7 Cara Menghemat Energi dalam Kehidupan Sehari-hari

Selasa, 21 September 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

7 Cara Menghemat Energi dalam Kehidupan Sehari-hari

Foto: Ladiestory.id

Hampir semua aktivitas yang kita lakukan sehari-hari menggunakan energi listrik. Padahal penggunaan energi listrik yang berlebihan dapat merusak lingkungan serta  membuat penggunaan sumber daya listrik jadi terbuang sia-sia.

Oleh sebab itu, kita perlu menghemat energi dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Menghemat energi juga bisa menghemat biaya bulanan, lo. Tapi bagaimana caranya? Simak cara menghemat energi di bawah ini.

Cara Menghemat Energi dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut cara menghemat energi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Matikan Lampu Bila Tidak Terpakai

Foto: Ladiestory.id

Mungkin tanpa kita sadari sering membiarkan lampu menyala padahal ruangan tersebut sedang tidak terpakai. Tahukah Anda hal ini justru membuat energi listrik terbuang sia-sia. Nah, mulai sekarang matikan lampu ruangan bila kita tidak berada pada ruangan tersebut.  

2. Gunakan Kulkas dengan Freon yang Ramah Lingkungan

Saat ini telah banyak peralatan elektronik yang memanfaatkan teknologi ramah lingkungan dalam pengoperasiannya. Anda bisa pilih kulkas yang menggunakan freon ramah lingkungan supaya penggunaannya lebih hemat energi tentunya. Tenang, harga barang yang ramah lingkungan juga cukup terjangkau dan sudah banyak macamnya di pasaran, kok.

3. Menggunakan Air Secukupnya

Foto: Ladiestory.id

Berlama-lama dikamar mandi akan membuat air yang terbuang lebih banyak. Nah, hal ini juga akan menghabiskan lebih banyak energi listrik, lo. Sadarkah Anda energi listrik yang digunakan akan terbuang tanpa digunakan. Untuk menghematnya, sebaiknya cukup mandi dengan bersih tanpa perlu berlama-lama dikamar mandi dan  membiarkan air mengalir tanpa digunakan.

4. Memanfaatkan Cahaya Alami

Perlu diingat bahwa sumber pencahayaan bukan hanya lampu, lo. Pada siang hari Anda bisa memanfaatkan cahaya matahari untuk menerangi ruangan, tentu saja Anda harus memiliki ruangan dengan jendela yang cukup lebar, agar cahaya bisa masuk dalam rumah Anda.

Pencahayaan alami dari sinar matahari juga cantik untuk membuat tampilan objek foto, lo. 

5. Mengeringkan Pakaian Di bawah Sinar Matahari

Foto: Ladiestory.id

Mengeringkan pakaian dengan pengering pakaian akan menggunakan daya listrik yang lumayan besar, lo. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengeringkan pakaian menggunakan sinar matahari langsung. Selain lebih hemat energi, pakaian juga tidak akan cepat melar.

6. Menggunakan Transportasi Umum

Cara menghemat energi selanjutnya adalah dengan menggunakan transportasi umum. Bila puluhan orang lebih memilih menggunakan transportasi umum dibanding menggunakan kendaraan pribadi, maka penggunaan puluhan energi untuk kendaraan pun dapat lebih dihemat.

Selain itu juga bisa mengurangi polusi limbah kendaraan yang berbahaya bagi lingkungan.

7. Atur Timer Pada Pendingin Ruangan 

Foto: Ladiestory.id

Cara menghemat energi berikutnya adalah dengan memilih pendingin ruangan yang ramah lingkungan dan mengatur timer pada pendingin ruangan agar padam saat tengah malam saat suhu udara sudah mulai lebih sejuk. Jadi, Anda cukup menggunakan pendingin ruangan bila dibutuhkan saja, ya.

Itulah 7 cara menghemat energi yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ingat ya, hemat energi juga bisa menghemat biaya listrik bulanan Anda, lo.