Hobi Masak? Wajib Tahu 3 Cara Membersihkan Ceker Ayam yang Benar

Selasa, 7 Desember 2021 | 16:30:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Hobi Masak? Wajib Tahu 3 Cara Membersihkan Ceker Ayam Yang Benar

Foto: ilustrasi ceker ayam (spesial)

Ladiestory.id - Ceker atau bagian kaki ayam ternyata dapat diolah menjadi berbagai sajian yang nikmat dengan rasa yang tetap lezat, meskipun bagian ayam yang satu ini tidak memiliki banyak daging. Ceker ayam memiliki lemak dan tektur yang kenyal dengan rasa yang nikmat. Terutama bila dijadikan kaldu gurih untuk sup hingga bubur. 

Sebelum kamu memasaknya menjadi aneka masakan, ceker harus benar-benar bersih. Karena bagian ayam yang satu ini adalah yang paling kotor mengingat bagian kaki bersentuhan langsung dengan tanah, air genangan yang kotor hingga pakannya. Untuk cara membersihkan ceker ayam yang benar, simak informasinya di bawah ini. 

Cara Membersihkan Ceker Ayam yang Benar 

Buat kamu yang hobi memasak di rumah, wajib tahu bagaimana cara membersihkan ceker ayam yang benar, ikuti caranya seperti berikut ini: 

1. Potong Bagian Kuku pada Sendinya 

Foto: Selerasa

Cara pertama adalah dengan memotong semua kuku ceker. Cara memotongnya cukup mudah,  kurang lebih ½ cm pada bagian bawah kuku, terdapat sendi yang dapat dipotong dengan mudah. kamu dapat memotong bagian kuku pada bagian sendinya agar lebih mudah dan tidak terkena bagian ceker yang kerasnya. 

2. Buang Lapisan Kuning yang Menyelimuti Ceker 

Cara selanjutnya adalah membuang lapisan kuning yang  ada disepanjang  ceker. Tapi terkadang lapisan kuning tersebut menempel dan susah untuk dikelupas atau dibuang. Bila seperti ini maka rebus ceker selama 5 menit saja dengan air mendidih. Setelah direbus, maka lapisan kuning ini akan lebih mudah dikelupas atau dibersihkan. 

3. Bersihkan Kotoran yang Menumpuk Pada Telapak Ceker 

Foto: Unairnews

Saat membersihkan ceker ayam, perhatikan juga pada bagian telapak cekernya. Biasanya pada bagian ini terdapat kotoran yang menumpuk seperti kerak yang berwarna kuning kecoklatan. Buanglah bagian tersebut dengan  cara menggunakan pisau hingga bersih. Jangan sampai bagian ceker ayam yang satu ini terlewatkan.   

Cara mengetahui ceker ayam yang bersih dan tidak bersih adalah dengan melihat bagian luarnya yang tampak bersih tanpa ada kotoran atau lapisan kuning sedikitpun. 

Cara Mengolah Ceker Ayam Supaya Empuk dan Tidak Bau Amis 

Setelah kamu membersihkan ceker ayam, selanjutnya kamu bisa olah ceker dalam  aneka masakan yang lezat. Adapun cara mengolah ceker agar empuk dan tidak bau amis adalah dengan cara seperti berikut: 

1. Rendam Ceker Ayam di Air Mendidih 

Rebus air hingga mendidih, kemudian rendam ceker ayam yang sudah dibersihkan ke dalam air mendidih selama 5 menit. Cara ini juga dapat dilakukan untuk menghilangkan lapisan kuning pada ceker yang sulit terkelupas. 

2. Rebus Ceker Ayam dalam Air Mendidih Atau Dipresto  

Foto: IDNTimes

Agar ceker ayam memiliki tekstur yang empuk, rebuslah ceker dalam air mendidih selama  1 jam. Bila ingin lebih praktis lagi kamu dapat memasaknya dengan cara memprestonya. 

3. Goreng Ceker Ayam, dan Rendam dengan Air Es Agar Mekar Dagingnya 

Bila kamu ingin daging ceker yang tebal dan mekar, kamu bisa menggorengnya setelah ceker di rendam tadi (sebelum direbus dengan air bersih atau dipresto). Setelah goreng angkat dan tiriskan. Selanjutnya masukan ceker dalam air es agar dagingnya mekar mengembang.  

Bagian ceker harus terendam semuanya dalam air es. Bila sudah direndam, selanjutnya kamu dapat memasaknya.  

Nah, begitulah cara membersihkan ceker ayam yang tepat dan benar dan cara mengolahnya agar ceker ayam empuk serta tidak bau amis. Buat kamu yang hobi memasak, terutama para ibu,  wajib menerapkan cara di atas agar ceker ayam yang diolah kemudian dimasak menghasilkan rasa yang lezat serta menyehatkan.