5 Cara Menghilangkan Komedo secara Alami, Pasti Ampuh

Kamis, 25 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Pasti Ampuh

Foto: tentangtahun

Ladiestory.id - Komedo adalah gumpalan massa sebum yang muncul berupa bintik hitam atau putih. Komedo biasanya muncul di area wajah, meskipun bisa saja muncul di bagian tubuh lain, seperti leher, punggung, dada, lengan, atau bahu.

Namun, komedo memang lebih sering muncul di wajah, terutama hidung. Untuk menghilangkannya kamu bisa gunakan cara alami di bawah ini.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Berikut cara yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan komedo di wajah.

1. Tea Tree Oil

Foto: Merdeka

Tea tree oil dapat digunakan untuk membantu menghilangkan kotoran dan minyak di kulit yang dapat menyumbat pori-pori dan berpotensi menyebabkan komedo. Tea tree oil juga memiliki sifat anti-komedogenik yang dapat membantu menghilangkan komedo. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu cukup mengoleskan tea tree oil pada bagian wajah yang berkomedo. Supaya lebih maksimal hasilnya, tea tree oil dapat dicampur dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak jojoba saat menggunakannya.

2. Putih Telur

Putih telur memiliki sifat mengencangkan kulit dan bisa membantu menghilangkan komedo. Untuk memanfaatkannya caranya adalah mencampurkan putih telur dari 3 butir telur dengan 2 sendok makan air lemon. 

Oleskan masker dari bahan tadi untuk membersihkan kulit yang berkomedo dengan jari-jari  kamu atau kuas yang bersih dan lembut. Biarkan masker mengering dan oleskan lagi masker sebagai tahap kedua, diamkan lagi selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Kulit Jeruk

Foto: Liputan6

Kulit jeruk mengandung vitamin C dan nutrisi lainnya yang efektif untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Cara menggunakan kulit jeruk untuk menghilangkan komedo, yakni keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari dan jadikan bubuk halus.

Setelah kulit jeruk halus selanjutnya ambil 1 sendok dan campurkan dengan 2 sendok makan air mawar dalam mangkuk. Buat menjadi adonan masker yang halus.  Selanjutnya oleskan masker pada area kulit yang berkomedo dan biarkan mengering. 

Gosok dengan lembut menggunakan tangan yang basah. Kemudian cuci muka kamu dengan air dingin. Lakukan cara ini berulang kali hingga komedo benar-benar hilang.

4. Gula Putih

Gula adalah eksfoliator alami yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit paling luar. Cara ini juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo.

Untuk memanfaatkannya, caranya dengan mencampurkan 1 cangkir gula putih dengan 3 sendok makan minyak yang ramah kulit, seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak jojoba. 

Setelah kering, bilas masker dengan air hangat. Untuk hasil terbaik, oleskan masker atau scrub ini seminggu sekali untuk membantu pengelupasan kulit dan menghilangkan komedo. Jika kamu memiliki jenis kulit yang lebih berminyak, bisa menggunakan masker dua kali seminggu tanpa mengeringkan kulit kamu.

5. Lidah Buaya

Foto: Pixabay

Sifat antibiotik yang terdapat dalam lidah buaya membuatnya ampuh untuk menangkal gangguan kulit. Lidah buaya juga dapat mengencangkan kulit, mengontrol produksi minyak berlebih, dan membersihkan pori-pori, sehingga menjauhkan jerawat dan komedo. 

Kamu bisa langsung mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang berkomedo dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu, cuci wajah dengan air hangat.

Itulah 5 cara alami menghilangkan komedo di wajah. Walaupun menggunakan bahan alami, tidak semua orang cocok menggunakan cara di atas. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter sebelum mencobanya, ya.