5 Cara Mengembalikan Rambut Rusak Akibat Smoothing

Minggu, 7 November 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

5 Cara Mengembalikan Rambut Rusak Akibat Smoothing

Foto: Matrixprofesional

Ladiestory.id - Rambut adalah mahkota bagi wanita, sehingga tak heran jika banyak yang memperhatikan rambut dan melaukan perubahan gaya rambut, sebab rambut sebagai penunjang utama penampilan seorang wanita.

Nah beberapa orang merasa tidak cocok dengan gaya rambut asli mereka. Sehingga tak jarang para wanita mengubah gaya rambut dengan meluruskannya agar memberikan penampilan yang berbeda.

Salah satu gaya merubah rambut yang dilakukan oleh wanita adalah smooting. Smoothing merupakan teknik pelurusan rambut yang sudah terkenal sejak tahun 2000-an. Proses ini menggunakan bahan kimia serta alat pemasan dan alat catokan. 

Meski umumnya tidak bersifat permanen, keputusan untuk melakukan smoothing rambut tetap harus dipertimbangkan dengan matang.

Anda harus melakukan perawatan yang ekstra untuk rambut yang sudah terkena bahan kimia seperti proses smoothing. Namun biasanya, smoothing akan memberikan efek samping bagi rambut.

Cara Mengembalikan Rambut Rusak Akibat Smoothing

Tak jarang rambut rusak akibat smoothing. Biasanya kondisi rambut akan menjadi kering dan ujung rambut yang bercabang. Apabila Anda sudah terlanjut smoothing dan mengalami rambut rusak, jangan khawatir. Sebab di bawah ini akan ada beberapa cara mengembalikan rambut rusak akibat smoothing.

1. Gunakan Sampo Keratin

mengembalikan rambut rusak
Foto; Ladiestory.id

Cara mengembalikan rambut rusak akibat smoothing adalah keramas menggunakan sampo yang mengandung keratin. Hal ini merupakan cara yang pertama dan simpel untuk dilakukan. Namun perlu diingat, bahwa rambut rusak akibat smoothing atau rebonding memerlukan sampo khusus seperti ini.

Sebab, jika menggunakan sampo keratin secara rutin, akan membantu mengatasi rambut rusak Anda. Biasanya sampo keratin bermanfaat untuk membuat rambut mudah diatur, berkilau, dan tampak lebih lurus.

Untuk Anda yang memiliki rambut rusak akibat smoothing dilarang untuk sering keramas. Sebab kandungan surfactant dalam shampoo juga bisa menghilangkan kelembapan alami rambut.

2. Gunakan Conditioner Keratin

memperbaiki rambut rusak
Foto: Ladiestory.id

Biasanya rambut rusak akibat smoothing memiliki kondisi rambut yang kering dan kusam. Oleh sebab itu, Anda juga perlu menggunakan conditioner keratin sebagai cara cara mengembalikan rambut rusak akibat smoothing.

Conditioner yang memiliki kandungan keratin mampu mengembalikan fleksibilitas rambut. Sehinga rambut rusak tidak akan mudah patah lagi. Selain itu, menggunakan conditioner seusai keramas dapat membuat rambut lembab dan berkilau.

3. Rutin Hair Repair Treatment dan Creambath

memperbaiki rambut rusak
Foto: honestdocs

Rupanya menggunakan sampo dan conditioner tidak cukup menjadi cara mengembalikan rambut rusak akibat smoothing. Agar rambut kembali menjadi sehat, Anda pelru melakukan perawatan seperti creambath.

Tidak perlu ke salon untuk melakukan hair treatment. Anda hanya perlu menggunakan produk hair treatment yang mengandung keratin juga, sebab kandungan ini dapat mampu melindungi dan memperkuat rambut. Anda bisa melakukannya 2 kali dalam seminggu agar rambut cepat pulih.

4. Memotong Ujung Rambut

memotong rambut rusak
Foto: Metropolitan Indonesia

Rambut jadi kering dan bercabang merupakan efek dari smoothing yang sering terjadi oleh para wanita. Hal ini diakibatkan bahan kimia yang digunakan untuk meluruskan rambut dalam proses smoothing tersebut.

Oleh sebab itu, Anda harus rajin memotong ujung rambut untuk mencegah timbulnya rambut bercabang. Hal ini juga dilakukan untuk membuat rambut terlihat lebih sehat.

Namun, kegiatan ini juga harus dibarengi dengan penggunaan sampo dan vitamin secara teratur. Agar rambut yang tumbuh baru nantinya adalah rambut yang sehat dan tidak lagi pecah-pecah pada ujungnya.

5. Menyisir Rambut dengan Sisir Bergigi Jarang

memperbaiki rambut rusak
Foto: Pantene

Terakhir, cara mengembalikan rambut rusak akibat smoothing yakni menggunakan sisir bergigi jarang ketika menyisir rambut. Cara ini harus menjadi sahabat rambut yang baru di smoothing atau rambut rusak akibat smoothing.

Sisir jenis ini dapat membantu mengurai kekusutan rambut sehingga rambut tidak makin patah-patah dan rontok. Jika rambut Anda sangat kusut, sisirlah menggunakan jari terlebih dahulu dengan sabar dan pelan, agar rambut kamu tidak makin bermasalah.

Pastikan juga sisir kamu terbuat dari kayu, bukan plastik atau karet. Hal ini karena kedua bahan tersebut dapat menciptakan listrik statis saat Anda menyisir rambut dan membuat rambut kusam atau semakin kusut.

Inilah 5 cara mengembalikan rambut rusak akibat smoothing. Anda bisa melakukannya dengan rutin agar rambut rusak kembali menjadi sehat, sebab, kelima cara tersebut tidaklah susah. Namun, memang butuh ketelatenan dan konsisten dalam melakukannya.