5 Cara Mencari Tempat Magang dan PKL Mudah

Minggu, 5 Desember 2021 | 16:00:00

Nur Faizah

Penulis : Nur Faizah

5 Cara Mencari Tempat Magang Dan Pkl Mudah

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Ternyata cara mencari tempat magang dan pkl itu sangat mudah, lho. Kamu hanya perlu pintar mencari informasi dan selalu update. Pkl dan magang merupakan kegiatan yang harus diikuti oleh anak SMK maupun kuliah. Dalam kegiatan ini Kamu akan full melakukan praktek tanpa teori sama sekali.

Di sini kamu bertugas mengimplementasikan apa yang sudah kamu pelajari di dalam kelas. Sayangnya, banyak siswa atau mahasiswa yang menganggap remeh kegiatan ini, padahal hal ini sangat bermanfaat sebelum kamu terjun pada dunia kerja.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu memanfaatkan kegiatan penting ini untuk mendapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya. Agar tidak berlama-lama lagi. Yuk, kita bahas cara mendapatkan tempat magang dan PKL yang ideal.

Cara Mencari Tempat Magang bagi Mahasiswa

Nah, bagi kamu yang akan mencari tempat magang berikut cara-caranya, yaitu:

1. Carilah tempat magang yang sesuai

Foto: Ladiestory.id

Meskipun hanya program magang, ada baiknya kamu tak boleh menyepelekan dalam memilih tempat magang. Ada baiknya jika kamu mencari tempat magang yang sesuai passion kamu. Misalnya kamu suka menganalisis masalah dan kebetulan kuliah jurusan hukum, maka kamu boleh mendaftar magang di pengadilan.

Bagi kamu yang masih SMK, kamu juga bisa mengikuti passionmu. Jika kamu gemar menulis dan kebetulan jurusan jurnalistik. Maka kamu bisa mendaftar PKL atau magang di perusahaan media.

Hal ini sangat penting sebagai pengalam kamu sebelum terjun ke dunia kerja, jadi nanti kamu tidak akan kaget dengan sistem lingkup tujuan kerja.

2. Pertimbangkan waktummu

Pertimbangkan waktu dan durasi kamu sanggup bekerja di tempat magang. Usahakanlah mencari kesempatan magang yang bisa disesuaikan jadwal kuliah. Selain itu, penting bagi kamu untuk mengetahui jangka waktu magang kamu agar kamu bisa mengira-ngira kegiatan selanjutnya.

Nah, itu tadi buat anak kuliah. Namun, untuk anak SMK biasanya tidak harus meluangkan waktu karena sekolah sudah menyediakan waktu tersendiri untuk magang atau PKL.

3. Pertimbangkan lokasi

Cara mencari tempat magang atau PKL selanjutnya adalah mempertimbangkan lokasi. Usahakan kamu mencari tempat yang dekat dengan tempat tinggal atau dari segi transportasi. Tapi sah-sah saja jika kamu ingin mecari tempat yang jauh untuk menambah pengalaman. Namun, nanti kamu akan merasa kesulitan jika ada keperluan ke rumah atau kampus secara mendadak.

4. Jangan mudah percaya pada lowongan kerja

Foto: Ladiestory.id

Pastikan perusahaan yang kamu lamar itu benar-benar terpercaya dan terjamin. Jangan mudah tertipu lowongan pekerjaan bodong yang beredar di internet atau media sosial. kamu bisa mencari informasi ini lewat kakak kelas atau pihak pengembang karier kampus.

Apalagi jika saat mendaftar sudah meminta data lengkap kamu seperti scan KTP, No. rekening, NPWP dan yang lainnya. kamu harus mewaspadai hal ini. Menurut situs resmi kemnaker, biasanya data tersebut diminta saat sudah resmi diterima oleh perusahaan terkait.

5. Pilihlah perusahaan yang memiliki peluang di masa depan

Pada era industri ini, kamu setidaknya memilih perusahaan dengan dunia teknologi agar tak ketinggalan. Hal ini juga bisa membantumu mendapatkan pengetahuan baru tentang teknologi dan dunia digital. Namun, selepas semua itu kamu harus berkonsultasi pada guru atau dosenmu.

Demikianlah cara mencari tempat magang dan PKL yang bisa kamu jadikan acuan. Semoga bermanfaat!