Mau Tetap Bahagia Meski Berpisah? Begini 5 Cara Bangkit Setelah Perceraian

Selasa, 9 November 2021 | 10:48:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Mau Tetap Bahagia Meski Berpisah? Begini 5 Cara Bangkit Setelah Perceraian

Foto: antarnews

Ladiestory.id - Bagi seorang wanita perpisahan atau perceraian adalah hal yang sangat menyakitkan. Tak jarang mereka pun merasa terpuruk dan frustasi dalam waktu yang cukup lama. Sementara hidup harus terus berjalan terlebih bila sudah ada kehadiran buah hati. 

Tantangan terbesar yang harus dilalui dari suatu perceraian adalah berkomitmen dengan diri sendiri untuk tetap bahagia dan melanjutkan hidup demi anak-anak. Karena itu kamu harus bisa bangkit dan jangan berlarut-larut dalam keterpurukan setelah perceraian

Cara Bangkit Setelah Perceraian

Mungkin tidak mudah ya ladies untuk bisa bangkit dari perceraian, tapi setidaknya 5 cara berikut bisa kamu coba agar tetap bahagia dan percaya diri setelah perceraian. 

1. Menerima Kenyataan

Foto: bola

Salah satu hal yang paling terasa setelah perceraian adalah berkurangnya pendapatan yang membuat kamu harus lebih ketat dalam mengatur masalah keuangan. 

Bila sebelum bercerai kamu bisa mengandalkan mantan suami kamu untuk memenuhi kebutuhan hidup, tapi kini kamu harus mengatur keuangan sendiri. 

Disinilah kamu harus bisa menerima kenyataan dan mencari cara untuk bisa meningkatkan penghasilan guna memenuhi kebutuhan kamu sendiri serta  mengubah gaya hidup kamu untuk lebih berhemat.

2. Tidak Merendahkan Diri Sendiri

Cara berikut untuk bisa bangkit dari keterpurukan pasca perceraian adalah dengan tidak mengasihi diri sendiri, sekalipun orang lain membicarakanmu.

Pada awalnya mungkin sulit buat kamu untuk tidak memikirkan apa yang orang lain katakan tentang diri kamu, sehingga tak jarang mungkin kamu akan sering merasa sakit hati, menangis dan meratapi perceraian tersebut. 

Jangan biarkan berlarut-larut, berhentilah untuk menganggap diri kamu adalah seseorang yang patut dikasihani. Meskipun tak mudah, berusahalah untuk bangkit dengan membuang pikiran negatif tentang diri kamu sendiri.  

3. Fokus Dengan Diri Sendiri

Foto: iNews

Salah satu cara untuk bangkit dari keterpurukan setelah perceraian adalah dengan lebih fokus untuk menyenangkan diri sendiri, seperti melakukan hobi kamu yang mungkin saja terlupakan saat kamu sibuk berumah tangga.

Hal itu biasanya akan membawa dampak positif bagi tubuh dan pikiran. Selain menjalankan hobi kamu juga bisa melakukan apapun yang bisa membuat kamu senang, seperti berbelanja kebutuhan pribadi kamu, travelling,  atau melakukan hal - hal yang baru.

4. Jadilah Wanita yang Kuat dan Mandiri

Akan ada fase di mana semua perasaan yang menyakitkan itu kian membaik. Pada fase inilah kamu akan merasa menjadi wanita yang kuat, lebih percaya diri, mandiri dan tegar setelah mampu melewati masa sulit setelah perceraian. 

Ingatlah selalu  bahwa sakit hati adalah guru terbaik untuk menjadi wanita yang lebih kuat dan tak akan salah melangkah lagi di kemudian hari

5. Konsultasi dengan Psikolog

Foto: suara

Bila ternyata hal-hal diatas sudah kamu lakukan namun tak juga membuat kamu bisa bangkit dari keterpurukan, cobalah untuk menemui psikolog untuk berkonsultasi atau terapi untuk bisa bangkit dari pasca perceraian.

Nah ladies itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa bangkit setelah perceraian. Ingat, perceraian bukanlah akhir dari hidupmu, wanita berhak bahagia dan meneruskan hidup. Semoga bermanfaat dan bisa memotivasi para wanita yang gagal dalam pernikahan.