Jangan Sampai Salah, Begini Cara Pilih Daging Sapi Terbaik

Jumat, 11 Maret 2022 | 15:42:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Jangan Sampai Salah, Begini Cara Pilih Daging Sapi Terbaik

Ilustrasi daging. (Special)

Ladiestory.id - Daging sapi menjadi bahan favorit masyarakat. Namun sayangnya, banyak orang yang salah dalam memilih daging sapi terbaik untuk dikonsumsi.

Meski sama-sama berasal dari sapi, namun ada beberapa tips dan trik yang bisa menjadi acuanmu untuk mendapatkan daging sapi terbaik.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips dan trik memilih daging sapi terbaik.

Warna Daging

Wagyu Premium Slice Grill. (Instagram.com/kenkenmeatshop)

Langkah awal yang dapat membantumu memilih daging sapi terbaik adalah dengan melihat dari warnanya. Warna daging yang masih merah dan fresh tentu akan menandakan daging tersebut segar.

Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Martin, owner Kenken Meat Shop. Beberapa waktu lalu dalam wawancara eksklusif, Martin membagikan tips dalam memilih daging sapi terbaik.

“Kita lihat warnanya agak kehitaman, nah itu daging udah lama tuh. Jadi kalau daging gak merah, agak kehitaman, terus mungkin agak-agak kurang fresh lah ya, kurang fresh kelihatan lah warnanya agak kehitaman. Kalau daging udah agak kehitaman, berarti dagingnya udah lama,” terang Martin.

Aroma Daging

Daging yang masih segar atau fresh akan memiliki aroma selayaknya daging. Namun, bila Kamu menemukan daging yang warnanya cenderung kehitaman, ditambah dengan aroma busuk, sudah dapat dipastikan daging tersebut tidak layak.

Tidak Berlendir atau Berair

Umumnya penjualan daging akan ditempatkan di lemari pendingin, dan ini akan membuat daging terlihat basah dan fresh. Namun Kamu perlu cermat memperhatikan apakah daging tersebut berlendir atau berair.

“Kalau sampai daging itu agak berlendir, itu udah rusak itu dagingnya,” ungkap Martin.

Perhatikan Marble

Wagyu Galbi Mb7. (Instagram.com/kenkenmeatshop)

Marble merupakan gurata lemak pada daging sapi. Marble sendiri memiliki skala 0-9, poin ini menjadi penting untuk Kamu yang ingin memilih daging terbaik.

“Kualitas marble-nya juga (penting), jadi misalnya kalau wagyu itu ada grade-grade-nya tuh, marble 9, marble 7, marble 4, nah itu dia. Marble itu guratan lemak di dalam daging sih, jadi semakin tinggi marble-nya, itu semakin lembut dagingnya, biasanya kalau wagyu kita lihat marble-nya,” ungkap Martin.

Beli di Toko Terpercaya

Masih bingung memilih daging terbaik? Hal yang paling mudah adalah beli langsung di toko yang terpercaya. Salah satu supplier daging premium yang Ladiestory.id rekomendasikan untukmu adalah Kenken Meat Shop.

Kenken Meat Shop menjual daging premium termasuk seafood. Varian harga yang diberikan juga cukup terjangkau yakni mulai dari Rp100 Ribu hingga Rp1 Juta. Di sini, Kamu sudah tidak perlu takut salah dalam membeli daging.

Kamu bisa mengunjungi e-commerce Tokopedia dan Shopee untuk membelinya. Info lebih lanjut kunjungi Instagram @kenkenmeatshop.