Apa Itu Capsule Wardrobe? Intip Cara Mudah Membuatnya

Sabtu, 18 Desember 2021 | 16:00:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Apa Itu Capsule Wardrobe? Intip Cara Mudah Membuatnya

Ilustrasi capsule wardrobe. (nbcnews.com)

Ladiestory.id - Fashion adalah hal yang selalu menarik untuk dieksplor. Rasanya semua tren terbaru yang ada di panggung runway selalu ingin dicoba sehingga ingin membeli baju lebih banyak lagi.

Namun, hal ini bisa jadi menambah masalah baru, yaitu bertumpuknya koleksi pakaian yang belum tentu terpakai dan waktu yang terbuang percuma untuk menentukan pakaian terbaik. Nah, capsule wardrobe menjadi solusinya.

Capsule wardrobe adalah sekumpulan pakaian dan aksesoris yang telah dikumpulkan sehingga lebih versatile dan mudah dipadupadankan. Ingin tahu lebih lanjut soal capsule wardrobe? Simak selengkapnya di sini!

Apa Itu Capsule Wardrobe?

capsule wardrobe
Ilustrasi capsule wardrobe. (thestreetvibe.com)

Secara sederhana, capsule wardrobe adalah koleksi pakaian pribadi yang terdiri dari beberapa pakaian yang akan Kamu pakai sehari-hari. Koleksi capsule wardrobe ini umumnya bisa dipakai di setiap musim.

Capsule wardrobe cocok diterapkan di gaya hidup minimalis. Koleksi capsule wardrobe terdiri dari set atasan, bawahan, outer, gaun, sepatu, dan aksesori yang dapat dipadupadankan dengan mudah sesuai occasion. Kamu akan lebih banyak menemukan pakaian berkualitas baik yang awet dan dapat dipakai bertahun-tahun lamanya.

Mengapa Capsule Wardrobe?

Capsule wardrobe berisi sejumlah pakaian yang pastinya sudah dikurasi dengan sedemikian rupa sehingga gampang di-mix and match. Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga Kamu untuk memilih pakaian karena Kamu tidak perlu bingung-bingung lagi mau berpakaian seperti apa di hari itu because everything is matched!

Capsule wardrobe umumnya memiliki jumlah yang sedikit karena hanya berisi pakaian yang sudah dikurasi. Meski begitu, koleksi capsule wardrobe dapat melatih Kamu untuk memadu-madankan koleksi pakaianmu sehingga selalu terlihat stylish tanpa menciptakan kesan monoton. Kemudian, Kamu juga bisa bereksperimen dengan berbagai gaya makeup dan aksesori untuk menciptakan berbagai gaya baru, misalnya pakaian nuansa netral yang dipadukan dengan lipstik warna bold dan kacamata hitam.

Terakhir, berkembangnya tren fast fashion yang bergerak dari runway menuju rak pakaian dengan cepat menghadirkan beragam pakaian trendi yang dibuat dengan bahan yang kurang baik kualitasnya. Selain bahan yang kurang baik, proses pembuatannya juga seringkali tidak manusiawi dan tidak mengindahkan unsur-unsur lingkungan hidup, misalnya upah pekerja yang tidak dibayar dengan layak, polusi, atau eksploitasi sumber daya alam.

Dengan menerapkan capsule wardrobe, Kamu tetap bisa jadi stylish namun tetap ramah lingkungan. Selain itu, Kamu juga turut mendukung pekerja yang membuat pakaianmu.

Cara Membuat Capsule Wardrobe

Buat Kamu yang tertarik dengan capsule wardrobe, ikuti beberapa cara di bawah ini.

Memilih warna dasar

capsule wardrobe
Ilustrasi capsule wardrobe. (phillyvoice.com)

Cara selanjutnya untuk membuat capsule wardrobemu sendiri adalah dengan memilih warna dasar. Saat memilih warna dasar, pastikan memilih satu warna dasar untuk menjadi acuan capsule wardrobe-mu nantinya. Pilihlah antara warna hitam atau navy sebagai warna dasarnya.

Warna hitam atau navy banyak ditemui dalam koleksi capsule wardrobe karena kedua warna ini tampak versatile dan cocok untuk dipadukan dengan beragam warna lainnya. Jika Kamu tidak suka warna hitam atau navy, Kamu bisa memilih warna dasar lainnya, misalnya warna-warna cokelat.

Memilih koleksi pakaian esensial dengan warna-warna netral

Selanjutnya adalah memilih pakaian dengan warna-warna yang netral, seperti warna abu-abu, beige, putih, dan chambray yang selalu in di setiap musimnya. Contoh pakaian yang essential antara lain t-shirt lengan pendek dan panjang, kemeja, rok hitam, sweater beige, dan lainya. Tentukan juga jenis pakaian apa yang Kamu pakai untuk berolahraga, baju tidur, outerwear, dan aksesoris.

Pilih desain aksesori yang tidak berlebihan

capsule wardrobe
Ilustrasi capsule wardrobe. (nbcnews.com)

Berikutnya, adalah aksesori. Aksesori yang tepat dapat mendukung capsule wardrobe-mu sehingga semakin stylish. Pilih aksesori sdengan desain yang tidak berlebihan, misalnya kalung, gelang, dan jam tangan yang desainnya sederhana.