Butuh Surat Rekomendasi? Yuk Ketahui Jenis-Jenis dan Cara Membuatnya!

Kamis, 9 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Butuh Surat Rekomendasi? Yuk Ketahui Jenis-Jenis Dan Cara Membuatnya!

Ilustrasi membuat surat rekomendasi (spesial)

Ladiestory.id - Secara umum, surat rekomendasi digunakan oleh seseorang dari sebuah instansi atau lembaga untuk menunjukkan bahwa dirinya pernah menjadi bagian dari instansi atau lembaga tersebut.

Surat rekomendasi dibuat oleh pihak ketiga dengan kewenangan besar di instansi terkait dan ditujukan untuk pihak lain dari lembaga dan instansi yang berbeda.

Struktur Penulisan Surat rekomendasi

Ilustrasi membuat surat rekomendasi

Surat rekomendasi ini memiliki struktur penulisan tersendiri dan hampir mirip dengan surat keterangan kerja. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun naskah rekomendasi yaitu sebagai berikut.

1. Kepala surat

Dalam kepala surat terdapat kop surat beserta dengan alamat lengkap. Judul yang ditulis dengan huruf kapital serta nomor surat pada bagian bawah judul.

2. Isi surat

Isi surat berisikan penyataan kesungguhan pihak yang menerangkan, seperti:

  • Identitas, yang meliputi nama; tempat/tanggal lahir; alamat; dan lainnya.
  • Penjelasan tentang kepribadian dari seseorang yang diterangkan
  • Penutup
  • Kaki Surat, terdiri atas, tempat dan tanggal dikeluarkannya surat; identitas; jabatan penanggungjawab; tanda tangan dan nama jelas; NIP; nomor anggota; dan cap stempel.

Surat rekomendasi dapat ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sesuai dengan keperluan.

Macam-macam Surat Rekomendasi

1. Rekomendasi audit

Surat ini diperoleh dari auditor yang sudah mempertimbangan terhadap suatu kondisi tertentu. Pendapat tersebut mencerminkan pengetahuan dan penilaian auditor dalam kegiatan audit.

2. Rekomendasi kerja

Surat rekomendasi kerja biasa digunakan untuk dokumen pelengkap CV. Tujuannya agar perusahaan yang dilamar mengetahui kinerja kalian dari perusahaan sebelumnya.

3. Rekomendasi penelitian

Surat ini merupakan naskah dinas dari instansi atau pejabat yang berwenang. Biasanya, rekomendasi tersebut berisi tentang berbagai macam catatan, keterangan serta persetujuan terhadap usulan penelitian.

4. Rekomendasi beasiswa

Surat rekomendasi beasiswa biasanya dibuat oleh dosen, universitas, atau organisasi. Surat ini dipakai oleh seseorang yang sedang melamar beasiswa. Tentunya berisikan identitas dan keterangan bahwa mahasiswa tersebut aktif dalam perkuliahan atau kegiatan. Selain itu, dapat juga berisikan penilaian baik akademik maupun non akademik.

5. Rekomendasi magang

Setelah masa magang/ internship selesai, maka perusahaan akan memberikan surat keterangan magang. Dalam surat tersebut tertera penjelasan bahwa mahasiswa telah menyelesaikan masa magang atau tugasnya. Selain itu, juga berisikan penilaian selama kegiatan berlangsung.

6. Rekomendasi pembuatan visa

Beberapa negara memberlakukan visa bagi para wisatawan maupun warga negara lain yang berkunjung. Dalam membuat visa, beberapa kedutaan mensyaratkan adanya surat keterangan kelakuan baik, surat keterangan kesehatan terlebih dalam masa pandemi COVID-19 atau surat rekomendasi kerja dari perusahaan.

