Cara Menghilangkan Sakit Hati: Buang Barang Mantan

Senin, 21 Juni 2021 | 15:29:13

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Cara Menghilangkan Sakit Hati: Buang Barang Mantan

Foto: Ladiestory.id

Ketika seseorang mengalami sakit hati, berbagai kejadian menyedihkan bisa mengikuti dibelakangnya. Hingga saat ini, obat sakit hati pun masih abu-abu. Tidak ada resep khusus yang spesifik yang bisa menyembuhkan luka di hati.

Putus cinta dapat meninggalkan luka yang mendalam. Namun jangan biarkan diri Anda tenggelam dalam kegalauan. Terdapat berbagai macam cara menghilangkan sakit hati yang bisa dicoba agar hidup Anda kembali dipenuhi dengan keceriaan.

Sakit hati adalah merasa tidak senang, dendam, benci, dan sebagainya karna dihina atau dilukai hatinya. 

Sakit hati jika dibiarkan akan berubah menjadi dendam. Selain menjadi dendam, sakit hati yang dibiarkan lama bisa memengaruhi kesehatan fisik dan mentalmu. Memang nggak enak rasanya mengalami sakit hati.

Apalagi jika orang yang menyakiti kita adalah orang yang paling kita cintai atau percaya. Tentu bukan hal yang mudah untuk mengobati sakit hati tersebut. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara menghilangkan sakit hati.

Dendam atau sakit hati yang menyebabkan stres ini lambat laun akan mengganggu keseharianmu. Murung, mudah emosi, insomnia, hingga sampai maag bisa terjadi karena banyaknya pikiran.

Anda akan terus berkutat pada masa lalu. Untuk menghindari hal tersebut, berikut cara menghilangkan sakit hati yang bisa Anda lakukan agar hidup lebih tenang.

9 Cara Menghilangkan Sakit Hati

1. Terima kenyataan

Tidak semua orang akan berlaku sesuai seperti apa yang Anda harapkan. Seringkali, ekspektasi kita akan seseorang yang nantinya bisa membuat kita sakit hati ketika orang tersebut nggak seperti yang Anda inginkan. Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Dari kesalahan ataupun cobaan tersebut, kita akan belajar.

Cobalah untuk menerima kenyataan. Kalau memang Anda sudah nggak bersamanya lagi. Entah itu berpisah karena dipisahkan oleh maut, atau berpisah karena satu dan lain halnya. Itu adalah cara Tuhan mempertemukanmu dengan seseorang yang baru dan memang sudah ditakdirkan akan berpasangan denganmu.

Cara menghilangkan sakit hati dengan menerima kenyataan ini bisa membantumu untuk bangkit dan menjadi seseorang yang lebih bijaksana lagi.

2. Berhenti stalking

Biasanya, awal-awal perpisahan merupakan kondisi yang berat. Apalagi jika hubungan kalian sudah berlangsung selama bertahun-tahun dan sudah mulai dalam tahap serius.

Sakit hati yang kalian alami pastinya akan sangat membekas, apalagi jika penyebab perpisahan kalian karena adanya orang ketiga dan orang ketiga tersebut adalah sahabat kalian sendiri. Otomatis kalian akan langsung kehilangan dua orang yang amat kalian sayangi dan percaya.

Setelah menerima kenyataan, cara menghilangkan sakit hati lainnya yakni dengan berhenti mencari informasi tentangnya. Hal tersebut hanya akan menambah sakit hati kalian apalagi jika pada akhirnya mereka bahagia.

3. Donasikan atau kembalikan barang-barang yang mengingatkannya.

Benda-benda yang diberikan atau yang menyimpan kenangan pun bisa memicu ingatanmu bersamanya. Mengingat momen bahagia bersamanya malah akan membuatmu sulit untuk move on karena Anda akan terus berada pada masa lalu yang bahagia. Dengan demikian, akan sulit ketika ada orang baru yang lebih baik darinya hadir dalam hidupmu.

