8 Cara Menyimpan Sayur di Kulkas agar Tetap Segar dan Tidak Cepat Busuk

Minggu, 7 November 2021 | 00:02:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

8 Cara Menyimpan Sayur Di Kulkas Agar Tetap Segar Dan Tidak Cepat Busuk

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Sayuran memiliki kadar air yang cukup tinggi yaitu sekitar 90 persen. Tingginya kadar air pada sayuran ini membuatnya mudah busuk bila disimpan terlalu lama. Proses pembusukan sayur dimulai sejak dipetik. Secara otomatis aliran air yang menjadi sumber utama asupan dari sayur tersebut terputus. 

Cara Menyimpan Sayur di Kulkas

Agar sayur tetap segar dan kondisi baik, ada beberapa cara mudah menyimpan sayuran di kulkas.

1. Cuci dan Keringkan Sayur Sebelum Disimpan di Kulkas

Foto: Ladiestory.id

Setelah kamu belanja sayur, sebaiknya langsung dicuci bersih setiap bagiannya menggunakan air mengalir dan sabun anti-bakteri. Hal ini dilakukan agar bakteri pada sayur mati.

Sebab, bakteri merupakan salah satu faktor penyebab cepatnya terjadi pembusukan. Setelah dicuci, keringkan sayur menggunakan lap, selanjutnya masukkan ke kulkas.

2. Jaga Tingkat Kelembapan Kulkas

Seperti yang kita ketahui, sayur mengandung 90 persen air. Kandungan air itulah yang seharusnya dijaga agar tahan lama dan tidak membusuk. Usahakan agar sayur bisa tetap bernapas.

Menjaga kandungan air pada sayuran bisa dilakukan dengan menyimpannya dalam plastik yang telah dilubangi. Setelah itu baru dimasukkan ke dalam kulkas.

3. Sortir Sayur Sebelum Disimpan di Kulkas

Foto: Ladiestory.id

Sebelum disimpan di kulkas, lebih baik sortir dahulu sayuran yang kamu beli. Buang bagian yang menguning atau kecoklatan agar kerusakannya tidak menjalar ke area lain. Jangan lupa juga untuk potong bagian akar sayuran sebelum disimpan.

4. Tata Sayur Sesuai Jenisnya

Pada umumnya, kulkas memiliki 3-4 rak penyimpanan. Gunakanlah setiap rak untuk menyimpannya sesuai jenis sayuran. Misalnya pada rak terbawah untuk menyimpan sayur berdaun hijau seperti sawi, kangkung, dan bayam.

Karena rak bagian bawah memiliki suhu yang cenderung stabil. Menyimpan sayuran sesuai jenis akan memudahkan kamu untuk melakukan pengecekan setiap harinya.

5. Cek Suhu Kulkas

Selalu cek suhu kulkas untuk menyimpan sayuran tahan lama. Suhu yang cocok untuk menyimpan sayuran adalah 1-4 derajat celsius. Bila suhu lebih tinggi, bakteri akan mudah berkembang biak dan membuat aroma sayuran tidak sedap.

6. Cek Kondisi Sayur Secara Berkala

Kamu tidak dapat menyimpan sayuran di kulkas dalam jangka waktu yang lama. Sayur lebih baik tidak disimpan dalam kulkas lebih dari tiga hari. Jika ingin menyimpannya lebih dari tiga hari, maka kamu harus melakukan pengecekan suhu kulkas secara berkala.

Jangan lupa juga untuk membuang daun yang sudah menguning agar tidak menjalar ke bagian sayuran yang masih baik.

7. Simpan Sayur dalam Keadaan Utuh

Jika kamu ingin sayur yang kamu beli lebih awet, sebaiknya simpan sayur dalam bentuk utuh. Jika kamu memotongnya terlebih dahulu, maka akan membuat sayuran lebih cepat membusuk. Sayur hanya perlu dipotong bagian akarnya saja sebelum menyimpan di kulkas.

8. Pastikan Kulkas dalam Keadaan Bersih

Foto: Ladiestory.id

Kulkas yang bersih akan membuat kualitas sayur lebih terjaga. Jika kulkas kotor, maka membuat kualitas sayur menjadi tidak baik dan membuat proses pembusukan menjadi lebih cepat. Jadi, pastikan agar membersihkan kulkas selalu, ya.

Itulah 8 cara menyimpan sayur di kulkas agar tetap segar dan tidak cepat membusuk. Semoga bermanfaat.