6 Cara Bantu Redakan Iritasi Kulit Akibat Waxing

Minggu, 8 Januari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Cara Bantu Redakan Iritasi Kulit Akibat Waxing

ilustrasi perempuan waxing. (Special)

Ladiestory.id - Kegiatan waxing merupakan salah satu rangkaian perawatan kecantikan untuk mengatasi hair removal atau metode menghilangkan bulu dengan cepat. Wanita paling yang sering melakukan waxing, biasanya pernah mengalami kulit iritasi. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu pun bisa melakukan enam cara mudah ini untuk meredakan kulit yang iritasi akibat waxing.

Gunakan Body Cream atau Essential Oil

Ilustrasi body cream. (Special)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit yang iritasi setelah di waxing, yakni dengan menggunakan body cream ataupun essential oil. Ada berbagai macam rangkaian essential oil yang bisa menjadi pilihanmu, di antaranya tea tree oil, chamomile oil, hingga rose oil.

Selain essential oil, kamu pun dapat mengaplikasikan body cream ataupun cortisone cream yang dapat di beli di apotek, kemudian aplikasikan ke permukaan kulit yang di waxing.

Gunakan Cream Gel

Mengatasi masalah iritasi akibat waxing selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan cream gel khusus perawatan kulit. Setelah melakukan waxing, sebaiknya kamu dapat membersihkan sisa-sisa waxing pada kulit menggunakan cream gel khusus untuk kulit yang memiliki formula untuk menenangkan, melembutkan, dan membantu melembapkan kulit serta.

Hal itu tentu memberikan sensasi yang sejuk dan menjadikan kulitmu terasa segar. Kamu pun dapat memilih jenis kandungan gel yang dapat merededakan inflamasi kulit, seperti aloe vera maupun lavender. Selain itu, hindari cream gel dengan kandungan alkohol karena dapat memperparah kondisi kulit yang mengalami iritasi.

Hindari Pakaian yang Ketat

Ilustrasi Olahraga (Special)

Hindari menggunakan pakaian yang ketat agar kondisi kulit dapat bisa bernapas. Pilihlah pakaian yang longgar dan berbahan dasar katun untuk mempercepat proses iritasi kulit akibat waxing.

Menggunakan pakaian yang ketat dan berbahan dasar sintesis justru dapat memperparah kondisi kulit yang iritasi. Tak hanya itu, akibat gesekan kulit dengan pakaian juga dapat menyebabkan terjadinya ingrown hair.

Hindari Mandi dengan Air Dingin

Ilustrasi mandi. (Special)

Ladies, untuk meredakan masalah kulit yang iritasi akibat teknik waxing, kamu juga dapat mengatasinya dengan mandi dengan air hangat. Hindari mandi dengan air dingin karena dapat memperparah kondisi kulit.

Sebelum mandi, ada baiknya jika kamu memberikan jeda waktu saat setelah waxing selama kurang lebih dua hingga tiga jam untuk mengoptimalkan suhu kulit setelah di waxing.

Hindari Eksfoliasi

Ilustrasi penggunaan body scrub. (Special)

Setelah melakukan waxing, ada baiknya jika kamu dapat menghindari eksfoliasi. Kamu pun dapat menggunakan pembersih tubuh yang dapat membantu melembapkan serta menenangkan kondisi kulitmu agar tidak memperparah iritasi yang ada.

Gunakan Ice Pack

Ilustrasi kompres. (Special)

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk meredakan iritasi kulit setelah di waxing, yakni dengan menggunakan ice pack. Teknik ini dipercaya ampuh untuk mengatasi iritasi kulit dan menghentikan peradangan kulit. 

Ice pack juga dapat membuat kulit yang iritasi menjadi mati rasa sementara. Selain efek yang menyejukkan pada kulit, ice pack ini juga dapat menghilangkan rasa sakit seketika.

Nah, Ladies itulah enam cara yang dapat membantu meredakan iritasi kulit setelah melakukan waxing. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, cara-cara di atas dapat kamu lakukan. Selain mendapatkan kulit mulus bebas bulu, kulitmu pun akan sehat dan bebas iritasi.