Hidangan Manis Favorit, Berikut Cara Membuat Martabak Coklat Di Rumah

Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:28:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Hidangan Manis Favorit, Berikut Cara Membuat Martabak Coklat Di Rumah

Foto: aboutsemarang

Ladiestory.id - Hidangkan dan nikmati lezatnya olahan martabak coklat yang akan bisa kamu buat di rumah dengan mudah. Dengan resep yang akan kami berikan kali ini, sudah tentu hidangan lezat ini akan dapat kamu tiru di rumah dengan mudah dan sederhana.

Hidangan Manis Martabak Coklat

Penasaran seperti apa saja resep dari hidangan martabak coklat spesial yang nikmat, lezat, dan menggugah selera? Yuk simak ulasan resep di bawah ini untuk kamu.

Resep Martabak Coklat

Cara membuat martabak cokelat
Foto: cookpad

Bahan

250 gram tepung terigu protein sedang

5 sdm Gula Pasir

1 butir Telur

350 ml Air

1/4 sdt Vanili

1/4 sdt Soda Kue

1/4 sdt Garam

1/4 sdt ragi instan

2 sdm meises, coklat, keju, atau selai lainnya sesuai selera

2 sdm Mentega untuk olesan

Persiapan

Dalam membuat hidangan kali ini kamu akan bisa melakukannya dengan terlebih dahulu memperhatikan sejumlah persiapan guna membuat hidangan yang satu ini.

Langkah persiapan menjadi langkah penting karena langkah ini berisi beberapa cara mengolah bahan dari hidangan martabak coklat ini. Agar mengetahui seperti apa saja langkahnya, ayo simak ulasan di bawah ini.

Sediakan sebuah wadah dan masukkan bahan-bahan kering kedalamnya sembari diayak. Bahan-bahan tersebut yaitu tepung terigu bersama dengan vanili, ragi instan serta garam. Aduk-aduk semua bahan ini hinga tercampur dengan rata.

Tujuan mengayak pada bahan-bahan kering kali ini yaitu guna menjaga jika ada partikel kasar masuk kedalam adonan yang mana nantinya akan mempengaruhi kelembutan dari hidangan satu ini. Sebab itu, silahkan ayak bahan bahan dengan merata.

Sesudah pencampuran dan pengayakan ini dikerjakan dengan merata lalu langkah berikutnya yang akan bisa kamu lakukan yaitu memastikan bahwa semua bahan yang diperlukan pada resep sudah kamu siapkan dengan merata. Karena nantinya semua bahan akan dicampur dengan merata.

Baru lantas kamu akan bisa melanjutkan guna membuat hidangan martabak kali ini dengan merata. Ayo perhatikan beberapa langkahnya dibawah ini.

Cara membuat martabak cokelat
Foto: cookpad

 

Cara Membuat Martabak Coklat Spesial yang Lezat

Pada saat membuat hidangan kali ini kamu bisa melakukannya dengan cara mencampurkan telur ke dalam campuran tepung terigu. Kemudian berikan air kedalamnya sedikit demi sedikit sembari diaduk dengan memakai whisk hingga semua bahan ini tercampur dengan merata.

1. Pastikan kamu mengaduknya dengan rata dan tidak terdapat adonan yang masih menggumpal. Oleh sebab itu, perhatikan kecepatan dalam mengaduk bahan bahan supaya gumpalan dapat lebih cepat tercampur dengan merata.

2. Sesudah tercampur dengan merata lantas diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit supaya adonan menjadi lebih mengembang dan lebih pas.

3. Panaskan cetakan martabak dengan memakai api yang sedang. Kemudian olesi area permukaannya dengan mengenakan margarin secara merata. Tunggu hingga panas secara merata. Masukkan adonan kedalamnya dan ratakan area pinggirnya hingga tipis.

4. Sesudah selesai lalu masak dan diamkan hingga area permukaan martabak menjadi lebih berpori dengan merata. Kemudian masak kembali hingga matang dan merata.

5. Angkat adonan yang telah matang, kemudian olesi dengan margarin secara merata hingga tercampur. Sesudah itu, baru masukkan isian kedalamnya dan taburkan dengan merata semua bahan ini.

Cara membuat martabak cokelat
Foto: cookpad

Catatan

Nah, usai matang, lalu kamu bisa menghidangkan martabak coklat ini dalam sebuah piring saji untuk kemudian kamu akan bisa menikmatinya saat masih hangat.

Bagaimana? Mudah bukan membuat martabak coklat?