6 Cara Sederhana Mengendalikan Emosi saat Berpuasa

Jumat, 15 April 2022 | 09:00:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

6 Cara Sederhana Mengendalikan Emosi Saat Berpuasa

Bentuk Self Reward (Special)

Ladiestory.id - Dengan menjalankan ibadah puasa, banyak manfaat dan hikmah yang bisa Kamu dapatkan. Saat berpuasa, Kamu tidak hanya menahan diri untuk tidak makan dan minum. Namun, segala hawa nafsu harus Kamu tahan, tidak terkecuali emosi dalam diri. 

Ketika Kamu menjalankan ibadah puasa, Kamu juga berlatih untuk mengendalikan emosi. Untuk mengendalikan emosi saat puasa, banyak dari Kamu yang masih kesulitan dalam melaksanakannya. Namun, sekarang Kamu tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa cara untuk mengendalikan emosi saat puasa. Simak baik-baik ya!

Berwudu

Foto: Ladiestory.id

Dengan berwudu, ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk mengendalikan emosi loh. Ketika Kamu membasahi wajah dan bagian tubuh dengan air wudu, Kamu bisa merasa lebih segar dan emosi bisa mereda.

Rasa segar yang Kamu dapat setelah membasuh wajah dapat menyadarkan Kamu untuk lebih bersabar dan berpikir bijak. Hal ini bisa Kamu lakukan karena Nabi Muhammad saw juga menganjurkan cara yang satu ini.

Diam sejenak

Ilustrasi perempuan cemas. (Special)

Cara mengendalikan emosi saat puasa selanjutnya adalah diam. Ketika Kamu emosi, terkadang Kamu melakukan hal-hal yang tidak Kamu sadari dan lebih cenderung tidak bisa mengontrol diri. Nah, ketika Kamu memaksakan berbicara saat emosi melanda, hal itu justru membuat keadaan memburuk.

Oleh sebab itu, cara untuk mengendalikan emosi saat puasa adalah diam. Kamu bisa diam sejenak, rilekskan pikiranmu dan tenangkan diri. Jika Kamu sudah tenang dan bisa mengontrol diri kembali, Kamu bisa atasi apa yang membuatmu emosi.

Berzikir dan Berselawat

Amalan 10 Hari Terakhir Puasa. (Special)

Cara selanjutnya untuk mengendalikan emosi adalah berzikir dan berselawat. Sama halnya dengan wudu, dengan menyebut dan mengingat Allah swt. Kamu dapat menenangkan diri dan melunakkan hati dalam menghadapi maslah. Jika setelah wudu Kamu masih merasa emosi, Kamu bisa berzikir atau berselawat.

Dalam al Quran surah ar-Ra’du ayat 28 juga disebutkan keutamaan zikir, yang mana salah satunya adalah mengendalikan emosi. Maka dengan begitu, Kamu sebagai umat Islam perlu mengingat bahwa ketenangan hati itu akan terwujud apabila Kamu dapat mengingat Allah swt.

Beralih dari Sesuatu yang Membuat Emosi

Ilustrasi perempuan malas. (Special)

Terkadang ada hal-hal yang dapat membuat Kamu emosi, bisa dari hal-hal kecil ataupun hal besar. Ketika Kamu emosi, sebaiknya Kamu beralih dari sesuatu yang membuatmu emosi. Jika di rumah Kamu merasa emosi terus, Kamu bisa berpindah ke tempat yang bisa memenangkanmu.

Selain itu, saat Kamu di tempat kerja dan tiba-tiba ada yang membuatmu emosi, Kamu bisa pergi untuk mencari suasana baru dengan mencari alternatif ruangan lain yang membuatmu nyaman. Jika ada masjid di dekat lingkunganmu, Kamu bisa pergi ke sana.

Tenangkan Diri dengan Menarik Napas Dalam-dalam Selama 5-10 Detik

Foto: Ladiestory.id

Ketika Kamu merasa emosi, ada baiknya jika Kamu diam dulu dan tarik napas dalam-dalam selama 5-10 detik. Tarik nafas perlahan melalui hidung kemudian hembuskan. Kamu bisa nikmati dan rasakan pergerakan udaranya yang Kamu ciptakan.

Kamu bisa mengalihkannya fokusmu dari masalah yang membuatmu emosi ke penghitungan waktu. Dengan cara inilah, Kamu bisa sedikit tenang dan bisa menghadapi masalah dengan bijak.

Membaca al Quran

Foto : Madani News

Nah ini menjadi cara terakhir apabila semua cara di atas tidak bisa membuatmu tenang. Seperti yang Kamu tahu bahwa al Quran merupakan obat bagi Kamu. Selain obat, dengan membaca al Quran, Kamu bisa menyejukkan hati dan menenangkan jiwa. Selain itu Kamu juga bisa melancarkan puasa Kamu seharian.

s