3 Cara Sedekah Digital untuk Perbanyak Pahala Selama Ramadan

Jumat, 22 April 2022 | 13:15:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

3 Cara Sedekah Digital Untuk Perbanyak Pahala Selama Ramadan

Ilustrasi perempuan bersedekah secara digital. (Special)

Ladiestory.id - Walau Ramadan telah memasuki minggu kedua, semangat mengumpulkan pahala harus tetap gigih. Salah satu ibadah yang bisa Kamu lakukan adalah bersedekah kepada saudara kita yang kurang beruntung.

Kini, bersedekah pun sudah makin mudah karena bisa dilakukan secara digital lewat berbagai kanal, sehingga dapat diamalkan di mana saja, kapan saja, dan dengan nominal berapa saja.

Berikut tiga cara sedekah digital yang bisa Kamu lakukan untuk memaksimalkan amalan di bulan suci.

Ikut Hari Donasi Online Nasional (Hardolnas) 2022

Hardolnas merupakan inisiatif yang digelar oleh platform galang dana Kitabisa. Lewat momentum yang berlangsung dari 18 hingga 29 April 2022 ini, masyarakat bisa melakukan donasi dengan GoPay ke tiga kampanye, yaitu Kado Ramadan bersama BAZNAS, Al Quran Untuk Para Santri di Pelosok Indonesia, dan Bantuan Modal Usaha untuk Mitra UMKM. 

Setiap donasi yang masuk di Hardolnas 2022 akan dilipatgandakan nominalnya oleh GoPay. Donasi yang digandakan oleh GoPay mulai dari Rp5 Ribu hingga Rp500 Ribu. Jadi, dampak positif yang dapat dirasakan oleh saudara-saudara kita pun juga akan berlipat ganda. 

Untuk ikut berpartisipasi, Kamu bisa mengunjungi situs hardolnas.kitabisa.com atau melalui aplikasi Kitabisa. 

Buka GoGive Lewat Aplikasi Gojek

Sedekah makin mudah dalam genggaman karena Kamu bisa cukup membuka fitur GoGive di aplikasi Gojek lalu berdonasi menggunakan GoPay. Di dalamnya, Kamu bisa mengakses berbagai kampanye penggalangan dana yang ingin Kamu bantu dari berbagai kategori, seperti pendidikan, kesehatan, dan masih banyak lainnya. 

Tidak hanya itu, Kamu juga bisa memanfaatkan GoGive untuk berbagai jenis sedekah, mulai dari sedekah Jumat hingga Zakat Fitrah.

Scan QRIS di Ratusan Masjid dan Lembaga Nonprofit

Saat ini, QRIS sudah bisa ditemukan di mana-mana termasuk di lebih dari 400 masjid dan lembaga nonprofit yang telah bermitra dengan GoPay. Jadi, jika lupa bawa uang ketika pergi ke masjid, Kamu tetap bisa bersedekah ke kotak amal tanpa uang tunai. 

Cukup scan kode QRIS yang tersedia menggunakan aplikasi Gojek lalu masukkan nominal yang ingin disedekahkan dengan GoPay. Setiap nilai yang disedekahkan pun akan langsung masuk ke masing-masing rumah ibadah dan lembaga nonprofit yang dituju.

mengungkapkan, “Sedekah digital kian diminati oleh masyarakat karena mudah, bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan dengan nominal berapa saja hingga sekecil seribu rupiah. Berapapun nominalnya, bersedekah bukanlah soal jumlah namun perubahan yang dapat diciptakan dari setiap aksi baiknya,” kata Fibriyani Elastria, Chief Marketing Officer GoPay.

Fibriyani Elastria berharap, momentum seperti Hardolnas dan tersedianya berbagai kanal untuk berdonasi digital dapat makin mendorong lebih banyak orang baik untuk membantu sesama.

Donasi digital yang terintegrasi dengan dompet digital telah melahirkan tren micro-giving atau bersedekah dengan nominal kecil namun dengan frekuensi yang sering.

s