6 Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Efektif

Jumat, 26 November 2021 | 00:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

6 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Yang Efektif

Foto: Shutterstock/ Esin Deniz

Ladiestory.id - Kucing menjadi salah satu jenis hewan cukup banyak dipelihara. Dengan tingakahnya yang lucu dan menggemaskan, siapapun akan tertarik untuk berada di dekatnya. Apalagi dengan bulunya yang halus dan membuat nyaman untuk selalu membelainya.

Bagi kamu yang saat ini memelihara kucing, sebaiknya selain memberikan makan dan minum secara teratur, jaga juga kebersihannya. Sehingga kucing tidak menyebarkan kotoran maupun bakteri dari luar ke dalam rumah yang menyebabkan penyakit ringan maupun berat, salah satunya adalah bisa menyebabkan kutu kucing. 

Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Kucing yang terkena kutu, biasanya akan menunjukkan beberapa ciri, seperti sering menggaruk secara berlebihan, beberapa area kulit mengalami botak, bulu kucing rontok dengan sendirinya, pada bulu kucing yang berwarna cerah biasanya terlohat kutu yang sedang bergerak, serta kulit kucing terlihat menebal di area tertentu, seperti pada telinga, tengkuk leher, dll.

Untuk menghilangkan kutu kucing, sebaiknya lakukan hal berikut ini:

1. Gunakan Sampoo Khusus Kucing

Foto: arenahewan

Saat memandikan kucing, gunakan shampoo khusus. Sampo jenis ini berguna untuk membersihkan bulu dan kulit kucing dari kutu dan telurnya. Setelahnya bilas kucing kesayanganmu dengan air hangat agar kutu lebih cepat mati. Segera keringkan kucing setelah selesai dimandikan agar tidak tumbuh jamur pada tubuhnya.

2. Gunakan Obat Kutu Kucing

Biasanya obat kutu kucing berbentuk bedak dan spray. Kamu bisa memilih salah satu sesuai kebutuhan. Untuk cara penggunaannya hanya cukup dengan menaburkan atau menyemprotkan obat kutu tersebut ke seluruh tubuh kucing.

Pastikan memilih obat kutu yang aman bagi kucing. Mengingat kucing memiliki kebiasaan untuk menjilat bulunya sendiri.

3. Menyisir Kutu Kucing

Foto: tempo

Cara ini memungkinkan untuk menari kutu kucing lebih mudah. Karena kutu kucing berukuran sangat kecil dan susah terlihat jika menggunakan mata telanjang. Jika kucing kesayanganmu memiliki bulu lebat dan berwarna gelap, cara ini patut kamu coba.

Untuk tips saat menyisir kutu kucing, siapkan dulu air dan sabun cuci piring ke dalam wadah secukupnya. Setiap selesai menyisir bulu kucing, pastikan kutunya dimasukkan ke dalam wadah air yang sudah disiapkan tadi.

4. Bersihkan Tempat Tidur Kucing

Jaga kebersihan tempat tidur kucing agar tidak menjadi tempat berkembang biak kuman dan kotoran, yangmana nantinya juga bisa menjadi tempat berkembangnya kutu pada kucing maupun penyakit lainnya.

5. Mandikan Kucing dengan Air Garam

Foto: iStockphoto/ ollegN

Tidak hanya digunakan untuk memasak saja, garam juga bisa dimanfaatkan untuk membunuh kutu kucing yang efektif. Cara penggunaannya, yaitu dengan melarutkan garam pada air hangat.

Rendam atau bilas kucing dengan air garam yang sudah disiapkan saat memandikan kucing. Pastikan air hangatnya tidak terlalu panas agar kucing tidak merasa tersiksa.

6. Mengoleskan Minyak Zaitun pada Bulu Kucing

Minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu pada kucing. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada bulu kucing selama kurang lebih 15 menit agar minyak bisa meresap ke dalam kulit kucing.

Dengan cara ini, kutu kucing akan terlepas dengan sendirinya dari bulu kucing. Setelahnya kamu bisa memandikan kucing dan mengeringkannya segera agar tidak tumbuh jamur.

Itu tadi cara menghilangkan kutu kucing. Jika kucing kesayanganmu mengalami permasalahan penyakit kutu juga. Semoga cara di atas bisa membantu, ya!