Jangan Asal! Ini 5 Cara Cerdas saat Pilih Asisten Rumah Tangga

Selasa, 24 Januari 2023 | 18:15:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Jangan Asal! Ini 5 Cara Cerdas Saat Pilih Asisten Rumah Tangga

Ilustrasi asisten rumah tangga. (Special)

⁹Ladiestory.id - Bagi kamu yang memiliki segudang kegiatan, tentunya akan sangat kerepotan merawat rumah maupun mengasuh si kecil. Tak ayal, bagi Ibu masa kini, mencari asisten rumah tangga (ART) merupakan pilihan yang tepat. Selain dapat membantu urusan kerapian rumah, ART juga banyak membantu dalam menjaga si kecil.

Namun, dalam hal menemukan ART yang sesuai dan pas tentunya bukan hal yang mudah. Sebab, banyak kasus kriminal yang berkaitan dengan ART. Apalagi, jika hal buruk tersebut menimpa sang buah hati.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari asisten rumah tangga, kamu perlu menyimak lima cara cerdas saat memilih asisten rumah tangga berikut.

Cari ART dari Sumber Terpercaya

Ilustrasi mencari sumber terpercaya. (Special)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu mencari calon ART dari lembaga penyalur atau sumber terpercaya. Beberapa contoh sumber terpercaya seperti dari keluarga, teman maupun kolega kerja.

Kamu dapat memastikan catatan atau referensi mengenai calon ART yang kamu minati. Adapun kelebihan mencari ART dari lembag ialah biasanya telah dibekali keterampilan yang cukup mumpuni. Meski begitu, terkadang ada beberapa lembaga “nakal” yang mengelabui. Oleh karena itu, kamu perlu mencari tahu dengan baik lembaga yang kamu pilih serta calon ART yang akan di pekerjakan. 

Adakan Tes Wawancara

Ilustrasi wawancara. (Special)

Setelah kamu menemukan calon ART yang dirasa cocok, tahap selanjutnya yaitu melakukan wawancara. Kamu dapat mengamati penampilan dari calon ART. Apakah ia merupakan pribadi yang merawat diri dan cinta kerapian atau justru sebaliknya.

Tak hanya itu, kamu juga dapat mengajukan pertanyaan seputar kemampuannya dalam menjaga kebersihan, misalnya, cara ia memasak dan menyiapkan makanan hingga membersihkan pakaian atau piring yang kotor. Hal semacam ini dilakukan untuk membantu kamu dapat mengetahui dengan baik calon ART yang akan membantumu menjaga dan merawat rumah.

Nah, bagi kamu yang juga mencari ART untuk menjaga si buah hati, pastikan untuk menanyakan perihal cara dirinya menjaga kebersihan selama mengasuh anak kecil. Wawancara ini juga akan membantumu mengetahui caranya dalam berinteraksi. Apakah terlihat rajin atau justru malas.

Ketahui Pengalaman Kerja Sebelumnya

Ilustrasi data asisten rumah tangga. (Special)

Selain pertanyaan seputar kebersihan, hal yang tak kalah penting yaitu mengetahui pengalaman kerja sebelumnya. Kamu dapat menanyakan seputar pengalam kerjanya hingga hal-hal tak terduga yang pernah ia alami. Kemudian, tanyakan bagaimana cara ia menghadapi hal tak terduga tersebut.

Selain itu, jika kamu mendapatkan calon ART dari lembaga maupun pribadi, kamu perlu menanyakan secara jelas latar belakang dari calon ART. Pastikan data dirinya asli dan memiliki pihak yang dapat dihubungi dengan mudah, seperti keluarga calon ART atau penanggung jawab dari lembaga. Tindakan semacam ini untuk antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Lakukan Masa Percobaan

Ilustrasi asisten rumah tangga. (Special)

Setelah mengetahui dengan baik melalui sesi tanya jawab, selanjutnya kamu dapat melakukan masa percobaan atau role play. Hal ini dilakukan supaya kamu dapat mengetahui kemampuan dan keterampilan dari calon ART.

Amati cara dirinya dalam berkomunikasi, baik dengan dirimu atau dengan sang buah hati. Selain itu, ketahui kinerjanya dalam membantu merawat dan menjaga rumah. Apakah dirinya melakukan pekerjaan dengan baik atau justru hanya sekedarnya saja.

Buatlah Standar Penilaian 

Ilustrasi asisten rumah tangga. (Special)

Terakhir, buatlah standar penilaian. Hal ini untuk mengetahui parameter kinerja dari calon ART. Sehingga, kamu dengan mudah dapat memutuskan apakah dirinya lolos atau tidak memenuhi kriteriamu.

Namun, jangan lupa untuk selalu memberikan hak seperti upah, fasilitas atau jam kerja dengan bijaksana. Supaya, ART pun dapat bekerja dengan senang dan seluruh tugas rumah dapat terselesaikan dengan baik.