7 Cara Merawat Kaktus Mini yang Benar agar Tumbuh Subur

Senin, 8 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

7 Cara Merawat Kaktus Mini Yang Benar Agar Tumbuh Subur

Foto: mediago

Ladiestory.id - Menanam tanaman kaktus memang gampang-gampang susah. Bagi sebagian orang berpendapat merawat kaktus adalah hal mudah karena kaktus bersifat kuat. Tapi, kaktus mini yang biasa kita dapat dari souvenir pernikahan tidak dapat selamanya bertahan hidup subur. 

Bagi kamu yang hendak merawat kaktus mini, berikut cara merawat kaktus mini agar tetap hidup serta tumbuh subur.

Cara Merawat Kaktus Mini

Berikut cara yang bisa kamu terapkan saat merawat kaktus mini.

1. Menyiram dengan Rutin

Foto: shutterstock

Tidak jadi masalah bila kaktus karena tanaman kaktus juga dapat hidup di tanah kering. Tapi akan jadi masalah besar bila kamu tidak pernah menyiramnya sama sekali.

Kaktus akan menarik cadangan air dari tubuhnya, dan bila hal itu terjadi terus menerus, maka kelamaan kaktus tidak dapat tumbuh subur, bahkan akan mati. Karena itu kamu perlu setidaknya 3 hari sekali untuk menyiram kaktus.

2. Mendapatkan Cukup Cahaya

Pastikan kaktus mini mendapatkan cahaya yang cukup, untuk itu sebaiknya kamu letakan tanaman kaktus di dekat jendela dengan menghadap ke arah selatan dan barat. Pastikan juga kaktus mendapatkan setidaknya 6 jam sinar matahari setiap harinya.

3. Letakan Pot yang Memiliki Lubang Drainase

Wadah atau pot kaktus mini harus yang memiliki lubang drainase untuk memungkinkan kelebihan air keluar. Ingat, kaktus tidak suka terlalu basah dan tergenang air. Hal ini bisa menyebabkan batangnya membusuk.

4. Jangan Gunakan Semprotan untuk Menyiram Kaktus

Foto: Ladiestory.id

Menyiram kaktus dengan botol semprot dapat menyebabkan akar rapuh dan jamur pada daunnya. Untuk itu siram air ke tanah, bukan daunnya. Saat kamu melihat tanah dalam keadaan kering, rendam hingga air mengalir keluar dari lubang drainase di dasar pot. 

5. Gunakan Pot Besar

Kaktus yang ditempatkan dalam pot berdiameter 10 sentimeter atau kurang dari ukuran cangkir kopi atau lebih kecil justru akan lebih sulit bertahan hidup daripada kaktus di wadah yang lebih besar.

Hal ini karena jumlah tanah yang terbatas. Kaktus di pot kecil mengering jauh lebih cepat dibanding kaktus yang hidup di pot lebih besar.

6. Siram Lebih Banyak Kaktus pada Musim Kemarau

Jika kamu meletakkan kaktus mini di jendela saat musim kemarau, tanah kemungkinan besar akan mengering dalam hitungan hari. Jadi, meletakan kaktus dekat jendela pada musim kemarau dan sirami kaktus lebih banyak pada musim ini.

7. Gunakan Tanah dengan Drainase yang Baik

Foto: shutterstock

Jangan pernah menanam kaktus pada tanah yang biasa digunakan untuk tanaman tropis. Tanaman kaktus membutuhkan tanah yang mengalirkan air dengan cepat, bukan menahannya.

Cari media tanam untuk kaktus atau kamu dapat membuatnya sendiri dengan memastikan tanah dicampur dengan pasir, batu apung, atau perlit. 

Itulah 7 cara merawat tanaman kaktus yang benar agar tumbuh subur dan tidak mudah mati. Semoga bermanfaat.