Sering Terjadi di Indonesia, Ini Cara Menghadapi Catcalling Bagi Remaja

Kamis, 9 Desember 2021 | 00:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Sering Terjadi Di Indonesia, Ini Cara Menghadapi Catcalling Bagi Remaja

Ilustrasi catcalling (spesial)

Ladiestory.id - Catcalling adalah salah satu bentuk dari street harrasment (pelecehan seksual yang terjadi di jalanan).

Catcalling bisa kita temui dalam  kehidupan sehari-hari, seperti ketika ada seorang atau gerombolan laki-laki yang menggoda, bersiul, atau meneriaki perempuan tidak dikenal yang berjalan di tempat umum.

Tindakan ini bukan saja masuk kategori tidak sopan, namun juga termasuk tindakan pelecehan seksual secara verbal.

Cara Menghadapi Catcalling Bagi Remaja

Ilustrasi catcalling (spesial)

Di Indonesia, catcalling menjadi sesuatu yang kerap terjadi dan tak jarang dianggap sebagai sesuatu yang lumrah atau sudah biasa. Sebagian besar pelaku seringnya mengganggap jika tindakan mereka ini hanya sebagai bercandaan atau iseng saja.

Padahal hal ini cukup membuat kesal karena merendahkan harga diri seseorang.

Catcalling biasanya dialami oleh kaum hawa, khususnya untuk remaja perempuan. Sehingga jika kamu saat ini berada di usia remaja, sebaiknya lebih berhati-hati.

Jika kamu kerap mendapatkan tindakan catcalling, seperti “Hai cewek...”, “Cantik, mau kemana nih?”, “Sendirian aja neng, mau abang temenin ngga?”, dan tindakan catcalling lainnya seperti siulan, kedipan mata, dll, sebaiknya kamu waspada.

Agar kamu tidak mendapat tindakan yang semena-mena dari pelaku catcalling, sebaiknya lakukan cara berikut.

Ilustrasi catcalling (spesial)

1. Lakukan Kontak Mata

Tidak ada salahnya jika kamu berani menatap balik orang-orang yang melakukan tindakan  catcalling terhadapmu. Berikan tatapan tegas dan tajam secara tiba-tiba agar mereka langsung menciut nyalinya. Dengan cara ini juga bisa menjadi tanda jika kamu tidak suka dengan perbuatan yang mereka lakukan.

2. Hindari Mengucapkan Umpatan

Wajar jika kamu merasa kesal saat digoda secara terang-terangan di tempat umum. Apalagi jika kamu masih remaja, pasti sangat mudah untuk tersulut emosi.

Namun sebaiknya tahan amarahmu dan jangan langsung mengucapkan kalimat negatif berupa umpatan. Karena ada dua kemungkinan yang bisa terjadi.

Yaitu pelaku merasa kesal kepada kita dan berisiko melakukan tindakan yang lebih buruk. Atau bisa juga mereka justru akan merasa senang karena bisa memancing emosimu.

3. Berikan Jawaban Tegas

Tindakan catcalling adalah sesuatu yang tidak bisa dibenarkan. Maka jika memungkinkan, kamu bisa menegurnya. Jawab dengan kalimat tegas dan lantang untuk setiap ucapan menggoda mereka.

Kamu bisa mengucapkan “Pergi! Apa yang kamu lakukan itu tidak sopan”, atau bisa juga “Tidak, terima kasih” untuk menolak kalimat ajakan mereka yang menjurus ke arah menggoda.

4. Jangan Hiraukan dan Terus Berjalan

Menanggapi tindakan yang mereka lakukan, justru akan membuat pelaku merasa senang. Daripada demikian, akan lebih baik jika Anda tidak usah menghiraukannya saja. Segera pergi dari tempat berbahaya tersebut karena kita tidak tahu perbuatan apa lagi yang bisa mereka lakukan kepadamu.

5. Pura-Pura Menelepon

Sebelum melewati gerombolan orang asing yang mungkin berpotensi kamu mendapatkan perlakuan catcalling, sebaiknya pura-pura menyibukkan diri dengan handphone kamu, seperti dengan pura-pura menelepon. Jika situasinya cukup menakutkan, kamu bisa menelepon keluarga atau polisi.

Ilustrasi catcalling (spesial)

6. Berjalan dengan Percaya Diri

Lakukan gestur atau tindakan percaya diri saat berada di tempat umum agar tidak mudah mendapatkan perlakuan catcalling. Cara ini terbilang sangat jitu karena umumnya pelaku akan berpikir ulang untuk menggoda mereka yang terlihat percaya diri.

7. Hindari Gerombolan Laki-Laki di Pinggir Jalan

Biasanya catcalling dilakukan oleh segerombolan laki-laki saat ada seorang perempuan yang lewat di depannya. Maka dari itu, agar kamu tidak mendapatkan perlakuan catcalling, hindari saja jalan yang terdapat banyak gerombolan laki-laki tersebut dan ambil rute jalan lain.

8. Tidak Menggunakan Sesuatu yang Mencolok

Ada maksud kenapa tidak disarankan menggunakan benda atau perhiasan yang mencolok saat berada di area publik. Selain bisa mengundang perhatian para pelaku catcalling, juga bisa berujung pada perampokan.

Itu tadi sedikit tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi catcalling bagi remaja. Catcalling bukan sesuatu yang berupa bercandaan saja, karena termasuk perbuatan pelecehan seksual. Sehingga pastikan kamu waspada dan hati-hati ya, Ladies !.