Guna Kecantikan dan Kesehatan, Ini 7 Cara Sederhana Merawat Kuku

Rabu, 8 Desember 2021 | 16:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Guna Kecantikan Dan Kesehatan, Ini 7 Cara Sederhana Merawat Kuku

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang sering menjadi perhatian dan menjadi nilai tambah bagi penampilan. Kuku juga sering mencerminkan kepribadian seseorang. Oleh karenanya penting bagi kamu untuk selalu menjaga kebersihan kuku.

Kuku bersih dan indah juga bisa menambah rasa percaya diri seseorang. Hal ini biasanya kerap di lakukan oleh kaum wanita. Sebagian wanita beranggapan memanjangkan kuku adalah bagian dari tren kecantikan.

Pada dasarnya merawat kuku tidak hanya sekedar untuk memperindahnya saja, namun juga untuk menjaga kesehatannya. Oleh karena itu kamu tidak boleh menganggap sepele hal ini. Jika kuku kamu dalam keadaan bersih dan sehat, maka akan mencegah kamu dari berbagai penyakit.

Ciri-ciri kuku yang sehat adalah tampak mengilap, cantik, dan halus. Kuku yang sehat alami harus diperlakukan secara tepat. Tidak sedikit orang mengeluarkan biaya beratus-ratus ribu bahkan ada hingga jutaan rupiah demi mendapatkan kuku yang indah dan bersih.

Jika kuku tidak dirawat dengan baik, kuku bisa menjadi rapuh, mudah patah, dan berwarna kekuningan. Kondisi tersebut akan membuatnya terlihat tidak menarik dan terkesan jorok.

Cara Sederhana Merawat Kuku

Nah untuk kamu yang ingin mendapatkan kuku yang sehat dan cantik, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sebanyak itu. Ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri untuk memperindah kukumu bahkan tak kalah dengan mereka yang rajin manicure.

Nah berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kukumu.

1. Selalu menjaga kebersihan kuku secara teratur

Kamu yang memiliki kuku panjang, harus benar-benar dijaga dengan baik agar tidak mudah patah atau rusak. Bersihkan kuku secara teratur dan pastikan semua alat merawat kuku dicuci secara berkala hingga bersih. Hindari penumpukan kotoran di kuku. Kamu bisa menerapkan disinfektan alami berupa tea tree oil, sebagai cara merawat kuku panjang dengan baik.

2. Jangan menggunakan cat kuku yang keras

Foto: Ladiestory.id

Kemudian cara yang kedua bisa dengan tidak menggunakan cat kuku yang keras. Biasanya wanita sangat senang mewarnai kukunya. Jika kamu kerap melakukan itu, coba lebih selektif dalam memilih cat kuku agar kuku kamu tidak rusak karena terpapar bahan kimia yang keras. Sebaiknya kamu menggunakan pewarna kuku berbahan dasar air yang tidak tahan lama tetapi merupakan pilihan teraman.

3. Menggosok kuku dengan belimbing wuluh

Jika kamu melihat kukumu hampir rusak dan kering, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasinya, salah satunya dengan belimbing wuluh. Cukup gosokkan potongan belimbing wuluh yang memiliki rasa asam ini pada kuku yang mau dibersihkan. Kemudian bilas dengan air bersih.

4. Merendam kuku dalam cuka apel

Cara selanjutnya ada dengan merendam kuku dalam cuka apel. Kamu bisa mencoba melakukan hal ini, kamu cukup masukkan jari-jarimu ke dalam cuka apel dan minyak zaitun yang sudah dihangatkan. Kamu juga bisa menggunakan lidah buaya agar kukumu menjadi cantik dan bening.

5. Menghindari kontak langsung dengan sabun cuci

Mencuci mungkin pekerjaan yang harus kita lakukan. Kamu bisa melakukan dengan beberapa cara agar tidak bersentuhan langsung dengan sabun cuci. Sebelum mencuci piring atau yang lainnya, sebaiknya kamu menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan dari air sabun. Karena air sabun inilah yang akan membuat kukumu lama-lama menjadi rusak.

6. Menggunakan bawang putih

Foto: ilustrasi bawang putih (spesial)

Jika tadi bisa menggunakan belimbing wuluh kali ini juga bisa dengan menggunakan bawang putih. Banyak orang yang tidak suka membersihkan kuku dengan bawang putih karena lengket dan menimbulkan aroma yang tak sedap.

Namun cara ini dapat membuat kuku menjadi kuat dan tidak mudah patah. Bawang putih juga menjaga kukumu agar terhindar dari serangan jamur kuku yang akan merusak tampilan kukumu.

7. Bersihkan kuku dengan air jeruk

Masih dengan menggunakan bahan alami. Kali ini kamu bisa mencoba membersihkan kuku dengan air jeruk, dengan merendam kuku dalam air jeruk akan memberikan efek yang cukup baik untuk kuku, nantinya kukumu akan terlihat bersih dan berkilau. Kamu bisa merendam kukumu selama 15-20 menit, lalu bilas mengggunakan air bersih untuk menghilangkan rasa lengket akibat air jeruk.

Nah itu dia beberapa cara sederhana untuk membantumu merawat kuku supaya lebih terlihat semakin indah ,sehat, dan bersih. Cara manapun yang akan kamu gunakan usahakan tetap menjaga kesehatan kuku, ya.