Biar Tetap Awet, Ini 5 Cara Jitu Rawat Celana Jeans

Sabtu, 26 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Biar Tetap Awet, Ini 5 Cara Jitu Rawat Celana Jeans

Ilustrasi celana jeans. (Special)

Ladiestory.id - Celana jeans menjadi salah satu fashion item yang banyak dimiliki oleh orang. Pasalnya, celana jeans mudah dipadukan dengan berbagai atasan.

Namun, celana jeans yang sering digunakan berkali-kali dapat membuat kondisi dan warnanya berubah. Untuk itu, celana jeans perlu dirawat agar tetap awet dan tidak cepat kusam. Nah, berikut lima tips merawat celana jeans agar tetap awet.

Hindari Cuci dengan Mesin

Ilustrasi celana jeans. (Special)

Supaya lebih praktis, biasanya orang akan mencampur pakaian dan celana jeans kotor dalam mesin cuci. Namun, ternyata cara ini dapat membuat warna dan ukuran celana jeans cepat berubah, lho.

Memang tidak ada salahnya jika mencuci celana jeans dengan mesin cuci. Namun, terlalu sering mencuci celana jeans menggunakan mesin cuci akan membuat kondisi celana menjadi melar.

Untuk itu, alangkah lebih baik bila mencuci celana jeans dengan merendamnya dalam ember dan detergen selama lima hingga sepuluh menit. Kemudian, kucek dan bilas hingga bersih. 

Hindari Detergen yang Mengandung Pemutih

Ilustrasi detergen. (Special)

Celana jeans yang sering digunakan berulang kali, serta sering diuci pun dapat membuat kondisi dan warnanya menjadi cepat luntur. Salah satu penyebab celana jeans menjadi memudar ialah mencuci menggunakan detergen yang mengandung bahan pemutih.

Oleh sebab itu, hindari penggunaan bahan detergen yang mengandung pemutih, apalagi celana jeans yang berwarna gelap. Sebab hal ini akan membuat warna jeans menjadi cepat luntur dan kusam.

Gunakan Cairan Cuka

Ilustrasi cairan cuka. (Special)

Ladies, salah satu life hacks yang dapat membantu mengembalikan warna celana jeans yang kusam seperti baru ialah dengan menggunakan cairan cuka. Kamu bisa memanfaatkan cairan cuka yang dicampur air dan merendam celana jeans.

Hindari pula mencuci celana jeans menggunakan sikat pakaian. Karena, menyikat terlalu keras dapat membuat kondisi celana rusak serta dapat mengubah warna dan bahan.

Hindari Jemur Langsung di Bawah Sinar Matahari

Ilustrasi celana jeans. (Special)

Menjemur celana jeans langsung di bawah terik sinar matahari juga dapat membuat kondisi warnanya menjadi memudar, lho. Lebih baik menjemur di area yang sedikit terlindung, berangin, serta tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Kemudian, jemurlah celana jeans dalam keadaan terbalik agar cepat kering dan tidak merusak bagian luar.

Gantung Celana di Lemari Pakaian

Ilustrasi celana jeans. (Special)

Ladies, tips selanjutnya agar celana jeans-mu dapat terus awet ialah dengan menggantungnya di dalam lemari pakaian. Usahakan untuk tidak melipat celana jeans karena dapat mengurangi teksturnya.

Selanjutnya, celana jeans juga tidak baik jika disetrika terlalu sering. Walaupun dapat membuat kondisinya menjadi lebih rapi, namun celana jeans yang terlalu sering disetrika akan cepat menyusut.

s