Cara menghilangkan sakit hati selanjutnya adalah dengan mendonasikan benda-benda yang mengingatkanmu padanya. Selain beramal, Anda juga bisa lebih mudah untuk menerima kenyataan dan nggak terhalang oleh masa lalu.

 4. Tulis pikiran dan perasaanmu

Menulis merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk melepas stres. Dengan menulis seluruh pikiran, rasa kecewa serta segala sesuatu yang terpendam dalam pikiran dan hatimu akan mengalir keluar. Ketika semuanya sudah diluapkan dalam tulisan, tentu itu akan membuatmu lebih tenang.

Tapi ingat ya, jangan menulisnya di media sosial yang bisa dibaca oleh orang lain. Jadikan tulisan tersebut hanya Anda saja yang tahu. Jika Anda menyebarkannya, sama saja Anda tengah membuka masalah dan aibmu.

Dan perlu diingat, nggak semua orang akan membantumu, ada juga orang-orang yang malah akan senang atas rasa sakit hatimu.

5. Fokus pada hobi

Cara selanjutnya untuk menghilangkan sakit hati adalah dengan sibuk dengan hobimu. Ketika Anda sibuk dan fokus pada apa yang Anda sukai, maka secara nggak langsung Anda akan mulai melupakan sakit hati yang tengah Anda alami kini.

Penyaluran hobimu tersebut akan mengasah kemampuanmu yang tentunya akan meng-upgrade dirimu. Dengan demikian, keterampilan tersebut nantinya akan membawa seseorang tertarik denganmu. Banyak pasangan yang bertemu dan akhirnya bersatu karena memiliki hobi yang sama. Jadi, jangan patah semangat dan jangan putus asa.

6. Berolahraga

Selain menyalurkan hobi serta menulis, berolahraga juga bagus untuk kesehatan fisik dan mental. Ketika Anda berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang membuatmu bahagia dan lebih tenang. Sesekali cobalah olahraga yoga untuk melatih fokus dan pernapasan agar Anda bisa jadi lebih tenang.

7. Habiskan waktu dengan keluarga dan teman

Sering ketika kita memiliki pasangan, kita jarang meluangkan waktu atau menghabiskan waktu dengan keluarga dan sahabat karena kita terlalu fokus pada pasangan. Wajar kok, ladies. Jika pasanganmu menjadi prioritas dalam hidupmu.

Mungkin, dengan berpisahnya kalian juga sebagai pengingat bahwa masih banyak orang yang menyayangimu apa adanya dengan menerima segala kekurangan dan kelebihanmu bahkan ketika Anda pernah melupakan mereka dan mereka masih menerimamu. Sahabat dan keluarga.

8. Ikuti kegiatan sosial

Cara menghilangkan sakit hati lainnya adalah dengan banyak beramal dengan ikut kegiatan sosial. Beramal bisa membuat hatimu lebih lapang. Manfaat lain dari mengikuti kegiatan sosial adalah Anda bisa menambah wawasan, kepedulianmu lebih berkembang, melatih jiwa kepemimpinan, dan tentunya berpahala jika Anda melakukannya dengan ikhlas.

Misalnya menjadi relawan bencana, relawan mengajar atau relawan lainnya. Anda jadi akan lebih terbuka dengan keadaan serta lebih semangat untuk bersyukur dan menjalani hidup.

9. Ikuti kegiatan positif

Selain menjadi relawan, cara menghilangkan sakit hati lainnya yakni dengan mengikuti kegiatan positif lainnya, seperti mengikuti seminar atau workshop yang nantinya akan menambah keterampilanmu.

Dengan mengikuti kegiatan positif tersebut akan memberikan lingkungan positif juga untukmu. Siapa tahu Anda akan bertemu jodoh di sana.

Jangan sekali-kali menyepelekan sakit hati, sebab hal ini dapat berdampak pada kesehatan mental dan fisik Anda. Cobalah berbagai cara menghilangkan sakit hati di atas agar hidup Anda bisa dipenuhi dengan keceriaan.