Peduli Lingkungan, 5 Cara Terapkan Zero Waste dalam Kecantikan

Minggu, 4 Desember 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Peduli Lingkungan, 5 Cara Terapkan Zero Waste Dalam Kecantikan

Ilustrasi zero waste produk kecantikan. (Special)

Ladiestory.id - Disadari atau tidak, produksi dan penggunaan produk kecantikan dapat menghasilkan sampah dan limbah plastik, yang berpengaruh terhadap perubahan ekosistem. Jika kamu mulai sadar akan perubahan lingkungan serta peduli terhadap ekosistem dan alam, maka sudah saatnya kamu menerapkan gaya hidup zero waste, khususnya dalam hal kecantikan.

Pasalnya, produk kecantikan, seperti skincare atau makeupkerap digunakan dalam keseharian banyak orang. Hal ini dapat menimbulkan limbah, terutama plastik bekas kemasan. Nah, berikut lima cara menerapkan zero waste dalam bidang kecantikan, sebagai langkah sederhana menyelamatkan bumi.

Pilih Kemasan Ramah Lingkungan

Ilustrasi kemasan ramah lingkungan. (Special)

Lebih dari ratusan juta ton sampah diproduksi oleh manusia, di antaranya adalah limbah produk dan sampah plastik yang digunakan sehari-hari. Begitu pula halnya dengan kemasan produk kecantikan, seperti makeup dan skincare, yang dapat meningkatkan produksi limbah setiap tahunnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi produksi limbah produk kecantikan ialah dengan memilih kemasan produk yang ramah lingkungan. Saat ini, sudah ada beberapa produk kecantikan yang concern dan peduli akan isu lingkungan.

Bahkan, beberapa brand kecantikan menerapkan kampanye dan mencantumkan kemasan produk yang beralih ke nature dan lebih ramah lingkungan. Mereka menggunakan kemasan produk yang bisa didaur ulang serta tidak membahayakan bagi makhluk hidup.

Perhatikan Kandungan Produk

Ilustrasi produk kecantikan. (Special)

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menerapkan zero waste dalam hal kecantikan ialah dengan memperhatikan kandungan produk sebelum membeli. Sebaiknya, hindari penggunaan produk yang mengandung bahan kimia, seperti pewangi buatan, alkohol, pewarna, hingga pengawet, agar tidak berpengaruh buruk pada kulit.

Alangkah lebih baik jika kamu bisa memilih produk kecantikan yang berbahan alami dan organik. Selain itu, pilih juga produk yang ramah lingkungan.

Buat DIY untuk Produk Kecantikan

Ilustrasi produk kecantikan. (Special)

Cara selanjutnya untuk menerapkan zero waste yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat DIY (do it yourself) untuk produk kecantikan. Kamu dapat mengurangi pemakaian produk skincare dengan membuat DIY skincare yang aman digunakan dengan bahan-bahan alami.

Kamu bisa membuat masker wajah, scrub, deodoran, maupun homemade body butter dari bahan-bahan alami yang diracik sendiri. Selain lebih menghemat uang, kamu pun bisa menyelamatkan lingkungan dari limbah.

Gunakan Kapas Reusable

Ilustrasi kapas reusable. (Special)

Penggunan kapas untuk membersihkan sisa makeup di wajah memang tidak dapat dihindari. Namun, jika produk ini sering digunakan terus-menerus, maka dapat menimbulkan masalah lingkungan.

Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan kapas reusable dan beralih dari penggunaan kapas konvensional. Kapas reusable tentunya lebih ramah lingkungan, sebab bisa digunakan berulang kali. Kamu juga bisa mengganti facial wapes dengan menggunakan kapas kain atau konjac sponge yang bisa digunakan berkali-kali dan mudah dibersihkan.

Daur Ulang Kemasan Skincare

Ilustrasi kemasan produk kecantikan. (Special)

Daripada kemasan produk kecantikan di rumah terbuang sia-sia begitu saja, coba kamu kreasikan menjadi suatu hal yang bermanfaat. Dengan mengandalkan kreativitas, kamu bisa mendaur ulang bekas kemasan produk kecantikan menjadi vas bunga, jar tanaman hias, atau aksesori.

Dengan begitu, kamu bisa menyelamatkan lingkungan serta mengurangi limbah pemakaian produk kecantikan. Kamu pun telah menerapkan gaya hidup zero waste.