7 Cara Mengencangkan Kulit Wajah secara Alami

Minggu, 5 Desember 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

7 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Foto: soompi

Ladiestory.id - Seiring bertambahnya usia, biasanya kulit wajah tidak lagi kencang dan muncul tanda penuaan seperti garis halus, keriput dan mengendur. Karena itulah tak jarang wanita mencari banyak cara untuk kembali mengencangkan kulit wajah. 

Untuk mengencangkan kembali kulit wajah bisa dengan cara alami. Simak caranya di bawah ini.

Cara Mengencangkan Kulit Wajah

Bagi kamu yang ingin mengencangkan kembali kulit wajah yang keriput dan mengendur, berikut caranya. 

1. Gunakan Tabir Surya

Foto: Ladiestory.id

Tabir surya dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung, karena mengandung SPF. Sebanyak 30 persen tabir surya dapat mencegah terjadinya kanker kulit.

Tabir surya juga ampuh menunda dan mengatasi masalah penuaan dini atau wajah keriput. Gunakan tabir surya pada wajah setiap hari agar kulit tetap kencang.

2. Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan emolien alami yang dapat mengisi celah pada epidermis kulit, sehingga membuat kulit wajah halus. Tak hanya menjadikan kulit halus, namun juga membantu menjaga kelembapan kulit, dan membuat kulit wajah lebih cerah. Dan mampu untuk mengencangkan kulit wajah.

3. Konsumsi Teh Daun Lemon 

Cara mengencangkan kulit wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan teh daun lemon. Sebuah penelitian mengatakan sampel kecil seseorang yang konsumsi teh daun lemon dan teh daun barley. 

Dengan hasil yang konsumsi teh ekstrak daun lemon kulitnya lebih elastis dan dapat memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

4. Cuci Wajah dengan Rutin

Foto: Ladiestory.id

Cucilah wajah kamu dengan rutin sebelum tidur, agar tak ada sisa make up yang tertinggal di wajah. Jangan menggosok wajah dengan keras dan kasar. Gunakan lap yang diberi air untuk membersihkan wajah kamu dan lanjutkan dengan air dingin yang disiramkan ke kulit wajah.

5. Jauhkan dari Sinar Ultraviolet

Penyebab utama kulit kehilangan kekencangannya dan menjadi keriput adalah sinar ultraviolet, karena itu kamu perlu menghindarinya, namun bukan berarti menghindari sepenuhnya. Kamu dapat mengenakan topi atau payung bila berada di luar rumah/ruangan, untuk mengurangi paparannya.

Kulit wajah keriput juga dapat disebabkan karena stres oksidatif, yang itu artinya kulit juga bisa rusak menjalani rutinitas terus menerus setiap hari. Antioksidan dapat mengurangi kerusakan kulit akibat dari stres oksidatif terhadap sel-sel tubuh.

Walaupun kamu menggunakan tabir surya atau krim anti keriput, menambah asupan antioksidan juga penting untuk kulit. 

Kamu bisa konsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan seperti kacang merah, kangkung, anggur, bayam, dan blueberry yang dapat menjaga kulit tetap sehat dari dalam. Sekaligus dapat mengurangi keriput sebagai tanda tanda penuaan dini, sehingga kulit kencang kembali.

6. Konsumsi Beta Karoten

Retinol dan beta karoten (vitamin A) sering digunakan sebagai bahan utama dalam produk-produk krim anti aging yang gunanya untuk mengencangkan kulit wajah. Namun kamu tidak harus membeli produk untuk mendapatkan beta karoten, cukup mengonsumsi suplemen beta karoten yang terdapat pada wortel.

7. Gunakan Masker dari Bahan Alami

Foto: Ladiestory.id

Cara lainnya untuk mengencangkan wajah bisa gunakan masker yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti campuran jus jeruk, pisang dan yogurt, campuran madu, putih telur dan air lemon, campuran yoghurt dan mentimun. Semua bahan-bahan tersebut mengandung antioksidan yang dapat mengencangkan kulit wajah.

Selain melakukan cara di atas, sebaiknya kamu juga menerapkan gaya hidup sehat, seperti konsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga.