Waspada, Ini 5 Cara Membedakan Masker Spirulina Asli dan Palsu

Senin, 27 September 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Waspada, Ini 5 Cara Membedakan Masker Spirulina  Asli dan Palsu

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kecantikan adalah hal yang penting bagi setiap perempuan. Bagi perempuan menjaga kecantikan adalah hal sangat wajib. Bahkan saat ini tidak hanya perempuan yang mulai menjaga kesehatan kulit wajahnya, para pria pun ikut menjaga kulit mereka supaya tetap sehat dan segar.

Perawatan kulit boleh dilakukan siapa saja, jika kulit terawat dan terlihat bersih pasti akan lebih enak dilihat dan lebih nyaman bagi kita bukan? Dalam beberapa tahun terakhir ini banyak masyarakat yang melakukan perawatan kulit wajah dengan memakai masker.

Para produsen alat kesehatan juga mulai berinovasi mencari cara membuat masker dengan bahan alami dan tetap bermanfaat. Nah ternyata saat ini, bahan alami menjadi kegemaran banyak pecinta kecantikan. Semua orang tentu tidak mau mengambil risiko memakai bahan sembarangan untuk perawatan kulitnya, bukan?

Salah satu bahan masker alami yang sedang hits beberapa waktu belakangan adalah spirulina. Produk yang naik daun tak lepas dari tangan jahil produsen masker palsu. Agar lebih tahu, berikut sajian informasi terkait masker spirulina dan cara membedakan produk masker spirulina yang asli dan palsu.

Apa Itu Spirulina?

Foto: Ladiestory.id

Spirulina sendiri ialah ganggang biru hijau yang merupakan suplemen makanan tambahan, sehingga aman diaplikasikan ke kulit wajah. Tidak hanya di Indonesia namun spirulina ada di berbagai wilayah di seluruh dunia.

Spirulina sering digunakan untuk makanan tambahan dan suplemen pelengkap kesehatan. Bahan ini diproduksi dan dipasarkan dalam berbagai macam tekstur, mulai dari serbuk, cairan, tablet, hingga kepingan.

Karena manfaatnya yang begitu banyak dan telah mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. Akhirnya mulai dijadikan bahan dasar masker wajah untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Zat alami yang ada pada spirulina dipercaya mampu mengencangkan dan mencerahkan kulit, sehingga kulit wajah akan terlihat lebih sehat dan muda.

Perbedaan Antara Masker Spirulina Asli dan Palsu

Karena popularitas yang semakin tinggi, tidak menutup kemungkinan banyak pihak tak bertanggung jawab yang memanfaatkan kesempatan ini. Alih-alih mendapat manfaat dari masker spirulina, bisa saja kulit jadi semakin bermasalah. Nah, supaya tidak tertipu berikut 5 perbedaan antara masker spirulina asli dan palsu.

1. Warna Masker Berbeda

Perbedaan pertamanya ada pada warna masker. Masker spirulina yang sebenarnya itu berwarna hijau sedikit pekat dan kebiruan, alasannya karena spirulina itu sebuah alga atau ganggang biru hijau.

Sedangkan masker spirulina yang palsu berwarna lebih pekat dan lebih mendekati ke warna hitam. Kamu bisa campurkan masker dengan air. Kemudian cek, masker spirulina yang asli biasanya bertekstur agak kental. Sementara masker spirulina palsu bertekstur lebih cair.

2. Tekstur Serbuk Masker

Foto: Ladiestory.id

Perbedaan kedua ada pada tekstur serbuknya. Serbuk masker spirulina yang asli harusnya bertekstur halus dan lembut saat dipegang. Sedangkan masker spirulina yang palsu tekstur serbuknya tidak rata dan sedikit kasar.

Jika tekstur serbuknya halus dan lembut kemungkinan itu yang asli. Jangan mudah terkecoh dengan orang yang mengatakan bahwa tekstur spirulina yang sedikit kasar berfungsi sebagai scrub.

3. Aroma Masker Spirulina

Perbedaan ketiga ada pada aromanya. Dengan pembeda itu kamu bisa membedakan mana masker spirulina asli dan mana yang palsu. Spirulina merupakan ganggang biru hijau yang kaya akan kandungan polisakarida dan gamma linolenic acid.

Kedua kandungan itu sangat baik bagi kesehatan kulit wajah dan ternyata kedua kandungan itu bisa menghasilkan aroma segar dan alami. Sementara masker spirulina yang palsu biasanya terbuat dari campuran berbagai macam bahan kimia, sehingga biasanya menghasilkan bau kimia yang tidak segar maupun alami.

4. Ukuran Kapsul Spirulina

Foto: Ladiestory.id

Perbedaan keempat ada pada ukuran kapsulnya. Biasanya Spirulina dipasarkan dalam bentuk kapsul, dengan bagian kapsul yang terbagi menjadi 2, kapsul wadah dan kapsul penutup.

Nah, jika kamu ingin memastikan keasliannya bisa dilihat dari ukuran kapsul ini. Biasanya yang asli bagian kapsul wadahnya lebih panjang daripada kapsul penutupnya, sedangkan pada spirulina yang palsu kedua bagian kapsul ini memiliki panjang yang sama.

5. Harga Masker Spirulina

Perbedaan kedua ada pada harga. Pasti pernah mendengar pepatah "ada harga ada barang". Nah, itu artinya jika harga yang dipasarkan lebih murah daripada harga aslinya, patut nih kita curigai asli atau palsu.

Meskipun ingin memiliki kulit wajah yang lebih cantik dan sehat, bukan berarti kamu bisa memilih barang yang harganya asal murah. Usahakan pilih masker dengan harga yang rata-rata atau standar saja. Jangan mudah tergiur dengan tawaran harga murah.

Harga murah belum menjamin keaslian produk tersebut. Jika ternyata kamu salah membeli itu akan menjadi bencana untuk kamu. Masker spirulina palsu biasa diproduksi dengan bahan kimia, yang bisa saja bahan itu akan membahayakan kulit kamu dan mengakibatkan efek berkepanjangan.

Nah, itu dia 5 perbedaan masker spirulina asli dan palsu. Pilihlah produk kecantikan dengan hati-hati, agar tidak menyesal di kemudian hari. Usahakan sesuaikan dengan informasi yang ada dan jangan mudah terkecoh dengan tawaran-tawaran yang sedikit mencurigakan.

Berita Terkait