Cara Membuat Sate Pisang Coklat, Mudah dan Praktis untuk Kudapan di Rumah

Rabu, 1 September 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Cara Membuat Sate Pisang Coklat, Mudah dan Praktis untuk Kudapan di Rumah

Foto: Ladiestory.id

Siapa yang gemar nyemil? Ya, cemilan merupakan makanan dalam porsi kecil yang dimakan di antara dua waktu makan. Kebanyakan orang menganggap bahwa camilan adalah penyebab obesitas.

Namun nyatanya cemilan berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh selama jeda menuju jam makan besar. Cemilan sederhana dikaitkan dengan makanan manis, seperti kue, biskuit, es krim, atau pisang coklat. 

Kreasi Pisang Coklat untuk Cemilan di Rumah

Selain menjadi cemilan pisang coklat juga biasa dijadikan dessert. Dessert merupakan makanan penutup atau makanan pencuci mulut yang biasa disajikan diakhir dari susunan menu. Seperti yang diketahui ada berbagai macam jenis dan macam dessert dengan rasa dan tampilan yang sangat menarik.

Dalam sebuah restoran atau hotel berbintang pembuatan menu dessert biasanya dilakukan oleh chef professional, karena tampilan dari dessert haruslah menarik baik dari komposisi bahan, warna dan rasa yang ditonjolkan dalam menu hidangan dessert yaitu manis atau sedikit masam tapi menyegarkan.

Kudapan Enak dan Murah Meriah

Cara membuat sate pisang
Foto: Resepedia

Nah, pisang coklat biasa dikreasikan dessert dijadikan sebagai sate. Pisang sendiri memang sering dijadikan bahan utama untuk membuat cemilan atau dessert. Sebab pisang menjadi salah satu buah yang dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Bahkan pisang dapat dikreasikan menjadi makanan modern atau tradisional.

Cara Membuat Sate Pisang Coklat

Memang biasanya yang orang akan menggunakan jenis pisang kapok untuk diolah menjadi dessert ataupun cemilan. Bahkan pisang kapok sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak hanya memiliki rasa yang lezat, pisang kapok memiliki beragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, mulai dari vitamin, mineral, hingga antioksidan.

Cara membuat sate pisang
Foto: Ladiestory.id

Selain itu, pisang kepok merupakan salah satu jenis pisang yang mudah ditemukan di Indonesia. Bagian kulitnya memiliki tekstur yang cukup tebal, sedangkan dagingnya lebih padat dan tidak semanis pisang pada umumnya.

 

Bahan-Bahan yang Perlu Dipersiapkan :

- Pisang kepok

- 5 sdm Tepung terigu

- 1 sdm gula pasir

- Air secukupnya

- Tepung panir/tepung roti

Bahan Saus Cokelat :

- 200 gram cokelat batang

- 150 ml susu cair panas

- 1 sdm margarin

- 80 gram remahan kacang tanah goreng

Bahan Saus Susu :

- 200 ml susu cair full cream

- 1 sdm tepung maizena

- 3 sdm susu kental manis

- Garam

Cara Membuat Sate Pisang Coklat

  1. Campurkan semua bahan pembalut basah hingga rata dan berbentuk pasta. Lalu balut pisang dengan adonan. Setelah tertutup dengan adonan basah, taburkan dengan tepung panir atau tepung roti hingga rata.
  2. Goreng pisang hingga berwarna kekuning-kuningan.
  3. Untuk membuat saus cokelat, potong-potong cokelat, lalu tuangkan susu cair panas, dan kacang yang telah dihaluskan. Aduk cokelat hingga benar-benar larut dan tercampur rata.
  4. Selanjutnya buat saus susu. Campurkan semua bahan, lalu masak hingga mendidih dan mengental.
  5. Balut pisang yang telah digoreng dengan saus cokelat, lalu tusuk dengan sumpit dan guyur saus susu.

Inilah cara membuat sate pisang coklat yang bisa dijadikan cemilan atau dessert. Bahkan dengan mengonsumsi sate pisang coklat, maka Anda sudah memakan buah dengan kreasi yang lain agar tidak bosan.