Cara Merawat Rambut Rebonding agar Lurus Lebih Lama

Rabu, 29 Desember 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Cara Merawat Rambut Rebonding Agar Lurus Lebih Lama

Ilustrasi Rebonding. (Special)

Ladiestory.id - Memiliki rambut keriting terkadang membuat seseorang kurang percaya diri. Akibatnya sebagian mereka memilih untuk meluruskan rambut dengan cara di rebonding.

Rebonding sendiri adalah proses meluruskan rambut dengan campuran bahan kimia dan flat iron. Selain menjadi lurus, dengan rebonding rambut  menjadi mudah ditata. 

Sayangnya proses kimia saat rebonding terkadang membuat rambut rentan rusak apabila salah memilih produk perawatan rambut yang tidak tepat. Untuk itu, jika kamu memutuskan untuk meluruskan rambut, berikut  beberapa cara merawat rambut rebonding.

Ilustrasi Rebonding. (Special)

 

1. Biarkan Rambut Kering Selama 3 Hari

Setelah rebonding, stylish di salon rambut pasti menyarankan kamu untuk tidak keramas atau membasahi rambut selama 3 hari. Ini bertujuan agar bahan kimia yang digunakan untuk meluruskan rambut kamu dapat meresap dengan sempurna dan lebih awet.

Jika kamu memaksa untuk keramas, maka kemungkinan rambut akan kembali ikal dalam hitungan bulan.

2. Keramas dengan Shampo dan Kondisioner

Pasca tiga hari rebonding, kamu baru boleh mencuci rambut hingga bersih. Agar hasilnya maksimal jangan hanya gunakan shampoo namun juga lengkapi dengan penggunaan kondisioner. Pilih produk yang memiliki formulasi lembut dan khusus untuk perawatan rambut rebonding. 

Tak hanya itu, rambut rebonding juga membutuhkan nutrisi dan kelembaban tinggi supaya terhindar dari kerusakan. Oleh sebab itu, kamu perlu memberikan perawatan khusus terhadap rambut selain shampo dan kondisioner yaitu masker.

Produk ini tidak hanya melindungi kondisi rambut namun juga mencegah dario terjadinya kerusakan seperti rontok, bercabang dan rambut kering. 

Ilustrasi Rebonding. (Special)

 

3. Jangan Mengikat Rambut

Mengikat rambut menjadi pantangan untuk kamu yang menggunakan teknologi rebonding untuk meluruskan rambut. Mengikat rambut akan membuat konsisi rambut kamu menjadi mudah rontok.

Jika kamu terpaksa mengikat rambut saat mandi usahakan menggunakan jepit rambut yang longgar atau gunakan shower cap.

Pasca meluruskan rambut sebaiknya hindari keinginan kamu untuk mengecat rambut. Tahan setidaknya 6 bulan pasca kamu meluruskan rambut dengan metode rebonding. Hal ini untuk menghindarkan rambut dari kerusakan parah akibat penggunaan bahan kimia yang tinggi pasca direbonding. 

4. Hindari Penggunaan Alat Pemanas

Rebonding membuat rambut kamu rentan terhadap suhu tinggi. Ini akan membuat rambut jauh lebih kering hingga akhirnya rontok dan bercabang. Untuk itu, hindari penggunaan alat pemasaran secara berlebihan khususnya hairdryer.

Jika kamu selesai keramas, sebaiknya biarkan rambut kering secara alami. Kamu juga harus menghindari penggunaan curling atau flat iton jika tidak ingin mengalami kerusakan rambut yang parah. 

Saat menyisir rambut, gunakan bentuk sisir yang bergigi jarang dengan bahan kayu. Ini dapat menghindari rambut kusut akibat statis. Jangan terlalu sering menyisir rambut karena dapat menyebabkan kerontokan. 

Ilustrasi Rebonding. (Special)

 

5. Rutin Memangkas Rambut

Agar rambut kamu tetap indah, sebaiknya rutin memangkas ujung rambut setidaknya satu bulan sekali. Cara ini untuk menghindari terjadinya kondisi rambut kering dan bercabang.

Terakhir, hindarkan rambut dari paparan sinar matahari secara langsung untuk melindungi dari paparan sinar UV yang membuat rambut lebih mudah kering.