kaus kaki secara rutin. Dengan cara tersebut, maka Kamu akan terhindar dari tumit kasar dan pecah-pecah.