Cara Move On dengan Ikhlas, Tak Sekedar Melupakan Tapi Bangkit Dari Keterpurukan

Selasa, 14 Desember 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Cara Move On Dengan Ikhlas, Tak Sekedar Melupakan Tapi Bangkit Dari Keterpurukan

Ilustrasi perpisahan. (spesial)

Ladiestory.id - Cinta sering menjadi sesuatu hal yang misterius. Kadang kita senang, kadang sedih, kadang bahagia, kadang sedih, kadang langgeng, kadang putus dan kadang kecewa.

Bahkan ada yang berkata jika kita sudah siap jatuh cinta, artinya patah hati harus tetap kita alami. Maka dari itu, tidak sedikit setiap orang merasa bahwa mereka putus cinta dalam sebuah hubungan.

Bagaimana Cara Move on dari Mantan?

Ilustrasi pasangan. (spesial)

Perpisahan atau putus cinta seringkali menjadi permasalahan yang menganggu perasaan dan kehidupan bahkan mengambil fokus. Tidak hanya itu, galau dan putus cinta memang sulit dihilangkan, namun ada beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Fokus Pada Pengembangan Diri

Apa yang kita pelajari tentang diri kita selama hubungan dan putusnya hubungan akan membantu di kehidupan selanjutnya. Pada akhirnya, setiap putus cinta adalah sebuah hadiah karena ada banyak hal yang dapat dan pelajari dari kejadian hidup ini.

2. Tak perlu memaksakan diri, cukup rasakan Kesedihan

Setiap orang pasti akan ada di berbagai masa, anggap saja perasaan sedih atau galau merupakan sesuatu yang memang harus dirasakan atau dialami. Maka dari  itu tak perlu merasakan kuat jika perasaan sedang sedih. Proses ini hanya perlu dirasakan dan diakui.

Kesedihan bukanlah sesuatu yang harus ditahan, cobalah akui dan rasakan. Jika ingin menangis, lakukan saja untuk mengurangi beban di hati yang bisa dilepas.

Ketika sudah terluapkan, maka akan lebih mudah melupakan. Apabila masih menghambat cobalah dengan mendengarkan lagu putus cinta atau quotes putus cinta

Ilustrasi perpisahan. (Spesial)

3. Temukan dengan Orang Yang Tepat dan Berbagi Cerita Dengan Curhat

Pada dasarnya manusia tidak dapat berjalan sendiri, sehingga dia membutuhkan orang lain, salah satu cara adalah dengan curhat. Cobalah untuk lebih percaya dan terkoneksi dengan orang yang tepat setelah putus cinta.

Selain itu, jangan ragu untuk menemui teman atau saudara terdekat dengan berbagi cerita. Ketika memilih untuk menjauhi diri dan mengurung diri hanya akan membuat semakin terpuruk.

Cara untuk tetap kuat adalah terkoneksi dengan orang-orang terdekat yang benar-benar mengerti yang tidak akan menghakimi.

Yang terpenting, mereka memahami apa yang dirasakan sehingga membatasi berhubungan dengan orang-orang yang bisa memicu menjadi marah atau semakin sedih.

Sadari jika putus cinta membuat perasaan begitu sensitif. Ketika terlalu dinasehati atau bahkan disalahkan bisa membuatmu menjadi lebih terluka. Ceritalah kepada orang yang memang kamu anggap dekat dan bijak dengan masalahmu ini.

Ilustrasi bersedih. (Spesial)

 

4. Letakkan dan Jauhi Media Sosial

Salah satu cara agar lebih mudah untuk melalui kesedihan dan stres berat setelah putus cinta adalah menjauhi media sosial. Ketika ada di awal-awal putus cinta, cara  sangat efektif untuk ‘puasa’ media sosial.

Catatan penting ketika seseorang tengah berjuang dalam putus cinta dan terus merenung tentang mantan, aktif di media sosial hanya akan membuat sulit untuk move on dan masa penyembuhan patah hati akan lebih lama.