5 Cara Mengaktifkan Fermipan dengan Mudah Agar Adonan Kue Mengembang Sempurna

Rabu, 13 Oktober 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Cara Mengaktifkan Fermipan dengan Mudah Agar Adonan Kue Mengembang Sempurna

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Fermipan (ragi) adalah suatu zat yang bisa menyebabkan fermentasi. Nah biasanya fermipan mengandung mikroorganisme yang dapat melakukan fermentasi dan media perkembangbiakan bagi mikroorganisme itu.

Fermipan ini digunakan sebagai salah satu bahan penting untuk membuat adonan kue, supaya nantinya kue bisa mengembang sempurna. Biasanya fermipan digunakan untuk pembuatan donat dan roti, kita bisa menggunakan fermipan kering yang sudah aktif untuk dicampurkan ke bahan adonan roti atau donat.

Sebelum digunakan kamu harus lebih dulu mengaktifkan fermipannya. Namun terkadang kita belum benar-benar paham bagaimana cara mengaktifkan fermipan kering yang benar, sehingga fermipan yang digunakan menjadi tidak berguna.

Tips Mengaktifkan Fermipan

Nah, karena caranya yang tidak terlalu sulit dan sederhana. Berikut lima langkah dan tips paling penting yang perlu kita ikuti untuk mengaktifkan fermipan.

1. Usahakan Gunakan Air Hangat Suam-suam Kuku

foto: ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Nah untuk takaran fermipan sendiri yang perlu digunakan bisa kamu sesuaikan dengan resep yang akan kita pakai nantinya. Pertama-tama kita perlu siapkan bahan fermipan untuk mengaktifkan fermipan tersebut yaitu dengan menyiapkan air hangat suam-suam kuku.

Air hangat yang digunakan ini bersuhu sekitar 37°C hingga 43°C. Usakan air yang digunakan tidak terlalu dingin,  karena jika sudah dingin maka fermipan tidak bisa aktif lagi.

Sedangkan kalau airnya bersuhu terlalu panas, nantinya fermipan bisa mati. Usahakan sesuai dengan aturan ya! Supaya fermipannya tetap bisa digunakan.

2. Melarutkan Gula dalam Air Hangat

foto: share-pangaweruh
Foto: share-pangaweruh

Kedua ada dengan menambahkan sejumput gula atau dua sendok makan gula untuk dilarutkan dalam air hangat. Ini merupakan cara kedua dalam mengaktifkan ragu. Untuk takarannya tergantung resep roti yang dibuat.

Tetapi kamu bisa gunakan sekitar ⅛ sendok teh atau jika ingin lebih terasa manis, bisa tambahkan gula sekitar ¼ sampai satu sendok teh.

Nah, penambahan gula ini bertujuan supaya fermipan instan bisa bekerja lebih optimal, alhasil bisa membuat roti mengembang sempurna. Fungsi dari gula sendiri bukan sekadar membuat fermipan terasa manis, tetapi kegunaan gula yang lain dapat memberi nutrisi untuk fermipan supaya bisa membuat bakteri dalam fermipan termetabolisme dengan baik.

Biasanya caranya ini digunakan untuk mengecek apa fermipan sudah aktif. Pada umumnya jika fermipan sudah aktif maka akan bergelembung jika diberi tambahan gula.

3. Saat Fermipan Dilarutkan, Jangan Lupa Aduk dengan Kencang

foto: galerimedika
Foto: galerimedika

Cara ketiga ada dengan melarutkan fermipan sambil diaduk dengan kencang. Nah setelah larutan air hangat dan gula sudah siap, tuangkan fermipan kering. Aduk dengan cepat sampai fermipan benar-benar larut dan tidak bergerindil lagi.

Tak lupa kamu pastikan apa ada lagi fermipan yang masih dalam bentuk butiran kasar. Jika masih ada aduk lagi sampai benar-benar halus. Nah, gampangkan untuk penerapan cara ketiga ini?

4. Menutup Mangkuk dengan Kain Lap

foto: sustaination
Foto: sustaination

Kemudian jika ingin fermipan lebih cepat aktif kamu bisa letakkan dalam keadaan gelap. Maka dari itu, setelah fermipan dilarutkan kamu menutup mangkuk dengan kain lap.

Cara mengaktifkan fermipannya kamu bisa dengan cara mendiamkannya di dalam ruangan dengan keadaan gelap. Hingga muncul gelembung dan buih, jikalau pada permukaan air maka itu tandanya fermipan sudah aktif. Fermipan bisa langsung digunakan untuk pembuatan adonan kue.

5. Diamkan Selama 10 Menit di Tempat Gelap

foto: paradacreative
Foto: paradacreative

Nah cara yang terakhir dengan mendiamkan fermipan di dalam tempat yang gelap selama kurang lebih 10 menit. Kamu bisa mendiamkan fermipan selama 10 menit sampai nanti berbuih atau berbusa.

Selama waktu ini, fermipan akan memakan gula dan mulai berfermentasi untuk membentuk karbon dioksida. Kamu bisa dengan menutup gelas atau wadah supaya nantinya larutan fermipan bisa memhkai  proses fermentasinya lebih cepat.

Setelah adonannya berbusa, fermipan siap untuk digunakan dan dicampur dengan bahan roti lainnya. Namun, jika fermipan tidak berbuih, maka jangan digunakan untuk campuran adonan roti dulu, ya. Ini merupakan sebuah tanda bahwa fermipan sudah tidak aktif atau mati, jadi sebaiknya gunakan fermipan kering lainnya, ya!

Usahakan kamu bisa mengikuti cara diatas, ya? Supaya nantinya fermipan yang kamu gunakan bisa digunakan dengan baik. Semoga informasi yang ada di atas bisa memudahkanmu membuat adonan kue mengembang sempurna. Selamat mencoba dan semoga berhasil!