Surat ini bertujuan sebagai bukti konkret, bahwa kamu telah memiliki pekerjaan di negara asal dan berjanji akan pulang serta tidak mencari kerja di negara tujuan. Biasanya isinya adalah identitas karyawan, jabatan, gaji, juga pernyataan perusahaan yang menjamin bahwa karyawannya akan pulang tepat waktu.

7. Rekomendasi pindah tugas

Surat ini ditujukan kepada pihak di bagian atau perusahaan lain. Surat rekomendasi pindah tugas berisikan identitas karyawan yang pindah tugaskan beserta dengan alasan dan penjelasannya.

 

Contoh Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi sendiri terbagi atas beberapa jenis kategori yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Berikut ini beberapa contoh suratnya:

1. Contoh surat rekomendasi kerja

Surat ini ditujukan hanya untuk karyawan dengan kinerja baik. Itu sebabnya, surat ini sangat berguna untuk memberi nilai lebih saat melamar kerja di perusahaan lain.

MOBILE INDONESIA

Jl. Soekarno Hatta No 23 Blok A, Kebayoran – Jakarta Selatan

Telp (021) 1234567

Mobile.com I Email: [email protected]

SURAT REKOMENDASI KERJA

No. 22/PTSMI/09/2019

 

Kami yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Raditya Dimas

NIP : 091389345398276

Alamat : Komplek Aries Pondok Aren No. 23, Jakarta

 

Bertindak mewakili PT. Mobile Indonesia, memberikan rekomendasi kepada mantan karyawan kami:

Nama : Aida Nuraini

Alamat : Jl. Kembangan RT 22 RW 12, Tangerang Selatan.

Pada saat saudari Aida bekerja di PT. Mobile INdonesia, saudari Aida menunjukkan etika kerja yang baik dan memiliki dedikasi yang tinggi terhadap setiap pekerjaan yang dilakukannya.

Saudari Aida juga merupakan karyawan yang memiliki prestasi yang membanggakan, ia bahkan pernah menjadi duta PT. Mobile Indonesia dalam beberapa acara bergengsi. Selama tiga tahun masa kerja saudari Aida tidak pernah tercatat melakukan kesalahan ataupun melanggar peraturan perusahaan.

Jabatan terakhir saudari Aida sebagai kepala gudang. Demikian surat ini kami terbitkan sebagai informasi bagi pihak lain agar digunakan sebagaimana mestinya.

Hormat kami,

Jakarta, 06 September 2019

(Tanda tangan)

Raditya Dimas

Direktur Utama PT. Mobile Indonesia

 

2. Contoh Surat rekomendasi Beasiswa

Contoh surat rekomendasi ini biasanya digunakan untuk pengajuan beasiswa untuk murid atau guru di sebuah lembaga pendidikan.

 

KOP SURAT

SURAT REKOMENDASI BEASISWA

Nomor: 123/SMAIAI-SR/03/2021

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Lilik Hidayati, S.Psi

NIP : 1234567891011

Jabatan : Kepala SMA Islam Al Ikhlas

Alamat : Jalan Raya Langsep 21A Bareng Malang

 

Dengan ini memberi rekomendasi pada:

Nama : Yeny Galih

Kelas : XI B

Nama Orang Tua : Galih Ginanjar

Pekerjaan Orang Tua : Buruh pabrik

Alamat : Jalan Selat Malaka 10 Sawojajar Malang

 

Untuk mendapatkan beasiswa prestasi di Universitas Persada Malang. Hal ini berdasarkan evaluasi belajar siswa selama bersekolah di SMA Islam Al Ikhlas dan berbagai prestasi akademik ataupun nonakademik yang telah diterima ananda Yeny.

Demikian surat rekomendasi ini dibuat, semoga bisa digunakan sebaik-baiknya.

 

Malang, 10 Maret 2021

Kepala SMA Islam Al Ikhlas

(tanda tangan)

Lilik Hidayati, M.Psi

(NIP)

Begitulah contoh surat rekomendasi yang bisa kamu jadikan patokan untuk membuatnya. Semoga bermanfaat!