Cara Menjaga Cincin Kawin Emas Agar Tidak Mudah Pudar

Sabtu, 8 Agustus 2020 | 21:56:31

LS Fashion

Penulis : LS Fashion

Cara Menjaga Cincin Kawin Emas Agar Tidak Mudah Pudar

Merawat cincin pernikahan atau cincin kawin memang membutuhkan ekstra perhatian. Apalagi jika perhiasan tersebut dipakai dalam keseharian. Perhiasan emas jika digunakan terus menerus setiap hari, tanpa sadar membuat penampilannya jadi kurang menarik. Kilau perhiasan emas berkurang dan warnanya menjadi kusam. Namun hal tersebut bisa diatasi jika kamu merawat perhiasan emas dengan baik. Perawatan terhadap perhiasan emas sangat penting untuk menjaganya tetap dalam kondisi yang baik. Perhiasan emas adalah salah satu bentuk investasi yang menjadi primadona bagi sebagian besar wanita. Selain karena bentuknya cantik, perhiasan emas nilainya tinggi, bisa digadai, atau bahkan dijual kembali. Nilainya akan lebih tinggi ketika kilaunya tampak nyata sehingga bisa menarik hati.

Cara paling mudah merawat perhiasan berbahan logam mulia ini adalah dengan membawanya ke tangan yang memang ahli, seperti di toko emas. Namun, cara tersebut kurang praktis bagi sebagian orang. Membawa koleksi perhiasan ke toko emas untuk dirawat dirasa merepotkan dan memerlukan biaya ekstra. Lalu bagaiman cara menjaga cincin kawin emas agar tidak mudah pudar, baca terus artikel ini sampai dengan selesai yah.

Pilih cairan pembersih yang tepat

Pemilik toko emas mempunyai pembersih khusus perhiasan emas yang memudahkan mereka merawat perhiasan kamu. Namun, kamu tidak harus membeli cairan tersebut untuk membersihkan emas sendiri di rumah. Beberapa cairan pembersih yang biasa dipakai di rumah bisa jadi alternatif untuk membersihkan perhiasan emas yang lebih ekonomis.

Campukan detergen dan soda

Kamu bisa mencampurkan detergen dan soda ke dalam satu wadah. Setelah diaduk rata, masukkan perhiasan dalam cairan tersebut. Tunggu sekitar 10-20 menit, angkat dan pakai sikat berbulu lembut untuk membersihkannya perlahan hingga tidak ada kotoran menempel. Cuci dengan air dan keringkan memakai kain lembut.

Memakai Sabun cuci piring

Cukup tuangkan sedikit sabun cuci piring dan air, aduk merata, dan rendam perhiasan kamu selama 5 menit. Ambil sikat lembut untuk membersihkan kotoran secara perlahan. Bilas dengan air dan keringkan.

Hindari membersihkan perhiasan dengan air mendidih

Perhiasan emas kamu memiliki batu permata? Jika iya, hindari membersihkan perhiasan dengan air mendidih. Air bersuhu panas bisa merusak perhiasan emas, mulai dari membuat logam memuai, melunturkan lem pada perhiasan, hingga membuat batu permata terlepas dari tempatnya. Bahkan, ada beberapa jenis batu permata yang bisa patah dan terbelah. Jika ingin mencuci kotoran yang menempel, disarankan memakai air hangat atau air biasa. Lakukan pembilasan secara perlahan dan jangan terlalu lama, agar tidak ada batu permata yang copot.

Lepas perhiasan saat mandi atau mengenakan make up

Sabun mandi, sampo, pembersih wajah, dan pasta gigi mengandung bahan kimia tertentu yang membuat kilau emas memudar. Sebaiknya kamu melepas perhiasan emas ketika mandi agar tidak sering terpapar bahan kimia yang ada dalam produk-produk tersebut. Begitu juga saat mengenakan make up dan produk perawatan wajah. Biasakan memakai perhiasan setelah kamu selesai berias. Ini juga menjaga agar perhiasan kamu tidak mudah kotor akibat endapan cairan losion atau bedak.

Nah itu dia cara mudah dan efektif untuk tetap menjaga cincin kawin emas agar tidak mudah pudar. Selamat mencoba!

Sumber Foto Utama : Freepik.com