Banyak yang Tidak Tahu, Ini 5 Cara Efektif Bersihkan Spons Makeup

Rabu, 27 Juli 2022 | 00:01:00

Widya Novi S

Penulis : Widya Novi S

Banyak Yang Tidak Tahu, Ini 5 Cara Efektif Bersihkan Spons Makeup

Ilustrasi spons makeup. (Special)

Ladiestory.id - Alat-alat makeup biasanya kerap digunakan ulang. Karena pemakaian yang berulang, tak jarang alat makeup menjadi kotor.

Salah satu alat makeup yang kerap digunakan berulang kali adalah spons. Spons makeup kerap digunakan untuk mengaplikasikan foundation dan concealer.

Sayangnya, tak sedikit orang yang mungkin malas membersihkan spons makeup. Padahal, spons makeup yang kotor bisa memicu masalah kulit wajah, seperti beruntusan, komedo dan jerawat.

Spons makeup harus dibersihkan minimal seminggu sekli agar tidak terlalu banyak kotoran yang menumpuk. Nah, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan makeup.

Bersihkan Spons Makeup di Microwave

Ilustrasi microwave. (Special)

Kamu bisa membersihkan spons makeup di microwave. Menurut laman Cosmopolitan, cara ini dapat membunuh bakteri yang mungkin tumbuh di dalamnya. 

Namun, jangan asal memasukkan spons makeup ke dalam microwave. Kamu harus mengikuti langkah berikut:

  1. Masukkan ke dalam cangkir air yang sudah dicampur dengan sabun.
  2. Kemudian celupkan spons ke dalam cangkir.
  3. Masukkan spons yang telah terendam air sabun, dan tunggu sekitar satu menit.
  4. Sebelum mengambil cangkir, biarkan sekitar 30 detik, baru diambil.
  5. Peras spons hingga kering dan cuci bersih, lalu keringkan.

Jika cara ini kurang efektif, maka kamu bisa membersihkan dengan cara lain untuk menghilangkan kotoran sepenuhnya. Kamu bisa menggunakan sabun atau merendamnya dengan air hangat yang dicampur sabun.

Gunakan Sabun

Ilustrasi mencuci spons makeup dengan sabun. (Special)

Ini adalah cara paling umum yang bisa dilakukan. Selain mudah, cara ini juga efektif dilakukan setiap saat setelah makeup. Memang idealnya membersihkan alat makeup itu setelah kegiatan makeup dilakukan.

Hal ini dapat mencegah menumpuknya bakteri pada spons dalam waktu yang lama. Jika dibersihkan beberapa waktu yang akan datang, makan aka nada kemungkinan bakteri tadi akan berkembang dan memberikan masalah pada kulit wajah. Nah, berikut beberpa langkah untuk membersihkan spons makeup dengan sabun.

  1. Basahi spons hingga mengembang seluruhnya.
  2. Beri sabun cair sambil ditekan dan diperas agar kotorannya keluar semua.
  3. Bilas dibawah air yang mengalir.
  4. Setelah itu keringkan.

Gunakan Minyak Zaitun Dicampur Sabun

Ilustrasi minyak zaitun. (Special)

Mencampur minyak zaitun dengan cairan sabun bisa menjadi alternatif untuk mengangkat sisa kotoran makeup, terutama yang berbahan licin. Berikut langkah membersihkan spons makeup yang bisa kamu lakukan"

  1. Campur minyak zaitun, air dan sabun cair lalu aduk dan masukkan spons yang ingin dibersihkan. Dalam hal ini, gunakan air hangat.
  2. Biarkan beberapa saat.
  3. Peras spons dan keringkan.

Untuk membantu menghilangkan minyak yang tersisa, kamu bisa bersihkan ulang dengan menggunakan sabun pencuci wajah. Hal ini akan bekerja maksimal untuk menghilangkan kotoran yang membandel pada spons makeup.

Rendam Spons

Ilustrasi merendam spons makeup. (Special)

Cara ini juga dinilai ampuh dalam membersihkan spons makeup. Ikuti langkah mudah berikut untuk membersihkan spons makeup

  1. Rendam spons di dalam air hangat dan taungkan sabun cair atau deterjen secukupnya.
  2. Tunggu beberapa saat. Tekan dan bilas spons hingga bersih dengan air mengalir.
  3. Keringkan spons hingga bisa digunakan kembali.

Gunakan Sabun khusus Pembersih Alat Makeup

Ilustrasi sabun spons makeup. (Special)

Cara ini dinilai efektif untuk menghilangkan noda pada spons yang sudah kotor. Pasalnya, sabun ini memang diformulasikan untuk menghilangkan kotoran sisa kosmetik. Bentuknya juga beragam, ada yang cair dan ada juga yang padat.