Tak Perlu Bingung, Ini 5 Cara Menghilangkan Noda Kunyit Pada Pakaian

Kamis, 23 September 2021 | 00:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Tak Perlu Bingung, Ini 5 Cara Menghilangkan Noda Kunyit Pada Pakaian

Foto: Ladiestory.id

Kunyit merupakan salah satu bahan yang kerap ada dalam bumbu masakan Indonesia. Namun, zat warna kuning pada kunyit mudah melekat di mana saja. Noda kunyit termasuk salah satu jenis noda yang sukar dihilangkan.

Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Pakaian

Hal ini dikarenakan kandungan dalam kunyit yang secara alami berwarna kuning terang, tidak larut dalam air seperti spidol bertinta permanen yang tidak bereaksi terhadap air.

Oleh karena itu, mencuci dengan air saja tidak akan efektif untuk menghilangkan noda kunyit. Lalu, bagaimana cara menghilangkan noda kunyit pada pakaian? Berikut 5 cara menghilangkan noda kunyit di baju.

1. Segera cuci

Foto: Ladiestory.id

Cara menghilangkan noda kunyit di baju yang paling utama adalah dengan segera mencucinya setelah terkena cipratan. Sebab, jika noda larutan kunyit mongering, maka zat warna sudah melekat erat pada serat kain sehingga susah dihilangkan.

Sebelum mencucinya, Anda perlu menyingkirkan gumpalan bumbu masakan pada kain terlebih dahulu. Berhati-hatilah agar noda tersebut tidak sampai melebar ke bagian lain. Setelah itu basuh baju dengan air, dan cuci bagian yang terkena noda kuning tersebut dengan detergen, lalu rendam selama 30 menit.

Anda juga dapat menggunakan mesin cuci untuk mencuci baju yang terkena noda. Ini dikarenakan siklus pencucian dalam mesin cuci berfungsi untuk mencegah penyebaran noda ke bagian-bagian lain pada baju.

Saat baju dimasukkan ke dalam mesin cuci, tambahkan detergen anti noda, lalu atur mesin cuci sesuai petunjuk perawatan pada label pakaian tersebut terkait suhu air. Hal ini berguna untuk melarutkan sisa noda yang telah terangkat dari serat-serat kain namun masih menempel di permukaan kain.

2. Jemur di bawah sinar matahari

Cara menghilangkan noda kunyit di baju selanjutnya adalah dengan menjemur baju di bawah sinar matahari. Sinar matahari dipercaya ampuh untuk menghilangkan noda pada baju, terutama baju berwarna putih. Cahaya matahari dapat membantu menghilangkan bekas noda kunyit.

Apabila pakaian berwarna, maka jemurlah dalam posisi terbalik dimana sisi dalam berada di luar dan sebaliknya. Akan lebih baik jika bagian yang bernoda menghadap langsung ke matahari, tetap dengan posisi pakaian terbalik. Sedangkan jika bajunya berwarna putih, tidak perlu dibalik. 

3. Baking soda

Foto: Ladiestory.id

Anda dapat mencoba menerapkan cara menghilangkan noda kunyit di baju dengan menggunakan baking soda. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu membuat pasta baking soda dan air. Setelah jadi, gosokkan pada bekas noda, kemudian biarkan semalaman hingga noda kunyit menghilang.

4. Gunakan lemon

Cara menghilangkan noda kunyit di baju selanjutnya adalah menggunakan lemon. Hal ini dapat Anda terapkan saat terkena sajian makanan berbumbu kunyit. Lemon bisa menjadi cara ampuh mengatasi noda tersebut.

Cara ini cukup mudah dilakukan, terlebih jika Anda tidak dapat langsung membersikan baju dengan sabun. Anda hanya perlu perasan lemon yang diteteskan di atas noda pada kain.

Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air. Jika Anda jauh dari pusat air yang mengalir, Anda bisa membersihkan perasan lemon ini menggunakan es batu.

5. Gunakan pemutih untuk noda sisa

Foto: Ladiestory.id

Untuk menghilangkan noda kunyit yang masih tersisa, Anda dapat menghilangkan noda kunyit di baju dengan menggunakan pemutih. Namun, sebelumnya Anda harus memperhatikan label pada baju.

Periksa apakah baju tersebut aman untuk dicuci menggunakan pemutih. Sebab, beberapa jenis kain tertentu rentan rusak jika direndam dalam cairan pemutih.

Pada intinya, cara menghilangkan noda kunyit di baju adalah dengan sesegera mungkin mencuci sesaat setelah terkena noda. Cara menghilangkan noda kunyit pada baju di atas juga dapat diterapkan pada busana yang terkena noda bumbu-bumbu masakan lainnya.