Mudah Dipraktekan! 5 Cara Supaya Berhenti Ngemil Setelah Makan Malam

Minggu, 15 Januari 2023 | 17:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Mudah Dipraktekan! 5 Cara Supaya Berhenti Ngemil Setelah Makan Malam

Ilustrasi Ngemil. (Special)

Ladiestory.id - Makan camilan setelah makan malam biasanya dilakukan setelah bangun tidur ditengah malam, menonton televisi atau hanya sekedar merasa bosan. Kondisi ini dialami oleh beberapa orang yang selalu merasa lapar meski ia telah makan di waktu siang maupun malam.

Pilihan seperti makanan manis, asin, berlemak hingga instan menjadi favorit sebagai camilan. Sayangnya, kebiasaan semacam ini banyak memberi dampak buruk pada tubuh.

Nah, bagi kamu yang sedang mengalaminya dan ingin mencoba berhenti. Kamu perlu simak lima cara supaya berhenti ngemil setelah makan malam berikut ini. 

1. Hindari Gangguan Saat Makan Malam

Ilustrasi Makan Malam. (Special)

 
Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk berhenti makan camilan setelah makan malam yaitu dengan menghindari gangguan. Apabila kamu sering menikmati makan malam dengan menonton televisi atau menonton YouTube.

Sepertinya kamu perlu mulai menghentikannya. Mulailah untuk fokus ketika makan malam. Tak hanya membantumu menikmati rasa hidangan dengan lebih baik. namun, juga membuatmu memberikan gelombang isyarat pada otak mengenai jumlah makanan yang kamu nikmati.

Sehingga, ketika kamu secara maksimal menikmati hidangan makan malam. Maka, rasa kenyang mu akan lebih lama terjaga. 

2. Tingkatkan Konsumsi Banyak Serat

Ilustrasi Makanan Serat. (Special)

 
Bagi kamu yang ingin merasa kenyang lebih lama yaitu dengan meningkatkan konsumsi banyak serat. Hal ini merupakan cara lain yang baik untuk membantumu berhenti ngemil setelah makan malam. Serat sendiri merupakan kandungan nutrisi yang cukup sulit dicerna.

Serat akan membentuk sebuah lapisan seperti gel dalam sistem pencernaan. Sehingga, membuat proses pencernaan dan pencernaan menjadi lebih lambat Kamu pun menjadi merasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, serat dapat membantu gerakan peristaltik pada usus besar, mengeluarkan racun dalam tubuh serta mencegah penyerapan lemak berlebih. 

3. Utamakan Kandungan Protein dalam Makanan

Ilustrasi Makanan Protein. (Special)

 
Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagi kamu yang ingin mencoba berhenti melakukan kebiasaan ngemil setelah makan malam yaitu dengan mengutamakan kandungan protein dalam makanan.

Ketika menambahkan protein ke dalam makanan kamu akan merasakan kenyang lebih lama dan efektif membuatmu menghindari ngemil setelah makan malam.

Hal ini disebabkan, protein cukup sulit dicerna oleh pencernaan serta membutuhkan waktu yang lama. Beberapa jenis makanan yang kaya akan protein seperti ikan, dada ayam, kalkun, kacang, jamur, tempe, tahu hingga telur. 

4. Lakukan Sikat Gigi setelah Makan

Ilustrasi Sikat Gigi. (Special)

 
Menjaga kebersihan gigi merupakan hal yang paling penting setelah makan malam. Meski begitu, kegiatan ini ternyata tak hanya membantu menjaga kesehatan gigimu.

Namun, juga membuatmu tercegah dari keinginan ngemil setelah makan malam. Rasa pada pasta gigi akan memberikan sinyal pada otak bahwa setelah membersihkan gigi merupakan waktunya beristirahat atau tidak. Tak hanya itu, ketika kamu selesai menyikat gigi.

Kamu akan lebih enggan untuk melakukan aktivitas ngemil. Supaya gigi tetap bersih dan terhindar dari berbagai bakteri maupun plak sesuai ngemil. 

5. Istirahat yang Cukup

Ilustrasi Tidur Nyenyak. (Special)

 
Selain menjaga kandungan makananmu, kamu juga perlu memperhatikan tubuhmu. Salah satu cara yang sangat mudah kamu lakukan yaitu dengan istirahat yang cukup. Sebab, ketika kamu kurang tidur maka akan mempengaruhi perubahan pada berat badanmu.

Alangkah lebih baiknya, kamu melakukan makan malam tingga atau dua jam sebelum tidur. Hal ini dapat membantu makanan tercerna secara maksimal.

Selain itu, ketika kamu tidur selepas proses pencernaan berlangsung. Kamu dapat lebih nyenyak saat tidur dan mencegahmu terasa lapar. Sehingga, perlahan kamu berhenti ngemil setelah makan malam atau ketika kamu bangun ditengah malam.