Ceritakan Pengalaman Menyusui, Ria Ricis: Peran Suami Penting

Kamis, 4 Agustus 2022 | 17:15:00

Tyas Sukma

Penulis : Tyas Sukma

Ceritakan Pengalaman Menyusui, Ria Ricis: Peran Suami Penting

Ria Ricis. (Instagram.com/riaricis1795)

Ladiestory.id - Ria Ricis membagikan pengalamannya usai melahirkan anak pertamanya melalui operasi sesar. Istri dari Teuku Ryani ini menceritakan perjuangannya untuk bisa memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada baby R. Curhatan tersebut ia unggah melalui kanal YouTube Ricis Official pada Rabu (3/8/2022).

Pasca oprasi, Ria Ricis fokus pada proses menyusui. Pada hari pertama, ASI adik Oki Setiana Dewi tersebut belum kunjung keluar. Sehingga, ia harus dipancing dengan diberi suplemen.

Ria Ricis. (YouTube.com/Ricis Official)

“Pasca oprasi belajar menyusui, fokus ASI karena kemarin di hari pertama ASI aku belum keluar. Jadi emang harus dipancing-pancing sama suster juga dan sempat dikasih vitamin atau suplemen gitu untuk ASI,” ujar Ria Ricis.

“Di hari ketiga bengkak terus kaya batu gitu bener-bener sakitnya luar biasa banget, sampai aku jalan itu nunduk bungkuk gitu saking sakitnya,” lanjutnya.

Perempuan kerap dipanggil Icis ini akhirnya melakukan metode pijit sebagai proses pemulihannya. Meski sakit, namun Ria Ricis berusaha untuk kuat demi sang anak. Setelah dipijit dua kali, akhirnya ASI jadi lancar.

“Abis itu dipijit, pemulihannya dipijit sama bidan laktasi wah luar biasa aku sampa ‘ya Allah kuatkan aku ini demi anakku’ akhirnya Alhamdulillah besoknya agak membaik tapi masih harus dipijit lagi sama bidan laktasi dan Alhamdulillah-nya tuh habis pijit kedua ASI lancar,” ujar Ria Ricis.

Menurut Icis, peran suami sangat penting untuk ibu yang sedang menyusui. Ia meminta kerjasama Teuku Ryan agar membuat dirinya selalu dalam keadaan bahagia.

“Suami itu sangat amat penting, 1000 kali penting untuk si ibu menyusui. Jadi kerjasamalah yang baik pak suami,” ujar Ria Ricis.

“Siapapun kalian kerjasama yang baik dengan istri kalian karena hanya itu yang membantu para ibu untuk bahagia menghasilkan ASI terbaik,” lanjutnya.

Ricis juga memberikan saran untuk para suami, agar tidak hanya sang anak yang dicium. Namun, suami harus juga membiasakan diri untuk mencium istrinya sebelum tidur. Menurut ibu satu anak ini, terkadang suami lupa dengan sang istri karena terlalu bahagia melihat anak bayinya.

“Jadi kalau misalnya mau tidur yang dicium jangan anaknya doang, istri juga dicium wajib karena itu benar-benar kayak skin to skin ke istrinya ke anaknya juga dapet,” ujar Ria Ricis.

“Terlalu happy kali ya terlalu happy lihat anak sampai lupa sama istrinya kadang biasanya begitu. Jadi, fokus kedua-duanya kalau bisa ya,” pungkasnya.

s