Berbuat Salah Sama Si Dia? Berikut Cara Meminta Maaf kepada Pacar yang Tulus dan Benar

Senin, 13 Desember 2021 | 10:30:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Berbuat Salah Sama Si Dia? Berikut Cara Meminta Maaf Kepada Pacar Yang Tulus Dan Benar

Ilustrasi meminta maaf pada pacar. (Spesial)

Ladiestory.id - Manusia memang tak luput dari berbuat salah. Baik itu bebuat salah ke teman, orang tua, saudara, atau bahkan ke pacar sendiri. Jika Kamu melakukan kesalahan yang menyakiti hati orang lain seperti pacar misalnya, maka sudah seharusnya Kamu harus meminta maaf. Minta maaflah dengan tulus agar hubunganmu dan si dia bisa berjalan kembali dengan baik.

Cara Meminta Maaf kepada Pacar yang Tulus dan Benar

Memang untuk meminta maaf terkadang tidak semudah itu untuk mengucapkannya. Apalagi ketika sedang bertengkar atau berbuat salah dengan pacar. Namun jika Kamu ingin hubunganmu kembai baik dengan si dia, sebaiknya kesampingkan egomu terlebih dahulu. Karena biasanya ego yang terlalu tinggi bisa membuatmu semakin jauh dari si dia.

Saat meminta maaf, Kamu harus melakukannya dengan tulus dan benar. Sehingga pasanganmu bisa luluh dan bersedia memaafkanmu. Untuk cara meminta maaf kepada pacar yang tulus dan benar, berikut ini tips yang bisa Kamu lakukan.

1. Beri Waktu Kepada Pacar agar Emosinya Reda Terlebih Dahulu

Sebelum meminta maaf, tidak ada salahnya jika Kamu menunggu hingga emosi pacarmu reda. Karena percuma juga meminta maaf ketika emosinya sedang menggebu-gebu. Kamu bisa cari waktu yang tepat dan ajukan permintaan maafmu saat emosinya sudah stabil.

2. Gunakan Nada Bicara yang Lembut

Ilustrasi meminta maaf pada pacar. (Spesial)

Saat meminta maaf, perhatikan nada bicara yang Kamu gunakan. Jangan sampai berbucara dengan nada tinggi yang justru semakin memperburuk suasana. Minta maaflah dengan nada bicara yang lembut agar si dia bisa luluh dan menerima maafmu.

3. Akui Kesalahanmu Kepada Pacar

Saat minta maaf, akui juga kesalahan yang telah Kamu perbuat. Dengan melakukan hal ini, menunjukkan bahwa Kamu menghargai hubungan yang sudah dijalani dan tidak menuruti ego sendiri.

4. Lakukan Tulus dari Hati

Permintaan maaf yang dilakukan secara tulus dari hati pasti akan bisa sampai maksudnya ke orang lain. Begitu juga ketika Kamu meminta maaf kepada pacar.

5. Sampaikan Permintaan Maaf Langsung ke Akar Masalahnya

Ilustrasi meminta maaf pada pacar. (Spesial)

Jika si dia marah karena sesuatu seperti Kamu lupa memberi kabar, membatalkan janji kencan, dll, maka sebaiknya saat minta maaf lakukan dengan benar dan langsung ke akar masalahnya. Karena bisa saja untuk si dia marah bukan hanya sekadar untuk persoalan itu saja.

Bisa saja si dia marah karena merasa Kamu sudah tidak menghargai hubungan lagi dengan terus melakukan kesalahan yang sama setiap waktu. Jika Kamu tidak tahu apa kesalahanmu, sebaiknya jangan ragu untuk menanyakannya baik-baik. Terlebih jika setelah minta maaf, sikapnya masih kurang bersahabat padamu.

6. Jangan Mencari Pembenaran Diri Sendiri dengan Menyalahkan Situasi atau Orang Lain

Jangan pernah menjadikan kesalahan sebagai pembenaran diri saat meminta maaf ke pacar. Karena ini menandakan jika Kamu memang tidak tulus dan tidak bertanggung jawab.

7. Tunjukkan Rasa Penyesalan

Cara meminta maaf kepada pacar yang benar juga perlu dengan disertai rasa penyesalan. Sampaikan jika Kamu menyesal sudah melukai hati pasanganmu agar dia luluh dan tergerak hatinya untuk memaafkanmu.

8. Yakinkan Dia Bahwa Kamu Akan Berubah

Terkadang minta maaf saja tidak cukup. Sehingga Kamu juga perlu menerangkan ke si dia bahwa Kamu akan mencoba berubah dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Jangan sampai dia beranggapan jika percuma saja Kamu minta maaf, namun selalu melakukan kesalahan yang sama berulang kali.

9. Jika Perlu, Minta Maaf Berulang Kali

Jika setelah melakukan berbagai cara tadi Kamu juga belum dimaafkan oleh pacar, maka bisa jadi kesalahan Kamu memang sudah sangat fatal. Namun jangan patah semangat ya. Kamu bisa coba minta maaf lagi dan lagi, sampai akhirnya si dia luluh.

10. Katakan Jika Kamu Masih Mencintainya

Dengan Kamu sering berbuat salah, bisa jadi pacar Kamu meragukan rasa cintamu selama ini. Maka dari itu, saat meminta maaf katakan jika Kamu masih mencintainya dan tidak ingin hubungan renggang.