Ciri-Ciri Green Flags dalam Hubungan, Tanda Pasangan Layak Jadi Teman Hidup

Jumat, 23 September 2022 | 00:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Ciri-Ciri Green Flags Dalam Hubungan, Tanda Pasangan Layak Jadi Teman Hidup

Ilustrasi kencan. (Special)

Ladiestory.id - Sebuah riset Tinder baru-baru ini menemukan bahwa 80 persen anak muda sudah tahu cara mengidentifikasi green flags dari match mereka. Apa itu green flags? Green flags adalah sebuah indikator, untuk menilai layak tidaknya hubungan menuju tahap selanjutnya. 

Lantas apa saja ciri-ciri green flags dalam hubungan? Berikut beberapa green flags yang bisa kamu perhatikan dari pasanganmu.

Tanya dan Dengarkan Opinimu

Ilustrasi kencan. (Special)

Menurut riset Tinder, 79 persen anak muda Indonesia mencari partner yang berpikiran terbuka dan bisa menerima pendapat mereka. Contohnya, mulai dari menentukan tempat nge-date

Apakah partner membahas pilihan tempat denganmu, memikirkan cara kamu menuju ke sana, dan berusaha bikin agenda nge-date seru? Hal-hal seperti itu menunjukkan bahwa dia cukup perhatian, menghargai pendapat kamu, dan layak buat kamu swipe right

Mau Luangkan Waktu

Ilustrasi kencan. (Special)

Semua orang sibuk, karena ada pekerjaan, keluarga, atau teman, yang perlu diprioritaskan. Namun, jika dia ingin mengenal kamu lebih jauh, tentunya perlu effort dan waktu.

Tujuh puluh persen responden Tinder pun setuju jika dia meluangkan waktunya buat kamu merupakan salah satu green flags. Karena, sulit untuk menjalin hubungan, baik yang santai atau serius, kalau orangnya nggak memberi perhatian penuh. 

Respect Sama Mantan 

Ilustrasi kencan. (Special)

Salah satu etika tidak tertulis dalam sebuah hubungan adalah menghargai mantan. Meski mantan adalah orang yang pengin dilupakan, penting untuk  memperlakukan mereka dengan hormat, khususnya saat di depan orang lain. 

Jika dia membicarakan hal-hal baik dari sang mantan, itu merupakan pertanda green flags. Pasalnya, ada kemungkinan dia bakal nge-treat kamu dengan hormat juga. 

Tidak Takut Bicarakan Perasaan

Ilustrasi kencan. (Special)

Jangan takut dianggap bucin atau baperan saat menunjukkan sisi emosional. Menurut survei Tinder, 73 persen anak muda percaya, partner yang berani terbuka tentang perasaan adalah bagian dari green flags. 

Terbuka soal Keuangan

Ilustrasi kencan. (Special)

Sebelum berkencan, ada baiknya kamu dan dia sepakat soal budget, yang adil, termasuk split bill. Hal ini merupakan bagian dari green flags.

Perhatikan juga red flag, di mana melakukan aktivitas kencan yang di  luar budget, atau tidak ada diskusi terlebih dulu tentang siapa yang akan bayar. Ada baiknya untuk tidak mengirim uang pada match Tinder, apalagi jika kamu masih dalam tahap perkenalan.

Hormati Boundaries 

Ilustrasi kencan. (Special)

Setiap orang punya batasannya masing-masing. Cari pasangan yang menghormati batasan kamu, dan selalu berusaha bikin kamu merasa nyaman. 

Tinder punya fitur Are You Sure yang menggunakan teknologi AI untuk mendeteksi bahasa percakapan yang kurang pantas, dan secara proaktif memperingatkan pengguna kalau pesan yang akan dikirim mungkin bisa menyinggung lawan bicara, dan meminta mereka untuk berhenti sejenak sebelum mengirim pesan. 

Fitur ini merupakan bagian dari tools pencegah bahaya, termasuk fitur lain, Does This Bother You? yang memberikan dukungan bagi para pengguna ketika menemukan bahasa yang kurang pantas pada pesan yang mereka terima.

Ciri-ciri green flags. (Special)

Enam puluh delapan persen responden survei Tinder menyatakan, mereka ingin kencan dengan orang yang bisa dipercaya dan cerita tentang banyak hal. Untuk itu, saat nge-date, selalu perhatikan semua red flags dan green flags, serta mempercayakan insting kamu. 

Semoga kamu cepat menemukan green flags di match kamu!

s