Bagaimana Cara Penulisan Surat Penawaran Barang Yang Benar?

Selasa, 14 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Bagaimana Cara Penulisan Surat Penawaran Barang Yang Benar?

Ilustrasi sedang menulis. (Spesial)

Ladiestory.id - Biasanya surat penawaran sangat diperlukan dalam aktivitas bisnis.  Pengertian surat penawaran yakni sebuah media dalam bentuk surat resmi untuk melakukan penawaran jasa atau barang dalam berbagai aktivitas ekonomi.

Surat penawaran banyak dipakai dalam aktivitas perdagangan dan bisnis.

Pada umumnya surat ini digunakan untuk menawarkan suatu produk atau jasa hasil produksi dari produsen barang kepada para pelaku bisnis lain seperti jaringan minimarket.

Cara Penulisan Surat Penawaran Barang

Ilustrasi membuat surat. (Spesial)

Ada beberapa contoh ataupun jenis surat penawaran yang sering dipergunakan, seperti contoh penawaran harga, kerjasama, penawaran barang elektronik, produk makanan, surat penawaran barang, dan lainnya.

Pengertian surat penawaran barang sendiri merupakan surat yang berfungsi sebagai perantara dalam menjalankan kerja sama dengan pihak lain.

Surat ini dibuat ketika terdapat permintaan penawaran dari calon konsumen. Secara garis besar, isi surat ini terdiri dari penjelasan mengenai barang yang sedang ditawarkan beserta rincian harganya.

Selain itu, surat penawaran barang juga berfungsi untuk meningkatkan pemasaran, menjadi medium promosi, hingga mampu membantu memperluas jaringan bisnis. Lalu cara menulis kalimat pembuka surat penawaran barang berikut yang benar adalah sebagai berikut :

Ilustrasi membuat surat. (Spesial)

1. Pemberitahuan tentang hasil produksi atau produk-produk yang dimiliki

Contoh : “Melalui surat ini, perkenankanlah kami memperkenalkan perusahaan kami kepada Bapak. Perusahaan kami bernama PT Selalu Maju yang bergerak di bidang distributor alat tulis kantor.”

2. Sehubungan dengan iklan yang dibaca atau sehubungan dengan kelanjutan pembicaraan, dan lain-lain

Contoh : “Menurut informasi yang kami peroleh, PT Maju Mundur adalah perusahaan properti yang sedang berkembang pesat dan akan membuka lagi beberapa kantor pemasaran di Yogyakarta. Sehubungan dengan hal itu, perkenankanlah kami menawarkan beberapa produk alat tulis kantor yang kami pasarkan. Bersama surat ini kami lampirkan daftar barang beserta harganya masing-masing.”

3. Surat penawaran berisi tentang informasi lengkap mengenai detail produk yang ditawarkan yang bertujuan untuk memberikan keyakinan pada calon pembeli

Contoh : “Jika perusahaan Bapak membutuhkan layanan kami, maka cukup menghubungi kami melalui nomor telepon 0274-99999 dan kami akan mengantarkan barangnya langsung ke lokasi. Selanjutnya kami akan mengirimkan invoice setiap akhir bulan untuk transaksi-transaksi yang terjadi pada bulan yang bersesuaian. Kami akan memberikan discount khusus jika akumulasi pembelian dalam satu bulan lebih dari Rp 2.000.000,- (dua juta rupiah).”

4. Pada paragraf penutup berisi tentang himbauan untuk menjalin sebuah kerja sama yang saling menguntungkan

Contoh : “Kami berharap agar penawaran ini dapat dilanjutkan ke dalam suatu bentuk kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Apabila Bapak berminat, kami siap melakukan presentasi dan melakukan membicarakan lebih lanjut”

Selain itu, isi surat penawaran setidaknya harus mengandung beberapa informasi berikut:

  1. Nama perusahaan yang mengajukan penawaran, bidang usaha yang dijalankan
  2. Gambaran kemampuan perusahaan yang dimiliki, tenaga ahli dan peralatan yang digunakan
  3. Rekam jejak, proyek atau pekerjaan yang pernah ditangani serta prospek yang dikehendaki oleh penjual
  4. Bila melakukan penawaran kepada instansi resmi maka harus melampirkan daftar rekam jejak (TDR), surat izin perdagangan (SIUP) dan nomor pokok wajib pajak (NPWP)

Inilah kalimat pembuka surat penawaran barang berikut yang benar adalah diawali dengan pemberitahuan tentang produk. Semoga bisa membantu kamu yang sedang belajar membuat sebuah surat penawaran barang.