Cara Mudah Membuat Keripik Bayam agar Tidak Berminyak

Rabu, 6 Oktober 2021 | 10:19:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Cara Mudah Membuat Keripik Bayam agar Tidak Berminyak

Foto: kompas

Ladiestory.id - Dikutip dari wikipedia, keripik bayam adalah keripik yang terbuat dari daun bayam dan digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih.

Keripik bayam menjadi salah satu camilan baru yang diminati masyarakat karena bahan baku pembuatannya dapat dikembangkan pada daerah dataran tinggi ataupun daerah dataran rendah.

Alternatif Camilan Sehat

Foto: kompas

Di sisi lain, keripik bayam merupakan salah satu alternatif camilan yang sehat guna dikonsumsi. Konsumen keripik bayam pun tidak sekadar terpaku pada orang-orang tertentu sebab mencakup kalangan anak-anak, orang dewasa, sampai orang tua.

Oleh sebab itu, banyak ibu rumah tangga yang melakukan aktivitas produksi rumahan camilan keripik bayam sampai menjadi suatu jenis usaha industri rumah tangga yang lumayan membantu keperluan masyarakat yang mengembangkannya. Industri rumah tangga tersebut saat ini telah berkembang luas di beragam wilayah Indonesia.

Resep Keripik Bayam

Foto: hot.liputan6

Tanaman bayam pada akhirnya diperkenalkan ke beragam negara dan masuk ke daerah Nusantara pada abad ke-14. Tanaman ini bisa dibudidayakan di wilayah dataran rendah ataupun wilayah dataran tinggi.

Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang yang pada akhirnya memberdayakan tanaman ini menjadi beragam olahan yang bisa dikonsumsi dan bernilai ekonomi untuk masyarakat.

Keripik bayam merupakan salah satu camilan khas Indonesia yang cukup terkenal. Selain enak dan renyah, keripik bayam pun sehat kaya nutrisi.

Jika keripik bayam disimpan dengan benar di tempat kering dan tertutup rapat, dapat tahan hingga bulanan. Tapi di tempat terbuka, hanya bertahan sekitar tiga hari.

Walau mengolahnya tampak sederhana, namun sebenarnya ada trik khusus sehingga hasilnya benar-benar enak dan tidak berminyak. Mau tahu? Mari simak artikel di bawah ini.

Bahan utama

  • 100 gr / 50 lembar daun bayam
  • 250 gr / 17 sdm tepung beras
  • 50 gr / 3 sdm tepung tapioka
  • 1 butir telur syam
  • 250 ml / 1 gelas air mineral
    Foto: Ladiestory.id

Bumbu halus

  • 4 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 2 cm / 1 ruas jari kunyit
  • 1 sdt garam
  • 0,5 sdm ketumbar

Langkah pembuatan

1. Ambil bayam kemudian cuci bersih dan keringkan. Lalu siapkan ulekan, dan masukan semua bahan bahan tersebut. Haluskan sampai menjadi bumbu halus. Sisihkan.

2. Sediakan wadah kemudian masukan tepung beras, tepung tapioka, bumbu halus dan air mineral. Aduk merata hingga benar-benar tidak kalis.

3. Siapkan wajan, kemudian panaskan minyak goreng cukup banyak. Usai mendidih ambil setiap 1 lembar bayam, celupkan ke adonan, dan goreng.

4. Goreng kurang lebih selama 3 menit sampai matang. Atau tanda lain pun dapat lihat buih minyak, bila sudah tidak berbuih artinya sudah matang.

5. Jajarkan secara vertikal atau berdiri keripik bayam di loyang oven, kemudian oven di suhu 130 derajat celsius selama 30 menit. Minyak akan hilang, siap dihidangkan!

Catatan

Sebagai alternatif dari langkah ke-5, bila tidak memiliki oven, kamu dapat menjemur sekitar dua hingga tiga jam. Tutup plastik bening jika perlu supaya tetap bersih.

Dengan beberapa bahan serta langkah-langkah di atas, kamu sudah dapat membuat keripik bayam yang tidak berminyak. Bagaimana? Mudah sekali bukan cara membuat keripik bayam agar tidak berminyak? 

Berita Terkait