Resesi Mengancam? Ini 5 Cara Hemat Tagihan Listrik

Kamis, 3 November 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Resesi Mengancam? Ini 5 Cara Hemat Tagihan Listrik

Ilustrasi tagihan listrik. (Special)

Ladiestory.id - Sejak diumumkannya kemungkinan resesi menghantam Indonesia, hal itu membuat masyarakat mulai panik. Terutama, saat ini harga pangan dan energi juga mulai mengalami kenaikan. Salah satu biaya yang sering terasa peningkatannya yaitu listrik.

Tak ayal, banyak masyarakat mulai mencari cara jitu untuk mengurangi penggunaan energi supaya menghemat tagihan listrik. Bagi kamu yang mulai merasa panik dengan ancaman resesi, ada beberapa cara yang mudah dan efektif untuk membantu mengurangi penggunaan energi dan menghemat tagihan listrik. Namun, tenang saja tak akan mengurangi kenyamanannya.

Pastikan Ventilasi Ruangan Baik

Ilustrassi ventilasi. (Special)

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan yaitu memastikan ruangan mu memiliki ventilasi yang baik. Hal ini akan membantu secara maksimal untuk membuat ruangan menjadi sejuk.

Misalnya, saat cuaca panas atau dingin melanda. Sehingga, kamu tidak memerlukan sistem pendingin dan pemanas bekerja dengan keras. Selain itu, tentu dapat membantumu dalam menghemat penggunaan listrik dan tagihannya.

Manfaatkan Cahaya Alami

Ilustrassi ventilasi. (Special)

Cara lain yang mudah untuk kamu lakukan adalah memanfaatkan cahaya alami. Misalnya, pada siang hari kamu dapat membuka gorden untuk membiarkan cahaya alami masuk. Selain itu, kamu juga dapat memasang skylight untuk membantu mempermudah cahaya masuk ke dalam ruangan.

Sehingga, kamu dapat menghemat penggunaan listrik dengan tidak menggunakan lampu saat siang hari. Jangan lupa, ketika sudah menggunakan pencahayaan alami, kamu perlu mematikan lampu-lampu yang tidak digunakan. Selain itu, ketika hendak tidur, matikan juga lampu di area tidurmu.

Hal tersebut sangat efektif untuk menghemat tagihan listrik dan mengurangi penggunaan energi. Sebab, penggunaan daya listrik lebih banyak daripada saat siang hari. 

Gunakan Peralatan Hemat Energi

Ilustrasi tagihan listrik. (Special)

Meski terlihat sepele, nyatanya memilih peralatan yang hemat energi adalah pilihan yang cerdas. Sebab, selain dapat mengurangi penggunaan listrik yang berlebihan, kamu juga dapat mengurangi tagihan listrik. Jika kamu masih memiliki beberapa peralatan lama yang boros listrik, mulailah untuk menggantinya secara perlahan dengan tipe yang hemat listrik.

Jangan lupa untuk penggunaan dan perawatannyanya, selalu ikuti petunjuk secara benar dalam menggunakan peralatan. Sebab, seringkali beberapa pengguna abai dan tidak mengikuti petunjuk dengan benar.

Meski untuk menggunakan peralatan hemat energi terkadang perlu merogoh kocek cukup dalam, nyatanya hal ini efektif untuk mengurangi tagihan listrik, membantu menghemat energi, memperpanjang masa guna benda, dan juga sebagai bentuk gerakan cinta lingkungan.

Bijak dalam Menggunakan Listrik

Ilustrasi saklar lampu. (Special)

Kamu juga dapat menghemat energi dan tagihannya dengan menggunakan listrik secara bijak. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada listrik di ruanganmu. Misalnya, jika lampu ruangan sudah tidak digunakan, kamu dapat mematikannya, mencabut steker elektronik ketika akan meninggalkan ruangan, memiliki alat elektronik yang dapat diatur secara otomatis untuk suhu atau waktunya, dan mengurangi penggunaan listrik yang tidak diperlukan secara mendesak.

Meski melepas steker terlihat sepele. Nyatanya, selama kabel elektronik masih menancap pada saklar, maka akan membuat listrik secara terus menerus mengalir, lho. Oleh karena itu, yuk mulai bijak menggunakan listrik.

Tanamlah Pohon di Sekitar Ruangan

Ilustrasi orang merawat tanaman hias. (Special)

Selain cara di atas, kamu juga bisa melakukan langkah berikut untuk mengurangi tagihan listrik. Kamu dapat menanamkan pohon dan mengoptimalkan fungsi tanaman di sekeliling rumah.

Selain menjadi hiasan, adanya pohon atau tanaman hijau di sekitar rumah dapat membantu udara di lingkungan rumahmu lebih segar dan sejuk. Sehingga, kamu dapat mengurangi atau menghindari penggunaan AC.