Tetap Sehat, 7 Cara Keringkan Rambut Tanpa Hair Dryer

Senin, 10 Januari 2022 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Tetap Sehat, 7 Cara Keringkan Rambut Tanpa Hair Dryer

Ilustrasi perempuan mengeringkan rambut. (Special)

Ladiestory.id - Mengeringkan rambut kelihatannya merupakan hal yang sepele. Namun, jika dilakukan secara sembarangan nyatanya dapat merusak keindahan rambutmu.

Saat terburu-buru, Kamu pun menggosok rambut dengan kasar atau menggunakan hair dryer dengan panas maksimal. Padahal hal itu dapat menjadikan rambut kering, patah, dan kehilangan kilaunya. Sebagai informasi, pengeringan rambut yang sempurna tidak hanya dikeringkan pada bagian atas, tapi juga bagian bawah.

Walaupun Kamu diburu waktu, terdapat beberapa cara yang dapat Kamu lakukan untuk membuat rambutmu cepat kering tanpa hair dryer.

1. Gunakan Kondisioner dan Sisir

Ilustrasi perempuan mengeringkan rambut. (Special)

Mungkin Kamu belum tahu jika kondisioner tak hanya berguna untuk menghaluskan rambut. Kondisioner pun bisa menjadikan rambutmu lebih cepat kering. Produk perawatan ini akan melapisi setiap helai rambutmu dengan silicone, menguncinya, dan membuang air pada prosesnya. Pakai sisir bergigi jarang saat mengaplikasikan kondisioner supaya pemakaiannya rata.

2. Gunakan Kain Pengering yang Tepat

Ilustrasi perempuan mengeringkan rambut. (Special)

Kain pengering rambut yang dikenakan kerap kali berupa handuk. Pilihlah kain handuk yang lembut, atau bahkan kain kaus. Kain jenis ini tak akan menyakiti lapisan rambut sehingga menjadikan rambut tetap indah usai dikeringkan.

3. Coba Plopping

Ilustrasi hair plopping. (Special)

Bagi Kamu yang berambut keriting, teknik plopping membantu rambutmu lebih cepat kering. Teknik ini pun dapat menjaga bentuk alami rambutmu.

Untuk melakukanya, kenakan leave-in conditioner atau styling cream pada rambut basahmu. Lalu, ambil kaus katun untuk membungkus rambutmu. Biarkan selama 10-20 menit. Jika sudah, buka kaus dan biarkan kering dengan sendirinya.

4. Tepuk Rambut

Ilustrasi mengeringkan rambut. (Special)

Mayoritas orang mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya. Gesekan antara rambut dan tekstur kain, memicu panas yang bisa berakibat buruk bagi lapisan rambut. Walau cenderung lebih cepat kering, tapi cara ini bisa membuat rambut kusam. Untuk itu, sebaiknya tepuk rambut dengan handuk saat mengeringkannya.

5. Pilih Produk yang Tepat

Ilustrasi memilih produk perawatan rambut yang tepat. (Special)

Sekarang ini banyak produk yang dapat membantu rambut supaya lebih cepat kering. Salah satunya quick dry lotion yang bantu mempercepat proses pengeringan rambutmu sekaligus melindunginya dari panas. Atau jika Kamu terburu-buru, Kamu dapat mengenakan foaming mousse pada rambut basah sebelum mengeringkannya. Hal itu dapat mempercepat pengeringan dan juga memberikan tekstur yang lebih baik.

6. Sisir dengan Jari Saat Rambut Dikeringkan

Ilustrasi perempuan menyisir dengan jari. (Special)

Hindari pemakaian sisir pada waktu rambut basah atau setengah kering. Lebih baik, sesekali gunakan jarimu untuk menyisir rambut. Ini disebabkan karena rambut cenderung lebih rapuh dan mudah rontok saat belum kering. 

7, Aplikasikan Krim atau Serum Rambut

Ilustrasi perempuan mengapliksikan serum rambut. (Special)

Salah satu perawatan terbaik saat keadaan rambut setengah kering yaitu dengan menggunakan leave on essence atau serum. Kamu juga dapat mengunakan tonik rambut. Ini berguna menguatkan dan menyehatkan rambut sampai ke akar.